Comscore Tracker

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'

Jenius banget!

Moon Sang-tae, salah satu karakter utama di serial drama Korea It’s Okay to Not Be Okay diketahui mengidap Spektrum Autisme. Meskipun kondisinya ini membuatnya sulit untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, ternyata dia memiliki kemampuan menggambar dan melukis yang luar biasa.

Fenomena tersebut dinamakan “Savant Syndrome”; kondisi menarik yang membuat pengidapnya menjadi jenius. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

1. Autism Spectrum Disorder (ASD)

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'unsplash.com/nathananderson

Savant syndrome adalah kondisi di mana seseorang mengalami disabilitas mental, Autism Spectrum Disorder (ASD), namun juga memiliki tingkat kejeniusan yang luar biasa. Sebanyak 1 dari 10 orang dengan ASD memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbagai tingkat.

Autism Spectrum Disorder atau gangguan spektrum autistik merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Disebut spektrum karena diduga berada pada spektrum atau skala tertentu berdasarkan tingkat keparahan.

2. Adanya perbedaan kemampuan yang dimiliki

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'unsplash.com/olav_ahrens

Menurut Darold A. Treffet dalam jurnalnya yang berjudul The savant syndrome: an extraordinary condition. A synopsis: past, present, future orang dengan savant syndrome memiliki keahlian atau kemampuan yang berbeda. Kemampuan yang dimiliki pengidap sarvant dibedakan berdasarkan 5 kategori umum, yaitu dalam bidang musik (piano), seni (melukis dan menggambar), berhitung, perhitungan kalender, mekanik, dan spasial.

Pertama, yang paling sering dijumpai, adalah splinter skills yaitu kemampuan yang terputus dari konteks dan atau tujuan aslinya. Contohnya kemampuan menghafal jadwal bus tanpa memahami cara menuju ke stasiun bus atau membeli tiket. Selanjutnya adalah talented savants yaitu memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bidang seni, baik dalam bermusik, melukis, atau menggambar. Lalu yang terakhir prodigious savant yaitu kejeniusan yang luar biasa bahkan melebihi orang normal.

Dalam hal ini, meskipun Sang Tae ia memiliki kekurangan komunikasi sosial dan interaksi, namun ia memiliki kemampuan luar biasa dibidang seni khususnya menggambar dan melukis.

Baca Juga: 9 Tanda-tanda Umum Penyandang Autisme yang Patut Diwaspadai

3. Penyebab Savant Syndrome

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'unsplash.com/grocharios

Penyebab pasti dari sindrom ini belum diketahui secara pasti, namun dapat berupa bawaan dari lahir atau disebut kongenital atau pernah mengalami cedera otak saat bayi, infeksi, pengaruh obat-obatan saat dalam kandungan.

4. Laki-laki lebih banyak mengidap Savant Syndrome

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'unsplash.com/alireza_attari

Geschwind dan Galaburda menjelaskan dalam penelitiannya bahwa perbandingan laki-laki dan perempuan yang menderita savants syndrome sebanyak 6:1 sedangkan penderita ASD 4:1. Hal ini disebabkan karena pada janin laki-laki, testosteron dapat memperlambat pertumbuhan dan merusak fungsi saraf di otak kiri yang lebih rentan, dengan pembesaran dan pergeseran dominasi keterampilan yang mendukung yang terkait dengan belahan kanan.

Hal ini menjelaskan bahwa adanya pertumbuhan kompensasi di otak kanan pengidap savants syndrome sebagai akibat dari gangguan perkembangan atau cedera pada otak kiri.

5. Kemampuan luar biasa yang dapat terus berkembang

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'instagram.com/praintpc_official

Dengan terus mengasah kemampuan luar biasa yang dimiliki, para pengidap savant syndrome dapat menunjukkan bakat luar biasa dan kemampuan yang menakjubkan, dan sangat kreatif.

Seperti Moon Sang Tae di mana ia dapat menjadi sosok kakak yang dewasa, peduli dengan adik-adiknya, dan memiliki ambisi kuat. Ia juga berhasil melawan segala macam kekurangannya, dan membuktikan bahwa seseorang dengan disabilitas masih bisa mengejar mimpinya.

6. Tokoh Savant Syndrome dalam dunia nyata

5 Fakta Savant Syndrome, Kondisi Moon Sang Tae di 'IOTNBO'unsplash.com/nathananderson

Kim Peek, Derek Paravicini, dan Stephen Wiltshire merupakan tokoh megasavant paling terkenal di dunia. Kisah kejeniusan Kim Peek sempat difilmkan dengan judul Rain Man. Salah satu kejeniusannya yaitu mampu menghafal dan menyebut dengan tepat isi dari 12.000 buku yang pernah ia baca, namun ia memiliki kesulitan dalam melakukan kegiatan motorik seperti memasang kancing baju, makan, dan sebagainya.

Derek Paravicini merupakan seorang pianis autis yang buta, namun ahli dalam bidang musik. Ia juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berhitung, mengenali warna, dan berbahasa. Sejak usia 2 tahun ia menunjukkan bakat dalam bermusik yang saat itu diketahui oleh guru lesnya. Peneliti telah melakukan menganalisis saat Derek bermain musik, ia menggunakan musik sebagai bentuk dari pemahaman dan bentuk emosi.

Stephen Wiltshire, si kamera manusia, pernah menggambar keseluruhan pemandangan Kota London hanya dengan mengandalkan ingatannya setelah berkeliling menggunakan helikopter selama 15 menit. 

Wow, sangat menakjubkan kemampuan yang dimiliki Sang Savant!

Baca Juga: 5 Tipe Impostor Syndrome, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?

Zara Fitria Photo Writer Zara Fitria

Mental health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya