Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui 

Bagus buat diet juga lho!

Daun katuk yang bernama latin Saoropus androgynus ini memiliki manfaat yang sangat bagus untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Namun, siapa sangka daun katuk juga ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan salah satunya adalah menyembuhkan penyakit flu dan demam.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini lima manfaat daun katuk untuk kesehatan, simak baik-baik yuk!

1. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui Pixabay.com

Daun katuk juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata juga seperti halnya wortel. Daun katuk mengandung vitamin A yang tentunya sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari berbagai penyakit mata seperti mata rabun dan lain-lain.

2. Menyembuhkan flu dan demam

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui Pixabay.com/4330009

Daun yang identik untuk meningkatkan produksi ASI ini juga ternyata bisa meredakan flu dan demam karena di dalam kandungan daun katuk terdapat kandungan zat besi dan kandungan ephedrine.

Baca Juga: 6 Manfaat Kesehatan Daun Tulsi, Herbal Suci Ayurveda

3. Mencegah osteoporosis

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui Pexels.com/rawpixel.com

Terkadang jika sering duduk terlalu lama ditambah jarang bergerak, lama kelamaan tulang kita bisa rapuh, bahkan yang lebih parah bisa terjadi osteoporosis.

Untuk menangkal terjadinya osteoporosis, sering-seringlah mengkonsumsi rebusan daun katuk karena daun katuk mengandung kalsium yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Membantu menyembuhkan insomnia

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui bedtester.com

Untuk yang sering mengalami gangguan susah tidur atau insomnia, cocok jika mengonsumsi sayur daun katuk. Pasalnya daun katuk bisa menyembuhkan gangguan insomnia bahkan bisa membuat kita tidur lebih nyenyak.

5. Menjaga berat badan

5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui Pexels.com/rawpixel.com

Untuk yang sedang diet, mengonsumsi daun katuk bisa jadi solusi untuk menjaga berat badan yang ideal karena daun katuk memiliki kandungan serat dan protein yang sangat baik. Selain menjaga berat badan, tubuh akan semakin ringan dan juga sehat tentunya.

Nah, itulah kelima manfaat daun katuk untuk kesehatan. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara direbus.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting Daun Talas, Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya