Comscore Tracker

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan

Si hijau yang kaya manfaat

Piper betle atau yang biasa kita kenal dengan daun sirih merupakan tanaman yang kaya khasiat. Daun sirih memiliki kandungan antioksidan tinggi karena sebagian besar bagian tumbuhan ini mengandung air.

Selain itu, daun sirih juga mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri dan jamur. Tak heran, daun sirih banyak digunakan untuk mengobati luka.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat daun sirih yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah itu? Langsung kita simak uraiannya, yuk!

1. Sebagai obat luka

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatanPexels.com/rawpixel.com

Daun sirih yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri bisa digunakan sebagai obat luka luar paling mujarab. Caranya sangat mudah!

Cuci bersih beberapa lembar daun sirih lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, tempelkan selama beberapa menit pada luka luar. Daun sirih bisa membuat luka cepat mengering dan dapat mencegah infeksi akibat bakteri yang menempel.

2. Menurunkan panas

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatancloudinary.com

Kandungan air yang terdapat dalam daun sirih berfungsi untuk menurunkan demam. Di samping itu, daun beraroma khas ini juga sangat mudah didapatkan dan diolah. Caranya mudah. Cuci bersih daun sirih lalu tumbuk dan tempelkan di kening.

Baca Juga: 6 Manfaat Hebat Kolagen Buat Tubuh, Gak Hanya Bikin Kulit Cantik!

3. Mengatasi penyebab keputihan

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatanPexels.com/mentatdgt

Banyak produk sabun khusus untuk membersihkan organ intim wanita yang terbuat dari daun sirih. Itu sebabnya kamu bisa membuatnya sendiri, bahkan cara ini lebih alami.

Daun sirih ampuh atasi keputihan karena mengandung antibakteri yang bisa membunuh jamur dan bakteri. Caranya cuci bersih beberapa lembar daun sirih kemudian rebus. Air rebusan daun ini bisa digunakan untuk mencuci area V.

4. Menghilangkan plak pada gigi dan menyegarkan mulut

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatanPexels.com/oleg magni

Sering kali, kita melihat orang tua jaman dulu sering mengunyah daun sirih. Hal tersebut ternyata berkhasiat untuk kesehatan gigi dan mulut, loh.

Daun sirih mampu menghilangkan plak pada gigi akibat sisa makanan yang tertinggal di dalam gigi. Jika dibiarkan, sisa makanan ini akan menyebabkan gigi berlubang.

Caranya gak perlu dengan mengunyah daun sirih seperti yang dilakukan orang tua zaman dulu, kok. Cukup dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih yang sudah dingin lalu kita gunakan untuk berkumur-kumur.

5. Mengatasi mimisan

Obati Luka dengan Ampuh! Ini 5 Manfaat Daun Sirih untuk kesehatanmsn.com

Saat kelelahan, seriawan, atau terluka, kadang seseorang mengalami mimisan. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa menggunakan daun sirih untuk mencegah pendarahan yang keluar dari hidung.

Cukup dengan mencuci bersih daun sirih lalu gulung dan letakkan pada lubang hidung yang terkena mimisan selama beberapa menit. Pendarahannya pun akan berkurang sedikit demi sedikit.

Nah, itu dia lima manfaat daun sirih yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Olahan Kaktus

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya