Comscore Tracker

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!

Mana nih para pecinta kucing?

Kucing merupakan hewan yang sangat lucu dan kerap kali dijadikan hewan peliharaan, namun tahukah kamu jika hewan berbulu ini ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik maupun mental jika dipelihara? Contohnya baik bagi kesehatan fisik yaitu dengkuran kucing ketika tidur akan meningkatkan kesehatan otot dan tulang.

Nah, untuk lebih jelasnya lagi di bawah ini lima manfaat memelihara kucing bagi kesehatan mental, apa sajakah itu?

1. Membantu mengatasi stres dan depresi

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!Pexels.com/nathan cowley

Tingkah lucu kucing terkadang membuat kita yang melihatnya tersenyum bahkan tertawa. Apalagi ketika si kucing tengah tertidur di pangkuan kita, atau ketika mendengar suara mengeongnya yang manja membuat kita gemas. Hal itu saja membuat kita merasa senang, orang yang suka memelihara kucing cenderung lebih lepas dan lebih tenang dalam menyikapi masalah, dan tentu saja ketenangan tersebut akan menjauhkan kita dari rasa stres bahkan depresi.

2. Membantu hubungan sosial kita dengan baik

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!Pexels.com/rawpixel.com

Terkadang kucing ingin sekali bermanja-manja atau ingin bermain dengan tuannya. Hal itu justru akan membantu kita memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Bagi yang memiliki sifat introvert sangat cocok memelihara kucing karena kucing bisa dijadikan terapi alami dalam membangun kepercayaan kepada orang lain dan mampu memiliki hubungan sosial yang baik dengan masyarakat.

3. Menjadi pribadi yang lebih terbuka

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!Pexels.com/i love simple beyond

Tentunya dengan membangun kepercayaan dan kemampuan berhubungan sosial yang baik akan menjadikan kita pribadi yang lebih terbuka dengan orang lain. Hewan berbulu dan suka mengeong ini cenderung suka sekali meminta perhatian tuannya dengan tingkahnya yang super lucu membuat kita merasa dipercaya dan diandalkan. Hal itu tanpa sadar melatih kita untuk menjadi lebih terbuka pada orang yang mempercayai kita.

Baca Juga: 9 Manfaat Positif Memelihara Kucing Menurut para Ahli

4. Melatih komunikasi yang baik

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!Pexels.com/gratisgraphy

Terkadang kita hanya ingin didengar tanpa mendengar banyak komentar dari orang lain. Kucing salah satu pendengar yang paling setia tanpa protes sedikitpun. Kita bisa mengajaknya mengobrol atau curhat masalah pribadi tanpa takut bocor pada orang lain. Tanpa sadar hal itu melatih komunikasi kita dan rasa percaya diri meningkat.

5. Menjadi lebih bahagia

5 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental, Jadi Obat Stres!Pexels.com/andre furtado

Sudah bukan rahasia lagi kalau kucing merupakan hewan yang sangat lucu, memeliharanya akan membuat kita merasa bahagia. Jangankan memelihara, melihat gambar kucing saja mampu membuat kita tersenyum saking lucunya. Apalagi jika memeliharanya, dari mulai tingkahnya yang bikin gemas, cara tidurnya, bahkan caranya menarik perhatian tuannya yang tentunya akan membuat kita banyak tertawa dan hal itu membawa kita menjadi lebih bahagia.

Nah, itulah kelima manfaat memelihara kucing bagi kesehatan mental, gimana? Tertarik untuk memelihara kucing? Meong.

Baca Juga: Cat Lovers Wajib Baca! Penjelasan 16 Sifat Aneh Kucing Secara Ilmiah

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You