Comscore Tracker

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!

Lebih dari lima kebiasaan ini pasti pernah kamu lakuin

Di zaman modern ini, hampir di setiap langkah kamu akan menemui orang yang berkacamata. Itu pertanda jika di zaman sekarang orang-orang tidaklah begitu peduli dengan kesehatan matanya.

Mereka melakukan banyak kebiasaan yang sebenarnya melukai matanya sendiri, hingga akhirnya harus mengenakan kacamata. Bahkan bagi yang sudah mengenakan kacamata, itu akan membuat minus lensa mereka bertambah.

Kebiasaan-kebiasaan ini kita lakukan sehari-hari dan tidak kita sadari. Apa sajakah kebiasaan itu? Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Terlalu banyak di depan layar display gadget/barang elektronik

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/rawpixel

Menghabiskan banyak waktu di layar komputer, gadget ataupun televisi akan mengurangi jumlah kedipanmu yang seharusnya berguna untuk membersihkan mata dan pelumasan. Selain itu berkedip juga mampu mengistirahatkan otakmu. Ketegangan mata akibat hal ini dapat berdampak permanen jika dibiarkan terus menerus.

2. Kurang tidur

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!https://unsplash.com/@all_who_wander

Ketegangan mata juga didapat dari kurangnya waktu tidur. Dengan tidur selama enam hingga delapan jam, itu akan mengembalikan kelelahan mata yang didapat seharian tadi serta memberikan pelumasan kepada mata.

3. Mengenakan lensa kontak dalam waktu lama

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!lockfamilyeyecare.com

Mata pun memerlukan oksigen untuk bernapas. Dengan menggunakan lensa kontak, itu berarti kamu menutupi udara yang masuk ke dalam mata dan itu menyebabkan kornea membengkak, menambah risiko terkena keratitis dan infeksi mata yang lain.

4. Terlalu banyak mengusap mata

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!besteyeassociates.com

Mengusap mata memang membantu untuk mengistirahatkan mata, tetapi terlalu sering malahan akan merusaknya. Selain berisiko infeksi mata serta terjadinya alergi conjunctivitis, keseringan mengusap mata akan menyebabkan keratoconus, fenomena menipis dan berubah bentuknya kornea, yang dapat menyebabkan rabun.

5. Tidak makan makanan yang sehat untuk mata

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/rawpixel

Sederhana memang, namun hal ini cukup berpengaruh kepada kesehatan mata. Sayur hijau gelap mampu mengurangi risiko katarak dan buah-buahan kuning serta oranye mampu memberikan beta carotene, vitamin C serta E kepada tubuhmu. Makanan lain yang menyehatkan mata adalah telur, kacang-kacangan, ikan berlemak dan berbagai seafood yang lain.

Baca Juga: 9 Penyebab Lingkar Mata Hitam, Bukan Cuma karena Kamu Kurang Tidur

6. Kurang minum air

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/henrimeilhac

Dehidrasi menyebabkan kurangnya produksi air mata. Itu berarti pelumasan matamu pun menjadi lebih sedikit dan lebih sering menyebabkan ketegangan mata. Maka dari itu, matamu sering tampak kering, merah dan bengkak.

7. Tidak menggunakan kacamata gelap

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/belart84

Terlalu lama menatap cahaya matahari tidaklah sehat untuk mata. Lama kelamaan hal itu menyebabkan photokeratitis, katarak, dan kanker mata. Dengan menggunakan kacamata gelap yang dilengkapi perlindungan UVA/UVB, kamu dapat terhindar dari permasalahan-permasalahan mata.

8. Berada dalam kondisi kurang cahaya

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/pursuit_of_shutter

Bekerja di dalam kondisi kurang cahaya menyebabkan mata kesulitan untuk fokus. Hal itu menyebabkan mata bekerja lebih keras dan lebih mudah untuk lelah. Gunakan lampu kerja atau nyalakan lampu kamar agar cahaya tampak dan mengurangi kelelahan mata.

9. Merokok

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/palyanov

Ketika kamu berada dalam ruang yang penuh asap rokok, sering kali matamu perih. Itu pertanda bahwa asap rokok menyebabkan mata kering dan dapat berakibat kepada katarak, penurunan daya penglihatan. Bahkan para perokok memiliki risiko empat kali lebih besar ketimbang non-perokok untuk terkena kebutaan.

10. Jarang melakukan tes kesehatan mata

10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!unsplash.com/dtravisphd

Tes kesehatan mata dapat mendeteksi permasalahan mata yang kamu alami. Entah itu penurunan daya penglihatan atau penyakit mata lainnya.

Beberapa permasalahan mata, seperti glaucoma, tidak memiliki tanda-tanda sampai pada akhirnya kamu sadar setelah benar-benar parah. Cobalah untuk mengatur jadwal pemeriksaan mata.

Nah, seberapa banyak kebiasaan di atas yang kamu lakukan? Segera dikurangi saja deh ketimbang minusmu bertambah, atau malah harus pakai kacamata jika belum.

Baca Juga: 7 Penyebab Mata Merah saat Memakai Lensa Kontak, Pernah Mengalami? 

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya