Comscore Tracker

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Total

Tidak bisa langsung berhenti begitu saja dari candu

Candu. Kata tersebut sebenarnya selalu pernah kita rasakan. Kecanduan bermain game, kecanduan membaca buku, kecanduan minum kopi. Dalam definisi yang dibentuk dari KBBI, candu diartikan sebagai sesuatu yang menjadi kegemaran.

Itu berarti segala hal bisa membuat candu. Hanya saja sering kali kata candu lebih diasosiasikan kepada barang-barang yang negatif, seperti obat-obatan, rokok hingga minuman beralkohol.

Sudah banyak penelitian yang mencoba mengungkap alasan mengapa seseorang bisa menjadi pecandu. Dalam artikel National Geographic, tertulis kecanduan datang dari perubahan drastis dalam anatomi otak hingga sel-sel sinyal tubuh. Padahal hal tersebut merupakan komponen penting untuk kemampuan belajar seseorang.

Bisa diartikan, kecanduan merupakan bentuk patologi dari pembelajaran,” ujar Antonello Bonci, neurologis dari National Institute.

Untuk berhenti dari kecanduan sangatlah susah dikarenakan ada substansi di otak yang meningkatkan toleransi hingga memerlukan lebih banyak barang untuk merasakan efeknya. Oleh karena itu beberapa ahli bedah menyebutkan jika kecanduan lebih mengarah kepada penyakit ketimbang masalah moral.

Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menyembuhkan kecanduan. Susah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menjauhkan diri dari barang tersebut

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalcookinglight.com

Kecanduan membuatmu terus mendambakan barang tersebut karena substansi di otak terus tercipta akibat konsumsi. Untuk mengurangi produksi substansi tersebut, tentu saja konsumsi itu harus dikurangi.

Mau tidak mau, menjauhkan barang yang menciptakan kecanduan adalah hal utama menyembuhkan candu itu. Tidak bisa langsung dijauhkan. Harus dikurangi secara perlahan-lahan.

2. Mengalihkan perhatian

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalwhatlauralovesuk.com

Kembalinya seseorang ke barang yang dicandu bisa terjadi karena tidak adanya aktivitas. Menyibukkan diri dengan aktivitas lain bisa sangat membantu melupakan barang candu tersebut.

Rasa kangen akan barang itu tidak akan terasa karena kamu sibuk melakukan hal lain. Aktivitas tersebut bisa berupa membaca buku sampai bermain musik.

3. Menentukan tujuan

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalmedicalnewstoday.com

Salah satu hal yang bisa sangat membantu seseorang berhenti dari candunya tersebut adalah komitmen. Sebagai contoh kamu memiliki seorang anak.

Kamu tidak ingin anakmu mengikuti kebiasaan burukmu tersebut. Maka dari itu, kamu pun berkomitmen untuk berhenti. Memasang tujuan macam itu bisa menguatkanmu berhenti dari kecanduan.

4. Berolahraga

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totaldainikmitra.com

Jurnal dari Research Gate berhasil membuktikan jika ada efek positif dari berolahraga terhadap pecandu alkohol. Para pecandu yang berolahraga berakhir memiliki pernapasan yang lebih baik, lebih fleksibel dan koordinasi tubuh yang bagus. Tak hanya itu, dikatakan olahraga juga efektif menjadi psikoterapi terhadap masalah kecanduan itu.

Baca Juga: Mudah Ditemukan, 6 Makanan Ini Terbukti Ampuh Atasi Kecanduan Rokok 

5. Mencari dukungan

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totaladdictionnomore.com

Aspek sosial berpengaruh penting dalam upayamu untuk berhenti dari kecanduan. Meminta bantuan teman atau kerabat untuk terus mengingatkanmu bisa membantumu melancarkan jalan pengobatan ini. Dukungan moral adalah salah satu alat untuk menghindari kecanduan.

6. Menghindari segala hal yang berhubungan dengan barang candu

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalplexusradio.com

Adalah penting mengetahui aspek-aspek yang berhubungan dengan kecanduanmu tersebut. Sebagai contoh iklan rokok. Walaupun barangnya tidak langsung berhubungan dengan apa yang kamu candukan, namun melihatnya mampu memicu keinginan mengonsumsinya lagi. Verywellmind.com menjelaskan jika itu terjadi karena adanya proses neurologi dan psikologi pada tubuh.

7. Mengganti hubungan

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalrebeccacoopertraynor.ca

Ada kalanya kecanduanmu datang dari lingkaran pertemanan. Menjauhi orang-orang yang menjerumuskanmu dalam kecanduan tersebut adalah salah satu upaya jitu menghentikan kecanduan. Sekalipun dia adalah kerabat dekat, seperti sahabat, ada baiknya menjauhi dia agar kamu tak kembali dalam lingkaran tersebut.

8. Tetap tenang

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh Totalboyntonbeachpremierdental.com

Kecanduan akan membuatmu merasa tidak tenang hingga panik, terlebih jika ditambah rasa stres. Medical news Today menuliskan jika terdapat penelitian yang berhasil membuktikan koneksi stres dan candu: semakin tinggi tingkat stres yang didapat, semakin susah kecanduan itu hilang. Ada baiknya menghindari situasi-situasi yang menyebabkanmu stres untuk sementara waktu.

8 Cara Menghentikan Kecanduan, Memang Butuh Proses sampai Sembuh TotalIDN Times/Sukma Shakti

Kecanduan di sini tak hanya dalam kasus obat-obatan dan barang adiktif lainnya saja, tetapi juga hal yang lain, seperti makanan. Perlu diingat, menyembuhkan diri dari kecanduan membutuhkan waktu yang tidak sebentar sehingga kamu harus bersabar dalam prosesnya. Jika diperlukan, ikutilah psikoterapi.

Baca Juga: 5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya