Comscore Tracker

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi Tubuh

Banyak penyakit yang bisa muncul karena hal ini

Tubuh manusia itu sebagian besar diisi oleh air atau cairan. Untuk seorang balita, keseluruhan cairan di dalam tubuhnya meliputi 75 persen dari keseluruhan berat badannya. Sedangkan untuk seorang dewasa, cairan itu mencapai 55 persen berat keseluruhannya. Bayangkan apa yang terjadi jika cairan tubuh tersebut berkurang hingga di bawah itu, masalah apa saja yang sekiranya bisa terjadi?

Kasus kekurangan cairan dikatakan mampu membunuh seseorang. Menurut jurnal berjudul “Water, Hydration and Health” oleh Barry M. Popkin, Kristen E. D’Anci, dan Irwin H. Rosenberg, seseorang dapat mati dalam waktu empat hari jika tidak mendapatkan asupan cairan. Itulah mengapa tubuh yang dehidrasi sangat berbahaya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Tubuh yang dehidrasi mampu mempengaruhi fisik serta mental

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi Tubuhthewiredrunner.com

Sering tidak kamu sadari jika tubuh yang dehidrasi memberikan banyak efek negatif. Salah satu fungsi tubuh yang terganggu adalah fungsi kognitif tubuh. Hal ini bisa dirasakan lewat susahnya kamu untuk berkonsentrasi dan waspada, bahkan memiliki memori jangka pendek dan juga berkurangnya kemampuan aritmatika.

Selain itu dehidrasi juga meningkatkan risiko terkena penyakit dementia bagi orang tua, susah buang air besar, gagal ginjal dan penyakit jantung. Semua itu memiliki gejala dan gejalanya tampak tampak lewat peningkatan detak jantung, sakit kepala hingga kulit kering.

2. Dehidrasi meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit serius

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi TubuhIDN Times/Shukma Sakti

Urolithiasis atau batu ginjal adalah salah satu penyakit itu. Sudah ada bukti kuat yang menunjukkan jika tubuh yang terhidrasi dengan baik mengurangi risiko terkena penyakit tersebut. Selain batu ginjal, penyakit serius lainnya yang bisa datang akibat dehidrasi adalah infeksi saluran kencing, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung koroner.

3. Kondisi dehidrasi bisa diketahui dari rasa haus

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi Tubuhthewiredrunner.com

Rasa haus adalah mekanisme tubuh yang secara otomatis muncul jika tubuh membutuhkan cairan. Ada dua mekanisme rasa haus: mekanisme intraselular dan mekanisme ekstraselular.

Saat air di tubuhmu hilang, konsentrasi ion dalam tubuh meningkat, membuat air di ruang intraselular mengalir ke bagian ekstraselular. Ini membuat adanya penyusutan sel. Otak mendeteksi hal ini dan akhirnya mengirim pesan ke tubuh untuk minum air. Ini adalah proses minum agar tubuh terhidrasi pada umumnya.

Baca Juga: Usahakan Hindarilah 8 Penyebab Utama Mulut Kering Selain Dehidrasi Ini

4. Hidrasi tubuh bisa datang dari mana saja

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi TubuhIDN Times/Shukma Sakti

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya hidrasi tubuh bisa datang tak hanya lewat air putih, tetapi juga makanan. Makanan yang banyak mengandung air umumnya adalah buah dan sayur, seperti stroberi, semangka, bayam, dan selada.

Hot dog serta pizza pun sebenarnya juga mengandung air. Hanya saja kandungannya tak cukup besar untuk memenuhi tubuh. Hanya sekitar 50 persen dari porsi makanannya.

5. Namun ada kalanya minum tidak bisa memenuhi rasa haus tubuh

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi Tubuhdrtaylorwallace.com

Dalam kehidupan sehari-hari kamu mengonsumsi cairan dalam jumlah besar, tetapi tidak sepenuhnya memuaskan rasa haus melainkan karena semata-mata itu bagian dari apa yang kamu makan serta untuk kepuasan pribadi saja. Sebagai contoh mengonsumsi minuman beralkohol atau soft drink.

Kejadian ini sering disalahartikan sebagai tindakan menghidrasi diri sendiri. Padahal meminum cairan selain air dapat menambah nutrisi kalori yang masuk ke dalam tubuh dan tidak membuatmu terhidrasi. Untuk kasus alkohol, itu malahan bisa menyebabkan efek ketergantungan.

6. Rasa haus cukup dipengaruhi oleh faktor umur

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi Tubuhmedicalpublications.org

Jurnal ini sempat melakukan penelitian perbandingan dehidrasi anak muda dengan orang dewasa. Hasilnya adalah orang dewasa lebih sedikit mendapat cairan ketimbang anak muda, namun mereka juga tidak lebih mudah haus.

Padahal umumnya orang dewasa minum tidak cukup air jika dibandingkan dengan cairan dalam tubuhnya yang hilang. Ini menjadikan jumlah dehidrasi pada orang dewasa lebih tinggi ketimbang pada anak muda. Karena itulah, banyak artikel yang menuliskan jangan menunggu haus untuk memulai minum air.

7. Jumlah cairan yang dibutuhkan pria dan wanita juga berbeda

Dehidrasi Tak Sepele, Ini 7 Fakta Medis soal Pentingnya Air bagi TubuhIDN Times/Shukma Sakti

Data lebih lanjut menunjukkan jika kebutuhan cairan dalam tubuh berbeda tergantung seksualnya. Kebutuhan air pada wanita lebih sedikit ketimbang pada pria. Perbedaannya mampu mencapai 1.000 ml untuk tiap harinya. Selain itu, kebutuhan cairan ini juga bertambah mengikuti umur yang bertambah.

Adalah hal penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu dan mengetahui bagaimana cara kerjanya di tubuh. Berhati-hatilah khususnya bagi mereka yang sudah dewasa. Selalu sediakan air putih di dekatmu agar setiap waktu tubuhmu mendapat asupan cairan.

Baca Juga: 7 Tanda Tubuh Sedang Dehidrasi, Wajib Tahu Nih!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You