Comscore Tracker

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orang

Selain kamarmu akan terlihat kacau karena penyakit ini

Basah kena hujan, panas kena matahari dan terus berulang seperti itu. Pasti lama-lama kamu sakit gara-gara kondisi cuaca yang seperti itu. Minimal (ini minimal lho ya) kamu akan terkena flu.

Ringan, iya, tapi jangan pikir kalau penyakit itu bisa kamu tangani dengan santai. Malahan flu sebenarnya adalah penyakit paling menyebalkan yang bisa kamu alami hampir di seumur hidupmu. Mengapa demikian? Itu karena adanya gejala-gejala ini nih.

1. Demam yang bikin lemas

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orangmedicalnewstoday.com

Biasanya ini terjadi setelah kamu mandi air hangat atau sewaktu tidur setelah kehujanan. Tiba-tiba tuh badan gak enak banget, kedinginan dan bawaannya pengin selimutan terus.

Besoknya gara-gara demam itu badanmu lemas semua sampai malas gerak ke mana-mana. Malas makan, malas kerja. Masalahnya itu harus kamu lakukan. Kalau gak, bisa berabe.

2. Batuk tak berkesudahan

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Oranglybrate.com

Tahu apa yang lebih menyebalkan dari gak bisa ngapa-ngapain? Merepotkan orang lain. Tenggorakanmu menjadi gatal dan kamu sering batuk-batuk. Masalahnya batukmu gak bisa berhenti dan orang-orang sekitar mendengar sekaligus melihatmu risih. Mau gak mau harus pakai masker deh.

3. Hidung yang terus berair

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Oranghealth.com

Seperti air terjun, hidungmu gak bisa berhenti mengeluarkan ingus. Bukan ingus yang lengket gimana gitu lho ya, tetapi ingus yang cair banget seperti air. Jadinya kamu harus terus berada di sebelah stok tisu agar cairan hidungmu itu tidak tercecer di mana-mana. Gara-gara itu juga, hidungmu jadi gatal dan pengin terus-terusan digaruk.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba, Ini 6 Fakta Tentang Flu yang Banyak Orang Belum Tahu

4. Badan pegal-pegal semua

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orangrd.com

Gak cuman malas gerak aja, badanmu juga mulai merasakan sensasi kekakuan. Kamu mulai menggelengkan kepala untuk melemaskan otot-otot leher dan memijat otot-otot kaki serta yang lain. Pengin gerak tapi males, males gerak tapi badan sakit semua. Salah semua deh.

5. Kepala cenat-cenut

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orangrd.com

Itu belum semuanya. Biar lebih komplit kayak mi goreng pakai telor, kepalamu juga pusing dengan rasa cenat-cenut kayak terus-terusan ditekan benda tumpul. Gak jarang juga rasa pusing itu membuatmu mual-mual sampai bikin muntah.

6. Bisa ketambahan penyakit lain

6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orangrd.com

Lebih parah lagi kalau kamu ternyata juga kena penyakit lain. Jadi, penyakit flu itu juga melemahkan imunitas tubuhmu sehingga tubuhmu lebih mudah terjangkit penyakit lain, menyebabkan komplikasi.

Sinus, infeksi telinga, pneumonia, semuanya itu bisa kamu lebih dapatkan secara cuma-cuma berkat flu. Kalau kamu sial, bisa-bisa kamu kena peradangan jantung, otak ataupun otot yang dapat menyebabkanmu mati.

Penyakit yang sederhana tapi menyebalkan banget kan? Memang biasanya penyakit ini sembuh dalam kurun waktu beberapa hari, tapi kalau sampai seminggu, ya siap-siap aja kamarmu akan penuh dengan tisu dan barangmu berantakan di mana-mana.

Baca Juga: 6 Cara Tetap Sehat di Sekitar Lingkungan yang Sudah Terserang Flu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya