Comscore Tracker

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmu

Tanganmu bagian dari kesehatanmu

Seluruh bagian tubuh merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Adanya ketidaknormalan pada salah satu bagian saja bisa menjadi indikasi tubuhmu mengalami gangguan.

Tidak perlu jauh-jauh untuk mengetahui hal tersebut. Lewat tanganmu saja, kamu sudah bisa mengetahui banyak permasalahan kesehatan itu. Berikut ini beberapa kondisi tangan yang perlu kamu perhatikan.

1. Tangan bergetar

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmuself.com

Walaupun ini merupakan gejala umum akibat terlalu banyak kafein, tangan bergetar bisa menjadi indikasi parkinson.

Getaran yang kamu rasakan untuk satu tangan saja bisa menjadi gejala penyakit Parkinson. Hampir 80 persen orang yang mendapat Parkinson memiliki gejala ini,” ujar Demetri Arnaoutakis, dokter asal California yang diwawancara Best Life.

2. Tangan berkeringat

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmumedium.com

Ini bisa menjadi gejala gangguan kelenjar bernama hipotiroidisme. Menurut endocrineweb.com, hipotiroidisme adalah masalah kesehatan yang mana kelenjar tiroid tidak bisa memproduksi hormon tiroid. Ini menyebabkan adanya produksi berlebih keringat sampai ke dalam tahap basah.

3. Tangan pucat

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmuboards.weddingbee.com

Anemia adalah permasalahan kesehatan yang paling bisa dilihat dari kondisi ini. Anemia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan darah merah.

Kurangnya jumlah darah menyebabkan oksigen tidak berputar dengan lancar hingga menyebabkan tubuh pucat. Selain anemia, tangan pucat juga bisa menjadi tanda leukimia.

4. Buku jari membengkak

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmuprevention.com

Jika kamu menemui buku jarimu membengkak dan terasa menyakitkan, berhati-hatilah. Itu bisa jadi indikasi kamu terkena penyakit imun bernama radang sendi.

Penyakit ini menyebabkan imun tubuhmu menyerang jaringan organ internal diri sendiri. Dikatakan penyakit ini tidak ada pengobatannya, tetapi masih bisa dirawat.

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan Khas Orang Tua yang Banyak Dialami Millennials

5. Lekukan pada kuku

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmureddit.com

Kondisi ini juga bisa menjadi gejala penyakit imun. Perbedaannya adalah penyakitnya bernama radang sendi psoriatik. Umumnya yang merasakan hal ini adalah orang-orang yang sebelumnya menderita penyakit kulit psoriatik walaupun tidak menutup kemungkinan orang-orang masih bisa mendapatkan radang sendi tanpa terkena penyakit kulit tersebut. Jika dibiarkan, penyakit ini mampu merusak jaringan tubuhmu.

6. Susah menggenggam

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmudisabilityfeast.wordpress.com

Susah menggenggam menjadi salah satu gejala sindrom bernama carpal tunnel. Sindrom ini merupakan kondisi gangguan kesehatan yang mana salah satu sarafmu terjepit di area tangan. Menurut Ortho Info, sindrom carpal tunnel bisa terjadi jika kamu sering melakukan gerakan pergelangan tangan yang berulang atau kegiatan yang menyumbat aliran darah di pergelangan dalam waktu lama.

7. Kutikula yang merah

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmuopi.com

Menurut Caren Campbell, dermatologis asal San Fransisco, masalah pada tangan ini bisa menjadi pertanda lupus serta adanya paparan berlebihan dari sinar matahari. Karena gejala ini juga berhubungan dengan organ dalam, bukan tidak mungkin kutikula yang memerah merupakan pertanda gagal jantung.

8. Bercak coklat pada telapak tangan

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmuaocdgrandrounds.com

Penyakit kelamin dan kulit juga bisa menyerang bagian tangan. Jika tanganmu memiliki banyak bercak coklat, sifilis adalah penyakit yang paling bisa kamu salahkan untuk hal ini. Membiarkan penyakit ini merebak akan membuat sistem saraf rusak.

9. Jari hitam, ungu, atau biru

Cukup Melihat 9 Kondisi Tangan Ini, Kamu Bisa Tahu Kesehatanmubeingchelsea.com

Ada namanya penyakit Raynaud. Salah satu gejala penyakit ini adalah berubahnya warna kuku jari. Penyakit ini menyerang jaringan darah dengan cara penyempitan pembuluh. Umumnya ini disebabkan oleh suhu tubuh menurun atau stres. Penyakit Raynaud akan menyebabkan jarimu terasa dingin dan kaku.

Jika kamu melihat kondisi tanganmu seperti dalam daftar ini atau menurutmu tidak normal, segeralah pergi ke dokter. Laporkan dan periksakan daripada tubuhmu mendapatkan penyakit, tetapi terlambat disadari. 

Baca Juga: 10 Benda di Restoran dengan Bakteri Terbanyak, Jangan Lupa Cuci Tangan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You