Comscore Tracker

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medis

Lapar dan proses pencernaan biasanya adalah penyebab umum

Mungkin kalian yang suka membaca komik atau menonton kartun pernah melihat karakternya yang lapar ditunjukkan dengan cara perut berbunyi. Itu bukan hal yang aneh mengingat itu memang terjadi di dunia nyata. Kamu pun bisa merasakan fenomena tersebut.

Penelitian-penelitian dilakukan untuk menguak fenomena ini, namun banyak hal yang masih tidak dipahami. Seperti apa maksud sebenarnya dari perut yang berbunyi. Yang bisa dipahami hanyalah bagaimana proses suara perut itu muncul. Berikut ini adalah hal yang sudah diketahui oleh para peneliti mengenai suara di perutmu tersebut.

1. Secara mudahnya suara perut merupakan suara sistem pencernaanmu

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medishealth.com

Healthline.com mendeskripsikan jika suara perut itu datang dari usus besar yang bergerak ketika mencerna. Dalam sebuah jurnal 2018, fenomena ini perah diteliti dengan mencoba melihat gelombang suaranya, tekanannya, kuantitas serta waktunya dan yang didapat adalah tidak adanya kepastian kapan dan seperti apa suara perut itu berbunyi.

2. Suara tersebut muncul dari gerakan otot di usus

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medistheaustralian.com.au

Perlu kamu ketahui saja, ususmu sepenuhnya terbuat dari otot Saat ada makanan yang bergerak dalam ususmu tersebut, dindingnya akan berkontraksi dan meremas makanan yang masuk ke dalam lambung. Proses ini dinamakan peristalsis dan secara umum dipercaya sebagai penyebab timbulnya suara perut tersebut.

3. Lapar juga bisa menjadi penyebab kemunculan suara tersebut

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medismensjournal.com

Dilansir dari artikel yang dikeluarkan Endocrinology and Metabolism Clinics of North America, rasa lapar bisa memproduksi substansi semacam hormon di kepala. Substansi ini akan mengirimkan sinyal kepada usus serta lambung. Ini menyebabkan adanya kontraksi lagi di usus dan muncul kembali suara tersebut.

Baca Juga: 8 Jenis Sakit Perut dan Gejala yang Harus Diwaspadai

4. Ada empat suara perut yang sudah dikenali

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medisscarysymptoms.com

Lebih lanjut healthline.com menyebutkan jika ada empat jenis suara yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan suara yang diciptakan oleh usus tersebut.  Yang pertama adalah berdeguk, yang kedua adalah keroncongan, yang ketiga menggeram, dan yang keempat yaitu bernada tinggi.

5. Suara perut bisa diikuti dengan hal lain sebagai penanda ada yang tidak beres dengan pencernaanmu

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medisrennie.ie

Suara lambung sering dianggap pula sebagai gejala akan ketidakberesan lambung. Biasanya jika memang ada yang tidak beres, suara lambung itu akan diikuti dengan demam, mual, muntah-muntah, perut bergas, diare, kotoran yang berdarah hingga berat badan turun. Gejala-gejala seperti ini perlu diwaspadai dan harus segera dicek kan ke dokter.

6. Gejala itu bisa menjadi permasalahan kesehatan yang parah

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medisverywellhealth.com

Gangguan kesehatan serius yang perlu diwaspadai dari gejala lambung yang bersuara meliputi: tumor, hernia, pendarahan dalam, trauma, serta penyumbatan usus. Ada pula alergi makanan, penggunaan pencahar, paparan radiasi, penggunaan obat-obatan, dan juga infeksi.

7. Penanganan termudah menghilangkan suara perut lewat makanan

Bukan Berarti Tidak Beres, Ini 7 Arti Suara Perutmu dari Sisi Medispopsugar.com.au

Suara lambung adalah fenomena sistem pencernaan. Karena itu menjaga makanan yang masuk ke dalam perut merupakan cara paling gampang untuk menghindarinya. Makanan yang sebaiknya dijauhi untuk menghindari suara perut adalah kacang, buah, pemanis buatan, minuman bersoda, produk gandum dan beberapa sayuran seperti kubis dan brokoli. Hindari pula produk laktosa jika tubuhmu memiliki intoleransi terhadap hal tersebut.

Tidak perlu memusingkan perut yang berbunyi jika tubuhmu terasa sehat-sehat saja. Khawatir lah jika bunyi perutmu tersebut diikuti dengan gejala lain dan bahkan lambungmu terasa sakit. Ingat, selalu periksakan ke dokter kalau kamu merasa tidak sehat.

Baca Juga: 7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantung

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You