Comscore Tracker

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotor

Hati-hati yang terperangkap banjir

Musim hujan sudah tiba. Genangan air mulai tercipta dan terkontaminasi oleh banyak kuman, bakteri maupun virus. Apalagi kalau banjir.

Jika kamu tidak menjaga tubuhmu, dapat dipastikan kamu akan terserang penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa datang dari air, khususnya air yang kotor.

1. Disentri

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorhealthjade.com

Disentri adalah kombinasi dari mual, keram perut serta diare. Untuk kasus disentri yang parah, penderitanya mampu mendapatkan demam tinggi serta feses yang berdarah. Ada dua jenis disentri: disentri akibat bakteri dan disentri akibat bakteri.

2. Arsenicosis

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotoryourhealthofima.wordpress.com

Arsenik adalah substansi berbahaya hasil limbah buangan di air. Keracunan arsenik bisa terjadi jika tubuh sudah terlalu banyak terpapar arsenik dengan ciri khasnya adalah kulit sakit. Nantinya jika dibiarkan bisa menjadi kanker dan merambat ke organ tubuh lainnya.

3. Folio

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotoretsy.com

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar melalui perantara air yang terkontaminasi feses dari penderita folio. Penyakit ini menyerang sistem saraf dan sekalinya terkena virus ini, mereka akan mendapatkan demam, sakit kepala hingga kejang-kejang dan kelumpuhan.

4. Trachoma

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotormedium.com

Ini adalah infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteria Chlamydia Trachomatis dan umumnya bakteri ini ditemukan dari air yang terkontaminasi. Penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan karena alis mata yang tumbuh ke dalam. Tingkat sanitasi dan higienitas yang rendah menyebabkan hal ini.

5. Demam tifoid

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorpbs.org

12 juta orang di dunia terinfeksi penyakit yang datang dari bakteri Salmonella typhi. Secara mudahnya demam ini bisa datang dari memakan makanan atau meminum air yang terkontaminasi bakteri tersebut. Gejalanya meliputi mual-mual, kurang nafsu makan dan sakit kepala.

Baca Juga: Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itu

6. Schistosomiasis

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorbritannica.com

Cacing yang mendiami siput air tawar ini adalah penyebab terjadi penyakit schistosomiasis. Penyakit ini tergolong umum di area pedesaan yang mana air di sana digunakan untuk mandi atau tujuan rekreasi. Cacing ini akan menginfeksi dengan cara masuk lewat kulit inang.

7. Kolera

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorunwater.org

Kolera datang dari bakteri Vibrion Cholerae. Jika tidak ditangani segera, penyakit ini mampu membunuh penderitanya. Gejalanya meliputi diare dan muntah-muntah hingga keram perut dan sakit kepala, mirip dengan disentri. Laporan WHO menerangkan jika tiap tahunnya ada 21 ribu hingga 143 ribu jiwa yang meninggal karena penyakit ini.

8. Diare

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorbustle.com

Penyakit paling umum dari air kotor. Ada banyak penyebab seseorang bisa mendapatkan diare. Namun satu hal yang pasti, buang air besar dengan kondisi berair terus menerus bisa menyebabkan kematian bagi orang tersebut karena kekurangan cairan.

9. Malaria

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorpexels.com/Jimmy Chan

Air kotor menyebabkan munculnya sarang nyamuk dan alhasil nyamuk penebar penyakit pun bertambah. Ketika nyamuk ini menggigit mangsanya, bakteri yang dibawa nyamuk ini akan disebarkan ke tubuh sang korban dan dari situlah malaria disebarkan.

10. Demam berdarah

Waspada Masuk Musim Hujan, Ini 10 Penyakit yang Bisa Dibawa Air Kotorblog.frontiersin.org

Serupa dengan malaria yang disebabkan oleh nyamuk. Demam berdarah juga ditularkan oleh nyamuk. Sering kali penderita demam berdarah merasa dirinya sembuh karena demam yang turun, padahal hal tersebut merupakan salah satu fasenya. Itu membuat semakin parah penyakit tersebut.

Tidak perlu jauh-jauh untuk menghindari penyakit-penyakit ini. Yang pertama harus kamu pastikan adalah apakah selokan di tempat tinggalmu kotor atau tidak. Jika kotor segeralah membersihkannya sebelum bertambah parah dan berakhir menularimu dengan beragam penyakit.

Baca Juga: Inilah 10 Penyakit Paling Mematikan di Dunia Berdasarkan Data WHO

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You