Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tunda

Hati-hati sama ilusi optik lho hehehe

Apakah kamu merasa akhir-akhir ini susah membaca sesuatu karena yang kamu lihat tampak buram? Mungkin ini sudah waktunya menggunakan kacamata. Menurut Vision Impact Institute, 60 persen populasi masyarakat mengalami gangguan penglihatan.

Terlebih mengingat orang-orang di zaman sekarang lebih sering berada di komputer ketimbang melihat pemandangan. Itu meningkatkan terjadinya digital eye strain (DES) atau sindrom penglihatan komputer. Setidaknya menurut jurnal berjudul “Digital eye strain: prevalence, measurement and amelioration,” kondisi ini diderita sekitar 50 persen pengguna komputer.

Hanya saja, sering kali orang tidak mengindahkan gejala-gejala membutuhkan kacamata dan membiarkannya saja hingga penglihatannya semakin rusak. Berikut ini adalah gejala yang perlu diperhatikan di kala kamu harus menggunakan kacamata.

1. Penglihatan yang kabur

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundatimrosen.org

Jelas ini gejala paling jelas dari penglihatan yang kurang baik. Ada dua kemungkinan yang bisa kamu dapatkan, yaitu rabun dekat dan rabun jauh. Tetapi ketika kamu kesulitan untuk melihat objek jauh dan dekat, bisa jadi kamu mendapatkan astigmatisme, kondisi adanya kelengkungan pada kornea.

2. Susah melihat di malam hari

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundaopticarevision.com

Penglihatanmu sudah tidak memungkinkanmu melihat jalan di malam hari? Berhati-hatilah. Coba periksakan mata karena ada risiko besar itu adalah pertanda awal dari katarak.

3. Susah menyesuaikan diri dari kondisi gelap menuju tempat bercahaya

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundaallaboutvision.com

Jika kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi dari tempat gelap menuju tempat terang, maka persiapkan dirimu untuk mendapatkan kacamata. Tebakan termudah adalah otot di matamu melemah dan ini biasanya dikarenakan kondisi bertambahnya umur.

4. Sering capek mata

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundahealth.harvard.edu

Apakah kamu merasakan kondisi membaca selama satu jam padahal baru membaca 20 menit saja? Kelelahan itu umumnya datang dari penglihatan yang kabur dan menuntutmu bekerja keras untuk berkonsentrasi melihat.

Coba untuk beristirahat sejenak dan lebih banyak minum air. Tapi jika kondisi ini terjadi terus menerus, silakan mengecek ke dokter mata.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Menggunakan Kacamata Hitam, Tak Cuma Jadi Modis

5. Sakit kepala yang sering

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundayogajournal.com

Kegagalan fokus untuk melihat pada suatu objek membuat kamu gambar yang lihat menjadi buram dan ini menegangkan otot mata hingga berujung ke sakit kepala atau pusing. Kamu harus berkunjung ke dokter. Kemungkinan terbesar mereka akan merekomendasikanmu untuk menggunakan kacamata.

6. Penglihatan ganda

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundamedicalnewstoday.com

Penglihatan ganda adalah kondisi serius gangguan penglihatan. Jika kamu mendapatkan masalah ini, berarti ada sesuatu yang serius dengan korneamu atau otot matamu. Segera ke dokter jika mendapatkan masalah ini.

7. Penglihatan yang bergelombang

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundajetrea.com

Kamu merasa sedang menyelam, padahal tidak sedang berenang? Itu bisa menjadi adanya degenerasi makula, kondisi kerusakan bagian tengah retina yang menjadi penyebab utama hilangnya penglihatan.

8. Melihat halo (lingkaran malaikat)

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundafarmersalmanac.com

Adanya halo di objek yang kamu lihat menandakan adanya gangguan pada matamu. Bisa jadi itu katarak, bisa jadi gangguan penglihatan di malam hari. Biasanya halo lebih mudah terlihat ketika kamu berada di kondisi gelap.

9. Tekanan pada mata

Ketahui 9 Tanda Sudah Waktunya Kamu Menggunakan Kacamata, Jangan Tundadiamondvision.com

Tekanan di balik mata merupakan salah satu tanda glaukoma. Ini bisa disembuhkan, tetapi tetap harus waspada. Tekanan itu bisa merusak saraf pada mata yang mengirimkan gambar ke otak. Sebaiknya cek ke dokter untuk masalah ini.

Jika kamu mengalami masalah di daftar ini, selalu cekkan diri dulu ke dokter. Memang kemungkinan besar ini membuatmu menggunakan kacamata, tapi kacamata yang tidak sesuai bisa memperparah kondisimu. Akan baik jika kamu menggunakan kacamata yang berdasarkan resep dokter.

Baca Juga: 10 Penyebab Kamu Harus Menggunakan Kacamata, Stop Kebiasaan Burukmu!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You