Comscore Tracker

Kontak Dekat, Virus Corona Dapat Menular dalam 15 Menit Sejauh 2 Meter

Bukan permasalahan dalam satu ruangan

Baru-baru ini, World Health Organization (WHO) merilis panduan menghindari penularan virus Corona di tempat kerja, yang juga bisa diterapkan di manapun. Saat ini ada fakta baru, yang mana menunjukkan penularan virus Corona terbilang mengerikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta mengenai penularan virus corona.

1. Virus Corona bisa menular hanya dalam jangka waktu 15 menit dan jarak 2 meter

Kontak Dekat, Virus Corona Dapat Menular dalam 15 Menit Sejauh 2 Meterfda.gov

Pernyataan ini disampaikan oleh salah seorang tenaga ahli Public Health England. Faktanya adalah sangat berbahaya untuk berada di dekat orang yang terinfeksi mengingat kemampuan virus Corona dapat menginfeksi kamu hanya dalam waktu 15 menit. Tak hanya itu jarak infeksinya pun mencapai dua meter. Itu setara dengan jarak orang mengobrol lewat suara keras.

Intinya kontak dekat dengan orang yang terinfeksi itulah yang menyebabkanmu bisa terinfeksi virus Corona. Jadi bukan hanya permasalahan berada di area atau ruang yang sama dalam waktu dekat,” terang Dr. Paul Cosford, Direktorat Medis PHE kepada BBC.

Baca Juga: Kita Bisa Tertular Virus Corona walau Gak ke Tiongkok, Fakta dari WHO

2. Gejalanya akan sangat mirip dengan flu

Kontak Dekat, Virus Corona Dapat Menular dalam 15 Menit Sejauh 2 Meterunsplash.com/kalegin

Seperti yang sudah pernah disampaikan, virus Corona akan membuat orang tersebut mengalami sakit seperti terkena flu.  Ada pun gejalanya meliputi hidung meler, batuk dan sakit tenggorokan, demam tinggi, mudah lelah serta susah bernapas.

Besar kemungkinan gejala ini merambat ke komplikasi yang parah. Diperkirakan gejala ini akan muncul antara dua hingga 10 hari setelah terkontak dengan virus dan membuat penderitanya susah bernapas. Namun bisa jadi gejalanya juga muncul setelah 24 hari.

3. Sudah merambat hingga ke Eropa

Kontak Dekat, Virus Corona Dapat Menular dalam 15 Menit Sejauh 2 MeterYouTube.com/World Health Organization (WHO)

Di Eropa sana, menteri kesehatan Inggris Matt Hancock telah menyampaikan baiknya para warga yang sehat mengisolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari. Faktanya per 25 Februari kemarin, dari 6.795 orang yang dites, setidaknya ada 13 kasus positif virus Corona di Inggris. Berikut ini video penjelasan singkat tentang virus corona dari WHO:

https://www.youtube.com/embed/mOV1aBVYKGA
Kontak Dekat, Virus Corona Dapat Menular dalam 15 Menit Sejauh 2 MeterCara pencegahan virus corona dan nomor penting yang bisa dihubungi terkait virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berhati-hatilah dengan gejalanya. Mengingat di Indonesia sendiri sedang masuk musim penghujan dan banjir di mana-mana, penyakit flu merupakan hal yang lumrah. Namun bisa jadi itu adalah gejala virus Corona. Jika tidak merasa enak badan, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Asal Mula dan Penyebaran Virus Corona dari Wuhan ke Seluruh Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya