Comscore Tracker

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!

Penyakit mental itu cepat datangnya, sulit hilangnya...

Mental illness atau penyakit mental yang menyerang seseorang bukanlah hal sepele. Pasalnya, penyakit mental mengganggu kesehatan mental kamu sehingga bisa memengaruhi mood (suasana hati), pikiran, hingga perilaku. Bahkan, di Indonesia sendiri banyak kasus yang membuat mental seseorang terganggu.

Bukti nyatanya, baru-baru ini di Purworejo, Jawa Tengah ada siswi SMP yang dibully oleh teman-temannya secara fisik sehingga membuatnya trauma atau malah lebih parah, yang mana itu adalah penyakit mental juga. Masalahnya, penyakit mental bukanlah penyakit yang bisa sembuh secara singkat, harus melalui berbagai tahap terlebih dahulu.

Sebenarnya, tidak hanya itu, masih banyak ragam penyakit mental lainnya seperti bipolar, gangguan kecemasan, serta skizofrenia. Maka dari itu, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan diri kamu atau kawan kamu apabila terkena penyakit mental.

1. Menggunakan obat-obatan

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!themighty.com

Melansir Mayo Clinic, obat-obatan psikiatrik bisa membantu kamu menyembuhkan penyakit mental, walaupun tidak bisa sepenuhnya menghilangkan. Namun, setidaknya obat-obatan ini bisa mendukung perawatan lain seperti psikoterapi jadi lebih efektif. Biasanya, obat-obatan yang diberikan berfungsi untuk mengobati depresi, kecemasan berlebihan, dan penstabil suasana hati.

2. Psikoterapi

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!mccva.com

Untuk menyembuhkan penyakit mental, pastinya kamu membutuhkan orang lain seperti terapis. Melalui terapis, kamu akan dibimbing untuk melakukan psikoterapi, yaitu sebuah pembicaraan yang berkaitan dengan kondisi mental kamu. Selama psikoterapi, kamu akan belajar tentang suasana hati, perasaan, pikiran, dan perilaku.

Dengan melakukan psikoterapi, maka wawasan kamu tentang kesehatan mental bertambah. Alhasil, kamu jadi bisa mengatasi dan mengelola penyakit mental yang kamu alami. Jangan lupa, pastikan terapis yang kamu pilih cocok dengan kamu ya, biar kamu merasa nyaman kalau berbicara dengannya.

3. Terapi stimulasi otak

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!cerebralpalsynewstoday.com

Menurut Psychology Today, ini adalah terapi yang menggunakan elektroda atau magnet di otak dan di kulit kepala. Terapi stimulasi otak hanya dilakukan apabila penyakit mental kamu terlalu parah sehingga obat-obatan dan psikoterapi tidak mempan. Sebelum melakukan ini, pastikan kamu memahami semua risiko dan manfaat dari perawatan ini.

Baca Juga: 7 Tip Sederhana Jaga Kesehatan Mental agar Tidak Mudah Terkena Stres

4. Perawatan rumah sakit jiwa

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!huffingtonpost.com

Apabila kamu tidak bisa merawat diri sendiri dan bahkan merugikan orang lain, perawatan rumah sakit jiwa rasanya cocok untuk kamu. Pokoknya, kalau penyakit mental kamu kelewat parah, kamu harus dirawat di sini agar situasi tidak semakin memburuk.

Akan tetapi, kamu juga bisa memilih untuk dirawat di rumah saja, jika masih memungkinkan. Selain itu, opsi lainnya adalah rawat jalan intensif.

5. Melepaskan diri secara total dari narkoba dan alkohol

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!betteraddictioncare.com

Kalau kamu adalah orang yang sering menggunakan narkoba dan alkohol, kamu benar-benar harus berhenti sekarang. Pasalnya, kandungan zat yang ada di dalamnya justru memperburuk penyakit mental kamu.

Masih tidak bisa juga? Kalau begitu kamu harus pergi ke dokter untuk mengambil langkah perawatan selanjutnya.

6. Tetap rajin berolahraga

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!mirror.co.uk

Kamu pasti tahu kalau olahraga itu bisa membantu kamu dalam mengelola gejala seperti depresi, stres, dan kecemasan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tetap rajin berolahraga. Alangkah lebih baiknya lagi kalau olahraga tersebut merupakan olahraga yang kamu sukai, misalnya seperti jogging atau berenang.

Sebenarnya, tidak hanya olahraga saja. Aktivitas fisik seperti berkebun pun bisa mengatasi penyakit mental kamu. Yang terpenting, kamu harus enjoy dalam menjalaninya.

7. Selalu berpikir positif

Korban Bully di Jateng Bisa Kena Penyakit Mental, Ini Cara Merawatnya!symplytoogood.com

Fokuslah pada segala sesuatu yang positif dalam hidup ini. Dengan begitu, progress kesehatan mental kamu juga akan membaik seiring dengan keyakinan kamu yang positif untuk sembuh. Memang sih membutuhkan waktu, tapi yakinlah kalau kamu bisa melaluinya.

Jadi, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyakit mental yang kamu idap. Pokoknya jangan sampai menyerah ya dalam proses perawatannya!

Baca Juga: Kesehatan Mental Itu Penting, 7 Pekerjaan Ini Rentan terhadap Depresi

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya