Comscore Tracker

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!

Ice cream lovers gak perlu khawatir lagi nih...

Siapa coba di dunia ini yang tidak suka es krim? Kelihatannya hampir semua orang mencintai es krim karena kelezatannya dan sensasi dingin ketika sampai ke mulut.

Terlebih es krim juga hadir dalam banyak varian rasa, mulai dari coklat, vanilla, strawberry, durian, hingga matcha sekalipun. Alhasil, es krim bisa cocok dengan lidah siapa saja karena mereka memiliki banyak pilihan rasa.

Terutama ketika kamu memakan es krim dalam kondisi yang sangat panas. Percaya deh, kegembiraan dan kenyamanan dari memakan es krim akan semakin meningkat ketika kamu mengonsumsinya di musim kemarau. 

"Tapi kan es krim tidak sehat dan bikin gampang sakit!"

Tidak salah jika kamu menganggap es krim adalah sesuatu yang sangat jahat. Healthline saja melaporkan bahwa es krim mengandung banyak sekali gula, pengawet, dan perasa buatan yang mana tidak sehat untuk tubuh kamu.

Dengan kandungan tersebut, maka keseringan makan es krim bisa menimbulkan obesitas hingga diabetes. Bagi sebagian orang, makan es krim di pagi dan malam hari juga petaka, ingus akan meler setelahnya.

Kendati begitu, di balik keburukan-keburukan dari es krim, makanan yang satu ini punya beberapa kandungan yang menyehatkan loh. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh es krim, tidak semua orang tahu!

1. Mengandung vitamin dan mineral

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketika kamu makan es krim, kamu harus tahu bahwa kamu baru saja mendapatkan asupan susu dan krim ke dalam tubuh kamu. Adapun bahan-bahan yang masuk berupa  sumber kalsium, vitamin D, riboflavin, vitamin A, dan fosfor. Nutrisi juga bisa kamu dapatkan, tergantung pada rasa es krim yang kamu pilih.

Sebagai contoh, rasa vanilla mengandung antioksidan, sejumlah kalsium, mangan, magnesium, potassium, seng, dan zat besi. Sementara coklat hitam kaya akan sarat dengan antioksidan dan juga memiliki flavonoid untuk melindungi jantung kamu. Tidak hanya itu, ada juga asam oleat untuk menurunkan kadar kolesterol dan phytochemical untuk melawan radikal bebas.

2. Merangsang otak bekerja lebih baik

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!popsugar.com

Makanan atau minuman apakah yang menjadi andalan kamu di pagi hari supaya bisa fokus dalam menjalani aktivitas? Kebanyakan orang mungkin minum segelas air dingin supaya otak jadi terjaga. Akan tetapi, menurut penelitian di Kyorin University, makan es krim untuk sarapan bisa lebih efektif dalam memberi dorongan pada otak kamu.

Seorang ahli diet pun mengatakan bahwa es krim cenderung meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh yang bisa membuat kita lebih terjaga dan waspada. Untuk itu, makan es krim saja di pagi hari supaya bisa merangsang otak kamu bekerja lebih baik.

3. Sumber energi

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!Pexels/VisionPic.net

Melansir Little Things, kamu pasti sudah menebak kalau es krim merupakan salah satu sumber energi. Bagaimana tidak, lihat saja kandungannya yang penuh akan gula.

Nah, gula mengandung glukosa yang merupakan nutrisi utama yang memberi tubuh kamu bahan bakar. Dengan demikian es krim merupakan sesuatu yang kamu butuhkan untuk menjalani hari.

Baca Juga: 7 Manfaat Lemak Tubuh Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

4. Memperkuat tulang

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!healthcareworkersalary.com

Kamu harus bisa menjaga kesehatan tulang sejak dini berhubung ketika tua nanti, tulang akan menjadi semakin rapuh. Buktinya, sejak kamu masih anak-anak pasti telah diberitahu kalau kalsium membantu kamu membangun tulang dan gigi yang kuat. Faktanya, 99 persen dari tulang dan gigi terbuat dari kalsium.

Untungnya, es krim juga mengandung kalsium. Karena tubuh kamu tidak memproduksi kalsium secara alami, maka kamu harus menemukan cara untuk memasukkan kalsium ke dalam tubuh. Caranya pun banyak, bisa melalui makanan, suplemen, dan tentu saja es krim!

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!everydayhealth.com

"Ini serius es krim bisa meningkatkan imun?"

Yap, kamu tidak salah baca. Pasalnya, es krim merupakan bentuk susu fermentasi yang mana bisa membantu melindungi tubuh kamu dari infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

Semakin kuat usus dan sistem pernapasan kamu, semakin kuat sistem kekebalan tubuh kamu. Apalagi di tengah pandemi virus corona ini kamu wajib punya sistem imun yang kuat.

6. Mencegah kanker payudara

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!express.co

Beberapa wanita yang terkena kanker payudara memiliki satu kesamaan, yakni kekurangan kalsium. Jika kamu tidak yakin mendapatkan cukup kalsium dalam tubuh kamu, segera kunjungi dokter.

Es krim juga efektif untuk dimasukkan ke dalam list diet kamu. Terbukti bahwa diet yang kaya akan kalsium adalah salah satu cara utama untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

7. Mendatangkan kebahagiaan

7 Manfaat Kesehatan Es Krim yang Jarang Diketahui, Imun Makin Kebal!pixabay.com/Disarm

Di film-film, kamu pasti sering menemukan orang yang sedih (terutama karena putus cinta) selalu menyendiri sambil memakan es krim. Usut punya usut, itu merupakan sesuatu yang nyata di mana es krim bisa membuat kamu tenang sekaligus mendatangkan kebahagiaan.

Es krim membantu memproduksi serotonin. Itu adalah sebuah hormon yang menimbulkan rasa nyaman di dalam tubuh. Berhubung mengonsumsi es krim efektif untuk mendatangkan kebahagiaan, beberapa profesional medis merekomendasikan bahwa kamu harus selalu menyimpan es krim di dalam rumah untuk berjaga-jaga. Kita tidak pernah tahu kan kapan kesedihan akan menyerang?

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh es krim. Meskipun punya segudang manfaat, tapi ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak sehat. So, tetap kontrol konsumsi es krim kamu ya.

Baca Juga: Gak Cuma Enak dan Segar, Ini 7 Manfaat Jus Nanas untuk Kesehatan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya