Comscore Tracker

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19

Simpel tapi harus dilakukan secara benar

Sejauh ini, virus corona atau COVID-19 masih menjadi topik utama secara mendunia, khususnya di Indonesia sendiri. Bagaimana tidak, virus corona yang awalnya tidak kunjung masuk ke Indonesia, kini mulai masuk secara perlahan. Sontak saja peristiwa masuknya virus corona ke Indonesia membuat mayoritas orang panik sehingga berburu masker wajah hingga hand sanitizer.

Saking paniknya, banyak orang yang mulai sekarang menggunakan masker wajah setiap harinya ketika bepergian. Jika kamu berpikir kalau dengan menggunakan masker wajah cukup untuk menangkal virus corona hinggap di tubuh kamu, maka kamu salah.

Sebab, cara terbaik untuk terhindar dari COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan secara benar.

Glenn Fredly, salah satu musisi legenda Indonesia, yang baru saja dikabarkan meninggal dunia di RS Setia Mitra pada pukul 18.00 WIB, sempat memberikan contoh cara mencuci tangan versinya di akun Instagramnya @glennfredly309, yang ia unggah pada 19 Maret 2020 lalu. Ia mendapatkan tantangan cuci tangan dari Ello, rekan sesama musisi kenamaan Indonesia dan meneruskan tantangannya pada Tompi, rekan musisinya juga. Berikut ini lagu favorit yang dipilih Glenn sambil cuci tangan selama 30 detik:

Selain menyanyikan lagu favorit selama 30 detik, 20 detik dengan sabun dan 10 detik membilas, kamu perlu tahu langkah-langkah yang betul dalam cuci tangan. Berikut langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar demi terhindarnya virus corona dari tubuh kamu.

1. Cuci tangan dengan air bersih dan sabun

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19hellomagazine.com

Langkah pertama untuk mencuci tangan kamu dengan benar versi CNN, kamu harus membasahi tangan kamu dengan air mengalir. Dengan air tersebut, gosok-gosok tangan kamu sampai bersih.

Setelah itu, matikan kran untuk menghemat air dan gunakan sabun. Tidak bisa dimungkiri sabun sangat krusial dalam menghilangkan kuman di tangan sehingga jangan hanya mencuci tangan pakai air saja.

2. Gosok tangan hingga ke sela-sela

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19npr.org

Jika sudah mengaplikasikan sabun ke tangan, kamu perlu menggosoknya secara merata. Gosoklah tangan kamu hingga sabun mengeluarkan busanya hingga ke belakang tangan, sela-sela jari, bahkan ke bawah kuku jari sekalipun.

Yang pasti, bagian sela-sela yang ada di tangan kamu jangan sampai lolos dari sabun karena virus justru mengintai dari tempat tersebut. Dengan menggosok-gosok tangan menggunakan sabun, maka kamu bisa membantai seluruh kuman dan virus yang ada di tangan.

3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19rd.com

Saat mencuci tangan, setidaknya kamu memerlukan waktu 20 detik atau lebih supaya cuci tangan yang kamu lakukan bisa efektif menangkal virus corona. Bukan tanpa sebab, menggosok tangan kamu selama 20 detik dengan sabun sudah terbukti mampu menghilangkan lebih banyak mikroba daripada cuci tangan dalam waktu singkat. 

Baca Juga: [Infografis] 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar, yuk Basmi Virus Corona

4. Bilas lagi dengan air bersih

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19newscientist.com

Setelah menggosok tangan pakai sabun selama 20 detik, nyalakan lagi kran supaya air kembali mengalir. Bilaslah tangan kamu yang penuh dengan sabun itu dengan air bersih. Seiring dengan terbilasnya sabun dari tangan kamu, kuman dan virus yang menempel di tangan akan ikut-ikutan pergi dari tangan.

5. Keringkan dengan handuk bersih

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19rd.com

Langkah terakhir dari cuci tangan yang benar ini datang langsung dari World Health Organization (WHO). Berdasarkan informasi yang WHO sebar, kamu harus mengeringkan tangan kamu pakai handuk setelah mencuci tangan.

Pastikan handuk yang kamu gunakan adalah handuk bersih, kalau kotor sia-sia karena kuman akan kembali ke tangan. Kalau tangan kamu masih basah, waspadalah, virus dapat ditransfer ke tubuh dengan mudah.

PENTING! Cuci tangan lah setelah melakukan kegiatan-kegiatan ini

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19Dok. World Health Organization

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Perlu diingat, kamu wajib mencuci tangan setelah melakukan beberapa kegiatan di bawah ini demi terhindar dari virus corona yang mematikan seperti direkomendasikan oleh WHO:

  • Menggunakan tangan untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin;
  • Ketika merawat orang sakit;
  • Saat menyiapkan makanan;
  • Sebelum makan;
  • Setelah menggunakan toilet;
  • Ketika tangan sudah terlihat kotor;
  • Setelah memegang hewan.

Pakai hand sanitizer ketika tidak sempat cuci tangan, tapi lebih pentingkan cuci tangan ya...

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19news.yahoo.com

Ketika sedang di luar rumah, pastinya kamu akan kesulitan menemukan air bersih untuk mencuci tangan. Cara alternatif untuk menjaga tangan kamu tetap bersih adalah dengan membawa hand sanitizer.

Gunakanlah ketika kamu merasa perlu dan gosok ke tangan selama 20 detik. Memang sih hand sanitizer tidak seampuh ketika kamu cuci tangan pakai sabun. Tapi lebih baik membersihkan tangan setiap saat daripada tidak sama sekali, bukan?

Cuci Tangan Ala Glenn Fredly Nyanyi Lagu 30 Detik, Cegah COVID-19IDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu dari mencuci tangan agar terhindar dari virus corona. Asalkan kamu rajin dan melakukannya dengan benar, niscaya COVID-19 akan enggan hinggap ke tubuh kamu. Namun, pastikan kamu tetap menjaga jarak dengan orang lain.

Baca Juga: [VIDEO] Ahli Medis Iran Ungkap Akibat Cara Cuci Tangan yang Salah

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya