Comscore Tracker

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!

Langkah-langkah ini penting loh buat ginjal baru kamu...

Ketika ginjal kamu sudah rusak alias tidak berfungsi lagi, maka kamu perlu segera menggantinya. Sebab, ginjal sendiri memiliki fungsi yang krusial bagi tubuh manusia, seperti menyaring dan mengontrol darah, mengendalikan kadar gula darah, hingga membentuk urin. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan transplantasi ginjal sesegera mungkin apabila ginjal asli kamu sudah tidak bekerja lagi.

Jika kamu berhasil mendapatkan orang yang bersedia mendonorkan ginjalnya, maka kamu pasti akan merasakan yang namanya sensasi seperti mendapat kesempatan hidup lagi. Akan tetapi, setelah melakukan transplantasi ginjal, tentu hidup kamu akan berubah.

Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan demi merawat ginjal baru kamu itu. Mau tahu apa saja? Simak ulasan selengkapnya.

1. Diet

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!berkeleywellness.com

American Kidney Fund melaporkan bahwa jika kamu melakukan transplantasi ginjal, maka kamu harus melakukan diet. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan kamu tidak bisa makan dan minum seenaknya seperti saat masih memiliki ginjal lama kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu diet dengan memakan makanan yang rendah garam dan lemak untuk mencegah tekanan darah tinggi. Apalagi jika kamu menderita diabetes, maka kamu perlu mengawasi gula yang ada di dalam makanan atau minuman kamu.

2. Olahraga

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!q8rashaqa.com

Kemudian, hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah kamu tidak boleh berolahraga hingga sepenuhnya pulih dari operasi transplantasi. Kalau sudah sembuh, barulah kamu bisa kembali memulai rutinitas olahraga.

Ini penting kamu lakukan untuk meningkatkan mood atau suasana hati kamu setelah stres karena telah melalui transplantasi ginjal. Apalagi olahraga juga krusial dalam menjaga berat badan serta meningkatkan kesehatan jantung.

3. Minum obat imunosupresan

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!organindia.org

Risiko yang kerap terjadi dari transplantasi ginjal adalah tubuh kamu menolak ginjal baru kamu. Rupanya, penolakan ini datang dari sistem kekebalan tubuh yang menyadari kalau ginjal tersebut bukanlah ginjal asli kamu. Untuk itu, kamu perlu meminum obat imunosupresan yang berfungsi untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Obat ini sangatlah penting karena bisa bertanggung jawab atas kesehatan ginjal kamu yang baru. Sayangnya, kamu jadi akan lebih mudah terserang infeksi atau penyakit karena sistem kekebalan tubuh kamu menurun. Kasus yang paling sering terjadi, infeksi tersebut menyerang perut kamu.

Baca Juga: 7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecil

4. Bekerja setelah 3-6 minggu operasi

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!freepik.com

Kalau kamu berencana untuk bekerja lagi, maka kamu harus menunggu setidaknya 3-6 minggu, terhitung sejak tanggal melakukan operasi transplantasi. Tidak hanya itu, ketika kamu sudah mulai bekerja pun, kamu sama sekali tidak boleh bekerja yang berat-berat. Contohnya adalah mengangkut barang yang berat, seperti itulah kegiatan yang tidak boleh kamu lakukan di awal-awal saat kembali bekerja.

5. Jangan melakukan hubungan seks dulu

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!shemazing.net

Selanjutnya, apabila kamu merupakan seorang wanita yang baru saja melakukan transplantasi ginjal, kamu tidak boleh berhubungan seks dulu selama satu bulan lebih. Pasalnya, kamu perlu membuat periode menstruasi kamu berjalan dengan lancar terlebih dahulu. Terlebih, kamu juga tidak boleh sampai hamil hingga satu tahun pasca operasi transplantasi.

6. Berhenti merokok

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!technofaq.org

Kita semua tahu bahwa merokok memang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika kamu sedang dalam kondisi baru saja melalui operasi transplantasi ginjal, kamu harus bisa sebaik mungkin merawat ginjal baru tersebut.

Mengutip Dartmouth-Hitchcock, bagi kamu para perokok pasif ataupun aktif, kamu harus bisa menghindarinya. Khusus perokok aktif, disarankan untuk terus bertemu dokter agar bisa stop merokok secara permanen.

7. Perbanyak buah-buahan dan sayur

Baru Menjalani Transplantasi Ginjal? Kamu Harus Melakukan 7 Hal Ini!flatabsfitness.com

Setelah melakukan transplantasi ginjal, kamu akan kesulitan untuk makan enak. Bagaimana tidak, para ahli gizi melalui Web MD mengatakan kalau kamu harus bisa membuat perencanaan makanan sehat. Praktis, kata 'sehat' tidak jauh-jauh dari sayur dan buah. Untuk itu, jangan malas untuk makan-makanan sehat ya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan setelah melakukan transplantasi ginjal. Sayangilah salah satu organ tubuh terpenting kamu itu!

Baca Juga: Hindari 7 Pantangan Ini kalau Kamu Menderita Penyakit Ginjal!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya