Comscore Tracker

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!

Jenis gangguan mental yang jarang banget disadari orang

Ada banyak sekali jenis gangguan mental yang mungkin dimiliki oleh orang di sekitarmu, mulai dari yang mudah dikenali sampai yang tak terlihat dan jarang banget bisa disadari orang. Salah satunya adalah gangguan mental yang bernama skizoid.

Gangguan mental jenis ini biasanya gak begitu terlihat menonjol sampai-sampai banyak orang yang salah mengiranya sebagai ciri-ciri introver. Di sisi tertentu mungkin ada kemiripannya, dan berikut ini adalah ciri-ciri dari skizoid. Simak ya!

1. Berusaha berinteraksi sedikit mungkin dengan orang lain

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!Pexels.com/Joao Jesus

Skizoid dinilai mirip ciri orang introver mungkin karena pribadinya yang lebih senang sendiri. Namun berbeda dengan introver yang masih mau berinteraksi sosial dan bergaul dengan orang-orang yang membuatnya nyaman, seorang yang gangguan mental skizoid justru cenderung meminimalisir interaksi sebisa mungkin dengan orang lain. Dirinya secara konsisten menjauh dari orang lain.

2. Memberi batas pada kedekatan fisik dan emosional dengan orang lain

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!Pexels.com/Cottonbro

Ciri kedua dari gangguan mental skizoid yang sering disalah artikan sebagai introver adalah adanya batasan yang ia buat pada orang sekitar. Baik secara fisik maupun emosional, dirinya tidak mau terlalu terikat dan dekat dengan orang lain karena sangat sulit baginya untuk mempercayai orang.

Baca Juga: 8 Gejala Fisik Tanda Terjadi Gangguan Kecemasan atau Anxiety

3. Gak mau melibatkan orang lain dalam urusannya

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!Pexels.com/Fauxels

Ketiga, seseorang dengan gangguan mental skizoid biasanya tidak disadari karena hal itu tidak mengganggu kegiatan sehari-harinya. Bahkan ia cenderung sangat baik dalam bekerja karena sangat mandiri, yang didasari oleh pribadinya yang tidak ingin melibatkan orang lain dalam urusannya. Gak suka diganggu, terlalu mandiri dan jarang merasa butuh orang lain.

4. Dibanding asli pacaran, membayangkan hubungan fantasi justru lebih membuatnya nyaman

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!Pexels.com/Ba Tik

Ciri lainnya yang justru jadi tanda gangguan mental skizoid ialah adanya perasaan tidak puas ketika menjalin cinta. Relationship yang nyata tidak akan pernah membuatnya puas, sebab ia lebih merasa nyaman dengan jenis hubungan fantasi yang ia miliki di kepalanya. 

Sehingga kebanyakan orang yang mengidap ini bisa menjadi penulis yang hebat karena ia punya fantasi luar biasa, yang gak bakal bisa terwujud di dalam hubungan nyata.

5. Gak benar-benar jujur dan terbuka saat berekspresi

Mirip Introver, 5 Ciri Ini Justru Tanda Gangguan Mental Skizoid Lho!Pexels.com/Cottonbro

Berbeda dengan seorang introver yang mau terbuka pada orang yang membuatnya nyaman, seseorang yang mengidap skizoid gak bakal pernah jujur sepenuhnya dalam berekspresi pada siapapun. Hanya ia sendiri yang tahu apa yang sedang dia alami dan rasakan. Menyimpan segalanya sendiri, dan tidak mau membagi hidup pribadinya dengan orang lain. 

Dari lima ciri tadi bisa dilihat bahwa gangguan mental skizoid menyangkut tentang hubungan sosial dan rasa takutnya untuk percaya pada orang lain, maka dari itu jika ada orang di sekitarmu yang seperti ini, cobalah temani dia ya. Buat dia percaya dengan perlahan bahwa membangun hubungan sosial dengan orang lain itu tidak apa-apa, dan tak perlu dihindari.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Gangguan Mental Intermitten Explosive Disoders

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya