Comscore Tracker

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaan

Gangguan kepribadian yang membuatmu cemas berlebihan

Paranoid disorder adalah gangguan kepribadian yang membuat seseorang memiliki kecemasan berlebihan pada hal-hal yang belum terjadi. Yang mana biasanya orang yang mengalami ini mempunyai kecurigaan dan prasangka buruk yang tak ada hentinya pada orang lain. 

Ada baiknya kalau hal ini cepat disadari dan ditangani agar tidak merusak keseharian dan hidup yang dijalani, seperti karier dan hubungan sosial dengan orang lain. Lalu bagaimanakah cara untuk menandainya? Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tandanya kalau mungkin dirimu mengalami paranoid disorder. 

1. Selalu curiga kalau orang di sekitarmu memiliki motif tersembunyi

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaanilustrasi melirik (pexels.com/Cottonbro)

Tanda pertama kalau dirimu mungkin mengalami paranoid disorder ialah entah disadari atau tidak kamu selalu curiga kalau orang di sekitarmu punya modus tertentu. Terutama pada orang-orang yang mendekatimu dan tiba-tiba baik padamu. 

Meskipun terkadang kecurigaan seperti itu ada benarnya, tapi gak semua orang punya modus dan motif buruk ketika mendekati, bisa jadi memang ingin mendekatkan diri dan mengenalmu lebih jauh. Tapi bagi seseorang yang mengalami paranoid disorder hal ini tetap tidak bisa dikendalikan. 

2. Berpikir buruk kalau orang lain akan menyakiti dan menipumu

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaanilustrasi berpaling (pexels.com/Katerina Holmes)

Tanda lainnya dari yang mengalami paranoid disorder ialah cenderung berpikir buruk kalau orang lain akan menyakiti dan menipumu. Inilah ciri khas seseorang yang paranoid, yang mana ia suka sekali membayangkan hal yang belum tentu terjadi. 

Jadi kalaupun orang di sekitarmu itu baik, terkadang kamu malah berpikir kalau mereka bisa saja suatu saat menyakiti dan berbuat hal buruk padamu. Di satu sisi hal ini membuatmu jadi lebih waspada dalam menjaga diri, tapi di sisi lain membuatmu jadi susah percaya sama orang lain. 

Baca Juga: Prolonged Grief Disorder: Gejala, Penyebab, Penanganan

3. Rasa takut berlebihan untuk curhat karena menduga kalau hal itu akan digunakan untuk menjatuhkanmu

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaanilustrasi bicara (pexels.com/Alex Green)

Paranoid disorder juga ditandai dengan rasa takut berlebihan dalam bercerita. Yang mana kamu takut banget kalau apa yang kamu beritahu pada orang lain digunakan untuk melawan dan menjatuhkanmu. 

Pada dasarnya semua orang pasti punya ketakutan semacam ini, tapi orang yang paranoid cenderung lebih ekstrem dan tinggi dibanding orang-orang lainnya. Sehingga tanpa sadar hal inilah yang membuatmu ragu untuk curhat dan terbuka pada orang lain. 

4. Menyimpan dendam mendalam

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaanilustrasi marah (pexels.com/Keira Burton)

Keempat, tanda kalau kamu mungkin mengalami gangguan kepribadian paranoid ialah jika kamu menyimpan dendam yang sangat mendalam. Sampai-sampai mungkin saking dendamnya pernah berpikiran untuk mencelakai orang itu. 

Bisa dibilang kalau hal ini merupakan tanda yang cukup fatal, yang mana hal itu sudah sangat menguasai pikiran dan emosimu. Bahayanya kalau kamu malah mengikuti pikiran itu dan balas dendam dengan melakukan hal kejam tanpa pikir panjang. 

5. Kecurigaan berlebihan pada pasangan selingkuh di belakangmu

Kenali 5 Tanda Dirimu Mengalami Paranoid Disorder, Selalu Curigaanilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Yang namanya paranoid disorder erat kaitannya dengan kecemasan dan kecurigaan yang tak ada habisnya pada orang lain, dan hal ini pun sebenarnya juga berdampak pada pasangan. Kamu selalu curiga dan berpikir kalau pasanganmu itu selingkuh dan berbuat hal buruk di belakangmu. 

Hal ini tentu bisa merusak hubungan yang dijalani, sebab siapa pun pasti gak bakal betah kalau selalu dicurigai dan dituduh selingkuh meski kenyataannya tidak. Bahkan meski hal itu tak terbukti pun kamu cenderung lebih percaya kecurigaanmu sendiri. 

Jika kelima tanda tadi ada pada dirimu maka mungkin kamu mengalami gangguan kepribadian paranoid. Tapi untuk lebih pastinya jangan ragu untuk memeriksakan diri ke psikiater agar tidak salah, karena hal-hal yang berkaitan dengan mental dan gangguan kepribadian memang gak boleh sembarangan. 

Baca Juga: Premenstrual Dysphoric Disorder: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya