Comscore Tracker

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!

Apakah kamu pernah mengalaminya?

Apakah pergelangan dan jari tanganmu sering terasa nyeri ketika mengerjakan tugas di laptop atau saat sedang menulis dan bermain gitar? Nah, mungkin kamu menderita carpal tunnel syndrome alias CTS. Penyakit ini menyerang saraf medianus yang terletak di lengan hingga pergelangan tangan.

Dilansir laman NINDS dan WebMD, simak lima fakta CTS yang wajib kamu ketahui!

1. Definisi carpal tunnel syndrome alias CTS!

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!self.com

Carpal tunnel syndrome alias CTS adalah sebuah kondisi saat terjadi penekanan pada salah satu saraf yang terdapat di tubuh kita: saraf medianus. Saraf medianus berjalan dari lengan menuju telapak tangan kita.

Dalam telapak tangan kita pun terdapat struktur bernama terowongan karpal yang tersusun atas saraf medianus dan tendon, yakni struktur yang menghubungkan otot dengan sendi atau tulang.

Terowongan ini salah satu fungsinya ialah menekuk jari kita, nih. Beberapa kondisi seperti peradangan atau pembengkakan dapat menekan saraf medianus yang terdapat di tangan kita dan memunculkan gejala-gejala CTS.

2. Gejalanya apa saja, sih?

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!pumpstation.com

Gejala-gejala pada CTS, antara lain kesemutan, mati rasa, nyeri, hingga rasa terbakar pada telapak dan jari-jari tangan.

Gejala-gejala tersebut dapat timbul saat bangun tidur pada pagi hari atau ketika melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, seperti menyetir, menulis, mengetik, memegang suatu benda, hingga bermain gitar. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Baca Juga: 7 Fakta Medis Pentingnya Mencuci Tangan, Menghindarkan dari Penyakit!

3. Penyebabnya cukup banyak, lho!

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!unsplash.com/glenncarstenspeters

Pertama, CTS dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Jika anggota keluargamu ada yang mengalami hal yang sama, bisa jadi CTS yang kamu alami disebabkan oleh faktor keturunan.

CTS juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, seperti diabetes, ketidakseimbangan kelenjar tiroid, kehamilan, hingga obesitas. Selain itu, melakukan aktivitas yang sama secara berulang kali dan terus-menerus pun dapat memicu CTS, lho!

Penggunaan tangan untuk aktivitas yang diulang-ulang dapat menekan saraf medianus dan menyebabkan CTS.

4. Siapa saja sih yang berisiko terkena CTS?

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!wexnermedical.oso.edu

Perempuan tiga kali lebih berisiko terkena CTS daripada pria karena cenderung memiliki terowongan karpal yang lebih sempit. Memiliki anggota keluarga yang menderita CTS pun meningkatkan risiko seseorang menderita penyakit yang sama.

Selain itu, pekerjaan yang mengharuskan aktivitas menggunakan tangan secara berulang-ulang, seperti penjahit, gitaris, sekretaris, dan pekerjaan lainnya pun dapat menjadi faktor risiko CTS.

5. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Pergelangan dan Jari Tangan Sakit? Hati-hati Carpal Tunnel Syndrome!sightcall.com

Jika kamu merasakan gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas tadi, segeralah menemui dokter. Biasanya, dokter akan memberi obat antiinflamasi atau bidai terganung dengan penyakitmu.

Kamu pun dapat mengurangi aktivitas-aktivitas yang dapat memicu timbulnya CTS dengan memberi waktu jeda di antara aktivitas agar tanganmu dapat beristirahat. Sesekali, melakukan peregangan atau stretching pun dapat mengurangi rasa sakitmu, lho!

Selain itu, memakai sarung tangan yang tak berjari pun dapat mengurangi nyeri karena akan menjaga posisi pergelangan tangan dan tentunya menjaganya tetap hangat.

Sekarang, sudah lebih tahu tentang CTS, kan? Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeri

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya