Comscore Tracker

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19

#ANGPOIN Bisa membantu proses pemulihan agar lebih cepat

COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019 tentu sudah tak asing lagi di telinga. Penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 tersebut menyerang pernapasan dan bisa menular dengan cepat. Orang yang terjangkit COVID-19 bisa mengalami gejala ringan, sedang, hingga berat.

Dilansir Healthline, COVID-19 dikaitkan dengan kekebalan tubuh, kebutuhan gizi, risiko infeksi, dan kemampuan tubuh dalam merespon penyakit agar lekas pulih. Penderitanya biasanya kehilangan nafsu makan sehingga gizi yang masuk pun kurang mencukupi.

Hal tersebut selaras pula dengan keterangan dari jurnal Nutrients yang terbit pada Mei 2020. Ketika terpapar virus corona, kebutuhan nutrisi sangat penting untuk mencegah infeksi. 

Meskipun tidak menjamin bisa terhindar dari COVID-19, berdasarkan penelitian yang masih berkembang, berikut lima nutrisi yang bisa mendukung kekebalan tubuh penderita virus corona.

1. Vitamin D

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19ilustrasi orang sedang berjemur di bawah sinar matahari (unsplash.com/Mihai Surdu)

Vitamin D bisa melindungi paru-paru ketika mengalami infeksi akibat virus corona. Studi dari PLoS Pathogens yang terbit pada September 2020 juga menyebutkan, vitamin D mampu mengganggu proses infeksi virus dengan cara melindungi reseptor ACE2 dan mengurangi respons hiperinflamasi sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengandalkan sinar matahari yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin D hingga 80 persen. Rajin berjemur di pagi hari pun bisa sangat membantu.

Untuk makanan seperti minyak ikan cod, salmon, kuning telur, hati sapi, dan beberapa jenis jamur kaya akan vitamin D. Banyak juga suplemen vitamin D yang bisa dikonsumsi, tapi pastikan konsultasi dengan dokter dahulu.

2. Karotenoid dan vitamin A

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19wortel (unsplash.com/David Holifield)

Karotenoid merupakan pigmen organik yang memberikan warna alami pada buah dan sayuran. Sedangkan Vitamin A merupakan antioksidan karotenoid yang larut dalam lemak. Menurut laporan dari jurnal Aging yang terbit pada Agustus 2020, Vitamin A bisa mengatasi pneumonia dan infeksi pernapasan pada pasien COVID-19, serta mampu mengurangi stres oksidatif. 

Wortel mentah sangat terkenal memiliki vitamin A yang melimpah. Begitu pula dengan hati sapi, hati ayam, ubi jalar yang sudah dimasak, bayam muda, dan berbagai sayuran berwarna hijau tua. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A bisa meningkatkan kekebalan, mengurangi tingkat keparahan, dan peradangan.

3. Zinc

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19biji rami (unsplash.com/Karyna Panchenko)

Zinc atau seng menjadi salah satu mineral paling penting untuk tubuh kita. Berdasarkan penelitian dari International Journal of Molecular Medicine tahun 2020, zinc memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang sangat bagus untuk kekebalan tubuh kita. Selain itu, bagi penderita COVID-19, zinc mampu mengurangi risiko infeksi bakteri.

Namun, zinc yang diterima tubuh bisa jadi racun jika berlebihan. Maka dari itu, tanyakan ke ahli kesehatan dahulu jika ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Untuk makanan, coba biji rami, biji labu, daging giling, kacang mete, dan cokelat hitam. Biji rami diketahui memiliki zinc yang lebih banyak dari jenis biji-bijian lain.

Baca Juga: Amankah Sengaja Terkena Omicron agar Mendapat Imunitas Alami?

4. Asam lemak omega-3

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19ikan salmon (unsplash.com/David B Townsend)

Asam lemak tak jenuh dalam omega-3 telah dipercaya baik untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam penelitian yang masih berkembang, omega-3 juga berpotensi membantu pemulihan penderita COVID-19. Memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tapi nutrisi ini terbukti memiliki sifat antiinflamasi.

Omega-3 juga mendukung penderita COVID-19 dengan meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan depresi akibat pandemik. Penderita bisa mengonsumsi ikan salmon, kedelai, sarden kalengan, minyak dari hati ikan cod, biji rami, dan kenari. Namun, studi yang diterbitkan Free Radical Biology & Medication tahun 2020 tidak menyarankan untuk konsumsi suplemen omega-3, karena masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Vitamin C

5 Nutrisi Ini Bisa Perkuat Kekebalan Tubuh Penderita COVID-19jambu biji (pixabay.com/6437364)

Untuk kekebalan tubuh, makanan kaya akan vitamin C paling terkenal. Vitamin C memiliki antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, terlebih di era pandemik seperti saat ini. Jenis vitamin ini memiliki imunomodulator yang bisa membantu pemulihan penderita COVID-19. Namun, hal ini juga sedang diteliti lebih jauh.

Penelitian yang terbit di Maturitas tahun 2021 menyebut vitamin C jadi salah satu nutrisi yang memiliki peranan potensial dalam pemulihan COVID-19. Sebab, jenis vitamin ini mampu mengatasi penyakit menular.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C dari jambu biji, pepaya, kiwi, dan berbagai jenis sayuran. Contohnya tomat, paprika, kentang, dan kembang kol.

Lima nutrisi tadi memang harus diteliti lebih lanjut untuk mengenal dampak positifnya bagi penderita COVID-19. Namun, nutrisi yang sehat tetap baik untuk dikonsumsi. Jika kamu mengalami gejala ringan, segera periksa ke dokter dan penuhi kebutuhan gizi untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Studi: Kerusakan Saraf Vagus Sebabkan Long COVID

Akromah Zonic Photo Writer Akromah Zonic

Follow my Instagram account: @akromahzonic_1421

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya