Comscore Tracker

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia

Sayuran hijau sangat dianjurkan untuk penderita anemia!  

Penderita anemia atau kurang darah biasanya mengalami gejala lemas, pucat dan lesu. Aktivitas harian pun jadi terganggu karena tubuh tak sanggup melakukan pekerjaan berat.

Daun bayam lazim disarankan untuk penderita anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi. Namun tahukah kamu? Selain bayam, ternyata banyak lho sayuran lainnya yang ampuh untuk menambah darah pada penderita anemia. Apa saja sih sayurannya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sawi

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemiath.nonilo.com

Sawi adalah sayuran yang mudah ditemui di pasaran. Selain harganya yang terjangkau, sawi juga bisa menjadi sayuran penambah darah yang aman bagi penderita anemia lho! Itu karena sawi punya kandungan vitamin A yang sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah secara alami.

2. Brokoli

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita AnemiaPexels.com/Pixabay

Penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran yang punya warna hijau pekat, sebab sayuran hijau memiliki kandungan zat besi yang lebih banyak termasuk brokoli.

Kandungan asam folat dan vitamin B dalam brokoli juga dapat memproduksi pembentukan sel darah merah baru sehingga sangat baik untuk penderita anemia. Kalau dikonsumsi secara rutin, brokoli bisa menyelamatkan kita dari anemia.

3. Asparagus

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita AnemiaPexels.com/Burst

Asparagus juga termasuk ke dalam salah satu sayuran yang punya kandungan zat besi tinggi. Dalam 100 gram asparagus segar, Anda sudah bisa mendapatkan 2,14 mg zat besi. Jadi sayuran yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi rutin setiap hari oleh penderita anemia.

Baca Juga: 5 Menu Lezat dan Bergizi Buat Kamu yang Ingin Dapatkan Tubuh Ideal

4. Tomat

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita AnemiaPixabay.com/Pinmiki

Siapa yang tak mengenal sayuran yang satu ini? Ya, tomat memang mudah ditemukan di mana saja. Biasanya tomat dimasak menjadi sambal atau pelengkap tumis-tumisan.

Nah, tomat kaya akan vitamin C yang bagus untuk membantu cepatnya penyerapan zat besi di dalam tubuh penderita anemia sehingga sel darah merah yang baru akan cepat tumbuh. Sebaiknya dikonsumsi langsung ya! Itu agar nutrisinya tidak berkurang.

5. Daun singkong

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemiawww.allfresh.co.id

Jangan sepelekan daun singkong! Lataran daun singkong punya segudang nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, vitamin B1, fosfor, protein, karbohidrat, lemak dan zat besi untuk menangkal anemia.

6. Buncis

Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita AnemiaPexels.com/Snapwire

Yang terakhir ada buncis. Rasanya yang manis jika dibuat sayur berkuah, buncis pun bisa menjadi senjata penambah darah. Zat warna hijaunya memang mengandung zat besi yang cukup untuk memproduksi sel darah yang baru. Jadi bunis juga wajib dimasukkan ke dalam daftar sayuran harian.

Untuk penderita anemia, gak perlu bersusah hati lagi. Lantaran sayuran yang mudah ditemui dengan harga terjangkau pun cukup ampuh untuk mengatasi anemia. Tapi ingat ya! Konsumsi sayuran-sayuran di atas secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: 12 Makanan Super Sehat untuk Wanita, Bisa Cegah Kanker Payudara!

Akromah Zonicc Photo Community Writer Akromah Zonicc

Ketika mulut tak sanggup berlisan lagi, segalanya akan tertuang dalam bentuk tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You