Comscore Tracker

Bolehkah Langsung Mandi setelah Makan? Ini Faktanya!

Sering menjadi perdebatan

Sudah lelah kerja? Saatnya menikmati makan malam sambil bersantai. Nah, sesudah makan malam, lebih baik bersih-bersih dulu sebelum tidur, 'kan? Eits, masih ingat kata orang tua dulu?

"Jangan langsung mandi sebelum makan!"

Pastinya, peringatan tersebut terus terbawa hingga saat ini. Seiring waktu berganti, kita bertanya-tanya apakah peringatan tersebut benar adanya? Benarkah kita tak boleh langsung mandi setelah makan? Mari simak pembahasannya berikut ini!

1. Mandi air hangat setelah makan? Ketahui hyperthermic action

Bolehkah Langsung Mandi setelah Makan? Ini Faktanya!ilustrasi mandi air hangat (pexels.com/Karolina Grabowska)

Misalnya kamu mandi air hangat setelah makan, tahukah kamu soal hyperthermic action? Sesuai namanya, kondisi ini meningkatkan suhu tubuh dalam. Dilansir Healthline, hyperthermic action sebenarnya baik untuk tubuh, karena kondisi ini:

  • Merangsang sistem imun.
  • Menenangkan sistem saraf.
  • Merangsang kelenjar keringat untuk menyapu bersih racun dalam tubuh.

Nah, setelah makan, suhu tubuh pun ikut naik. Rasakan sensasi hangat dalam tubuh setelah kenyang makan? Bukan kebetulan, itu adalah tubuhmu yang mengarahkan aliran darah ke organ pencernaan, lo! Livestrong melansir bahwa ini agar pencernaan bisa lancar mencerna makanan sehingga tubuh tak terganggu.

2. Mandi air hangat setelah makan bikin tubuh bingung?

Healthline mencatat bahwa secara anekdotal, mandi air hangat setelah makan membuat tubuh "bingung". Jadi, bukannya mengalirkan aliran darah ke pencernaan, tubuh mengalami hyperthermic action akibat air hangat tersebut. Akibatnya, proses pencernaan pun terhambat hingga terganggu karena aliran darah tidak semestinya.

Selain bisa menyebabkan tubuh lesu, Livestrong juga memperingatkan bahwa hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram perut. Selain itu, mandi air hangat setelah makan juga meningkatkan detak jantung, membuat tak nyaman setelah kenyang.

Baca Juga: Mandi Sebaiknya Harus Berapa Kali dalam Sehari? Ini Jawabannya

3. Bagaimana dengan mandi air dingin?

Jadi, apakah mandi air hangat setelah makan berbahaya? Sebenarnya, masih fifty-fifty. Alasan utamanya adalah karena tidak ada penelitian yang menyetujui atau membantah klaim hyperthermic action dan makan ini.

Meski begitu, jika kamu tetap ingin aman mandi setelah makan, disarankan untuk mandi air dingin (atau suhu ruangan). Ini karena air dingin tak meningkatkan suhu dalam tubuh sehingga aliran darah tidak terganggu. Malah, air dingin memicu metabolisme dan membuat tubuh membakar lemak lebih ampuh.

Selain itu, jika kamu khawatir akan dampak mandi terhadap pencernaan, kamu disarankan untuk menunggu. Saran umumnya adalah menunggu 20 atau 30 menit hingga 1 jam setelah makan, baru mandi. Namun, lagi-lagi, tak ada studi yang membuktikan atau membantah hal ini.

4. Hal lain yang tak boleh dilakukan

Bolehkah Langsung Mandi setelah Makan? Ini Faktanya!ilustrasi pasangan menyikat gigi (freepik.com/wayhomestudio)

Kesimpulannya, klaim dilarang langsung mandi setelah makan masih belum terbukti salah atau benar secara ilmiah. Akan tetapi, jika tubuh dan saluran terasa tak nyaman setelah mandi, maka jangan lakukan lagi. Kalau mau mandi, tunggulah 20 atau 30 menit hingga 1 jam setelah makan.

Selain mandi, sebenarnya, ada beberapa hal lain yang sering tidak direkomendasikan untuk dilakukan langsung setelah makan, yaitu:

  • Menggosok gigi: Bisa merusak enamel gigi (setidaknya, tunggu minimal 30 menit).
  • Berolahraga: Tunggu setidaknya 45 menit setelah makan untuk mulai berolahraga.
  • Tidur: Karena tidak baik untuk lapisan esofagus dan bisa meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Ini 5 Fakta Ilmiah Mandi Air Hangat

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya