Comscore Tracker

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!

Bisa bikin tidur ngorok?

Polip hidung adalah kondisi di mana sebuah pertumbuhan jaringan jinak (bukan kanker) pada bagian saluran hidung atau sinus. Ukurannya pun bervariasi dengan warna cokelat kekuningan atau merah muda.

Polip bisa tumbuh satu atau banyak di satu saluran hidung atau umumnya di kedua saluran hidung pada saat bersamaan. Akan tetapi, dilansir Cleveland Clinic, tumbuhnya polip di satu bagian hidung bisa jadi pertanda kondisi medis lain, seperti gejala awal kanker.

Dilansir Medical News Today, risiko tumbuhnya polip hidung 2-4 kali lebih besar pada laki-laki dibandingkan perempuan, pada usia dewasa muda atau paruh baya. Riwayat asma, infeksi sinus, dan alergi menjadi beberapa faktor risiko. Pada anak-anak, fibrosis kistik bisa menjadi penyebab polip hidung.

Penyebab tumbuhnya polip hidung

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi polip hidung (researchgate.net/U. Schoenenberger and A. J. Tasman)

Polip hidung tumbuh di jaringan mukosa (lapisan pelindung bagian dalam hidung dan sinus dan pelembap udara) yang mengalami inflamasi. Karena infeksi atau iritasi, lapisan mukosa pun bengkak, memerah, dan menghasilkan cairan. Jika dibiarkan, polip bisa terus tumbuh hingga menyumbat saluran hidung.

Dilansir Healthline, polip dapat tumbuh tanpa masalah pernapasan. Namun, ada beberapa pemicu yang sering menyebabkan polip. Beberapa pemicu tersebut adalah:

  • Infeksi sinus kronis atau berulang
  • Asma
  • Rinitis alergi (hay fever)
  • Fibrosis kistik
  • Sindrom Churg-Strauss
  • Sensitivitas terhadap obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau aspirin
  • Kekurangan vitamin D

Selain itu, faktor keturunan juga dapat memicu tumbuhnya polip hidung pada beberapa orang. Ini bergantung pada gen yang menyebabkan perbedaan reaksi mukosa terhadap inflamasi. 

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi hidung (pexels.com/Snapwire)

Mengutip Medical News Today, polip hidung menyebabkan inflamasi pada lapisan saluran hidung dan sinus (sinusitis kronis). Kalau polip hidung berukuran kecil, kemungkinan besar penderitanya tidak mengalami gejala.

Malah, karena polip tidak memicu sensasi saraf, penderitanya tidak sadar dirinya memiliki polip hidung. Ini bisa membuat polip tumbuh besar dan menyumbat pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berbagai gejala polip hidung yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Hidung meler

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi hidung meler (rd.com)

2. Hidung tersumbat yang membandel

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi hidung tersumbat (medicalnewstoday.com)

3. Post-nasal drip (PND), lendir menumpuk di belakangan sinus dan menetes ke tenggorokan dan dada

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi post-nasal drip (health.harvard.edu)

4. Penurunan kemampuan mencium

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!Seorang perempuan mencium bunga matahari (yalemedicine.org)

5. Penurunan kemampuan mengecap

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi lidah (medicalnewstoday.com)

6. Rasa sakit atau sensasi tertekan pada dahi atau seluruh wajah

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi rasa sakit pada wajah atau dahi (houstonent.com)

7. Rasa sakit pada gigi bagian atas

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi sakit gigi (pexel.com/Andrea Piacquadio)

8. Sakit kepala

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi sakit kepala, salah satu efek samping simvastatin (unsplash.com/usmanyousaf)

9. Batuk

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi batuk (medicalnewstoday.com)

Baca Juga: Berbagai Manfaat Rutin Cuci Hidung dan Cara Melakukannya dengan Benar

10. Mengorok saat tidur

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi mengorok di saat tidur (sciencefocus.com)

11. Rasa gatal di sekitar mata

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!Ilustrasi mengucek mata (abc.net.au)

12. Sering mimisan

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi mimisan (health.clevelandclinic.org)

13. Apnea tidur (sleep apnea) obstruktif, kondisi serius henti napas saat tidur

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi sleep apnea (everydayhealth.com)

14. Penglihatan ganda (diplopia), jika pasien memiliki sinusitis jamur atau fibrosis kistik

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi diplopia atau penglihatan ganda (topdoctors.co.uk)

Bukan hanya gejala-gejala di atas saja. Dilansir WebMD, beberapa pasien polip hidung juga mengeluhkan mengi, infeksi sinus, dan sensitivitas pada bau asap, bau-bau tertentu, debu, dan zat kimia.

Jika polip sudah terlalu besar, maka saluran pernapasan dan sinus dapat tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan:

  • Serangan asma pada pasien asma
  • Infeksi sinus yang terus berulang
  • Sleep apnea atau gangguan tidur lain
  • Sesak napas

Selain itu, ada pula peringatan kalau gejala penurunan kemampuan mencium dan mengecap tidak akan membaik pasca perawatan polip hidung.

Diagnosis polip hidung

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!endoskopi hidung (youtube.com/ENT Institute)

Jika sudah merasakan gejala-gejala di atas, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT). Diagnosis akan ditegakkan setelah memeriksa gejala dan hidung pasien. Dokter bisa memesan beberapa tes di bawah ini:

  • Endoskopi hidung: memasukkan selang kecil dengan kamera (atau lensa pembesar) ke dalam hidung pasien, untuk memeriksa kondisi hidung dan polipnya

  • CT scan: untuk menemukan polip hidung dan kelainan lain yang terkait dengan peradangan kronis. Dokter juga akan dapat mengidentifikasi penghalang lainnya di saluran hidung

  • Tes uji tusuk alergi: kalau ada skenario alergi yang memicu perkembangan polip

  • Tes darah: untuk mengetahui kadar vitamin D. Kadar vitamin D rendah dapat menyebabkan polip hidung

  • Fibrosis kistik: untuk pasien polip hidung anak

Pengobatan untuk polip hidung

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Obat antiinflamasi dapat membantu mengurangi ukuran polip hidung dan meredakan gejala-gejalanya. Semprotan steroid ke dalam hidung dapat mengurangi gejala pilek dan sensasi penyumbatan dengan mengecilkan polip. Namun, jika berhenti, gejalanya dapat kembali lagi.

Obat steroid oral atau suntik dapat menjadi pilihan jika semprotan hidung tersebut tidak berfungsi. Ini bukan solusi jangka panjang karena efek sampingnya yang serius, termasuk retensi cairan, kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah, dan peningkatan tekanan di mata.

Selain itu, dokter juga bisa merekomendasikan beberapa obat untuk mengobati gejala inflamasi parah pada polip hidung, seperti antihistamin untuk mengobati gejala alergi, antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, atau antijamur untuk mengobati infeksi jamur.

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi pembedahan atau operasi (unsplash.com/Piron Guillaume)

Jika polip hidung terlalu besar dan pasien tidak merespons pengobatan dengan baik, maka jalan satu-satunya adalah operasi polipektomi. Prosedur pembedahan rawat jalan ini adalah yang paling umum untuk menghilangkan polip hidung.

Setelah diberi anastesi, sebuah selang tipis dengan kamera dimasukkan ke hidung pasien untuk menemukan polip. Sesudah ditemukan, polip dipotong dengan instrumen bedah. Tidak jarang, pembedahan harus memotong sedikit tulang hidung untuk membuka saluran hidung.

Sesudah operasi selesai, pasien akan diberikan resep semprotan hidung kortikosteroid untuk mencegah polip hidung tidak kambuh lagi. Untuk membantu proses penyembuhan pascaoperasi, larutan air garam steril amat direkomendasikan untuk hidung.

Pencegahan untuk polip hidung

14 Gejala Polip Hidung Paling Umum, Bisa Sampai Mimisan!ilustrasi bilas hidung (shutterstock.com/ivan_kislitsin)

Setelah operasi polip hidung, pencegahan adalah langkah paling utama agar polip tidak kembali lagi. Dilansir Johns Hopkins Medicine, langkah-langkah pencegahan polip hidung di antaranya:

  • Lanjutkan penggunaan semprotan kortikosteroid: membantu mengurangi peradangan pascaoperasi

  • Gunakan air humidifier: membantu melembapkan saluran hidung, sehingga meningkatkan aliran lendir di sinus dan mencegah penyumbatan serta inflamasi yang menumbuhkan polip hidung

  • Membersihkan hidung dengan semprotan atau alat bilas: membantu melembapkan saluran hidung dan mencegah inflamasi. Mencuci sinus dan rongga hidung dengan larutan garam steril juga penting untuk sembuh setelah operasi polipektomi

  • Hindari hal-hal yang memicu iritasi hidung: debu, kotoran, rokok, dan alergen umum dapat menyebabkan inflamasi pada saluran hidung dan sinus hingga menyebabkan polip hidung. Hindari hal-hal yang membuat saluran hidung dan sinus iritasi

  • Mengelola alergi dan asma: ikuti arahan dokter untuk mengelola riwayat asma dan alergi. Jika gejala membandel, beri tahu dokter agar program dapat diubah

Itulah gejala-gejala polip hidung yang harus diwaspadai beserta diagnosis, perawatan, dan pencegahannya. Daripada mengobati, utamakan langkah pencegahan untuk melawan polip hidung agar tidak kembali lagi di masa depan.

Baca Juga: 9 Cara Ampuh Atasi Pilek dan Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya