Comscore Tracker

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsion

Tanda cinta membawa petaka

Senangnya dalam hati jika mendapatkan cincin dari orang yang dicinta. Cincin yang melingkar pada jari manismu adalah tanda komitmen seumur hidup.

Dengan senang hati, kamu pakai cincin itu. 

Lho, kok agak sempit?" pikirmu.

Tetapi, kamu paksakan agar bisa pas dengan jarimu (daripada mubazir kan?). Beberapa hari kemudian, kamu lihat jari manismu membiru!

Langsung bawa ke rumah sakit! Itu adalah "Ring avulsion".

1. Apa itu ring avulsion

https://www.youtube.com/embed/CztT_pBFQv8

Ring avulsion terjadi saat jarimu tersangkut pada benda, lalu kamu menariknya sekuat-kuatnya secara tiba-tiba. Hal tersebut merusak jaringan kulit jarimu termasuk otot, tendon, dan tulang.

Cedera ini sebenarnya tergolong jarang ditemui. Di Amerika Serikat, hanya 150.000 kasus yang dilaporkan per tahun.

Seperti yang kamu lihat pada video di atas, pembawa acara kenamaan "The Tonight's Show" asal Amerika Serikat, Jimmy Fallon, membawa cedera jari ini ke ranah publik pada 2015, saat cincin perkawinannya tersangkut di jari manisnya. Akibatnya, Jimmy harus mengenakan gips pada jarinya untuk sementara waktu.

2. Penyebab ring avulsion

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsionplasticsurgerymarin.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab utama dari ring avulsion adalah penarikan obyek pada jarimu secara tiba-tiba dan terlalu kencang, sehingga merusak jaringan jarimu.

Terkadang, kejadian tersebut terjadi tanpa kamu sadari. Misalnya, kamu sedang bermain basket sambil mengenakan cincinmu. Saat melakukan slam dunk, cincinmu tersangkut pada ring basket dan tertarik oleh berat tubuhmu sehingga mencederai jarimu.

Tekanan besar yang dihasilkan saat menarik cincin itu merusak aliran darah pada jarimu sehingga memar.

Tidak jarang, ring avulsion parah dapat merusak jari hingga tulang jarimu terlihat

"Hiiii...!"

3. Tingkatan ring avulsion

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsionsomersetlive.co.uk

Setelah mengetahui apa dan penyebab ring avulsion, terdapat tiga tingkatan menurut Klasifikasi Urbaniak mengenai cedera ring avulsion:

  • Kelas I: Aliran darah tidak tercederai parah sehingga masih mengalir.
  • Kelas II: Aliran darah tercederai parah sehingga tidak dapat mengalir.
  • Kelas III: Bukan hanya aliran darah, melainkan sistem saraf pada jari ikut tercederai.

Pada saat kamu mengalami ring avulsion, pastinya dokter akan mengukur seberapa parah cederanya dengan tingkatan ini.

4. Pengobatan ring avulsion

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsionhealthline.com

Setelah mengetahui tingkatannya, barulah dokter dapat bertindak untuk menyembuhkan.

Untuk "Kelas I", karena sirkulasi darah masih mengalir, dokter akan memperbaiki memar yang diakibatkan dari robeknya jaringan kulit dan cedera tulang jari.

Untuk "Kelas II", karena sirkulasi darah tidak mengalir, dokter akan menganalisis dan menyambungkan kembali pembuluh darah pada jarimu sebelum berfokus pada cedera jaringan kulit dan cedera tulang pada jari.

"Amit-amit jangan sampai ke tingkat ini!"

Untuk "Kelas III", karena sirkulasi darah tidak mengalir, jaringan saraf rusak, dan jaringan kulit yang mendekati tulang ikut sobek, bukan tidak mungkin jarimu dapat diamputasi.

Jari yang terputus karena ring avulsion dapat disambungkan kembali dengan teknologi microsurgery. Meskipun begitu, kamu harus siap menerima kenyataan bahwa jari tersebut tidak akan seprima dulu.

Perawatan ring avulsion pun memakan waktu yang tidak sebentar. Seperti gips pada jari Jimmy Fallon, butuh waktu dari 5 hingga 10 minggu agar tulang jari bisa pulih seperti sedia kala. Itu pun harus diikuti dengan terapi.

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsionnewschannel5.com

Jika kamu terkena ring avulsion, paling cepat adalah kamu segera berobat ke rumah sakit terdekat agar segera dirawat sebelum parah. Untuk meminimalisir cedera, kamu dapat memerban jarimu untuk menghentikan pendarahan dan mengangkatnya ke atas agar tidak terlalu bengkak.

"Lalu, bila jari saya hampir/sudah putus, gimana?"

Amit-amit semoga tidak terjadi. Jika hampir/sudah putus, segera telepon ambulans atau minta pertolongan agar segera dilarikan ke UGD. Lalu, apa yang harus dilakukan dengan jari tersebut?

  • Cuci jari yang terputus dengan air mengalir,
  • Bungkus jari yang putus dengan kain kasa dan simpan di sebuah kantong, dan
  • Tutup kantong tersebut erat-erat dan dinginkan dengan es.

Perhatian! Jangan masukkan jari yang terputus tersebut ke dalam es. Konsekuensinya? Jari tersebut tidak akan bisa disambungkan lagi kalau begitu.

5. Pencegahan ring avulsion

Saat Cincin Membahayakan Jarimu, Ini Fakta Penting Ring Avulsionverywellmind.com

Untuk mencegah ring avulsion, pertama, kita harus tahu siapakah yang rentan terdampak oleh cedera ini. Seperti namanya, cedera ini rentan terjadi pada mereka yang menggunakan cincin. Apalagi, jika mereka bekerja di konstruksi atau berkompetisi sebagai atlet olahraga. Akan tetapi, bukan berarti mereka yang diam saja di rumah tetap aman.

Bagi mereka yang tinggal di rumah, jika jari dan cincin tersangkut di perabotan, maka bukan tidak mungkin kamu dapat mengalami ring avulsion.

"Intinya, kamu pakai cincin? Kamu bisa saja cedera!"

Saran satu-satunya untuk mencegah cedera ini adalah dengan tidak menggunakan cincin jika sedang beraktivitas berat. Jangan lupa untuk menyimpan cincin tersebut di tempat yang aman agar tidak hilang. Kamu tidak mau terlepas dari ring avulsion dan terlepas dari ikatan pernikahan hanya karena cincin hilang, kan?

Itulah fakta, pengobatan, dan pencegahan cedera ring avulsion. Sayangi jarimu dengan tidak memakai cincin yang terlalu ngepas atau saat beraktivitas berat.

Baca Juga: Ini 7 Macam Cedera Lutut yang Paling Sering Terjadi pada Siapa Saja

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya