Comscore Tracker

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting Ini

Supaya efektif dan tidak malah menambah masalah

Akupunktur, pengobatan tradisional dari dataran Tiongkok, sering kali menjadi opsi pengobatan alternatif pertama untuk mengobati salah urat hingga stroke. Dengan memasukkan jarum tipis ke pori-pori, akupunktur menstimulasi titik-titik yang membuat aliran darah kembali lancar.

Hingga kini, berbagai klinik akupunktur sudah menjamur di kota-kota besar Indonesia. Pada dasarnya, akupunktur dilakukan sebagai "pengobatan sampingan" untuk mempercepat proses pemulihan.

Tertarik untuk menjalani akupunktur? Boleh saja. Namun, sebelum tusuk-tusuk akupunktur, kamu perlu mengingat hal-hal berikut ini.

1. Perut harus penuh

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting IniPixabay.com/free-photos

Hal pertama yang kamu harus ingat sebelum menjalani proses akupunktur adalah menjaga perut tetap kenyang sebelumnya.

Bukan berarti kamu harus benar-benar makan sebelum akupunktur. Paling tidak, isilah perutmu dengan makanan secukupnya setidaknya dua jam sebelumnya, sehingga metabolisme tubuhmu tidak kaget.

Hal ini dikarenakan setelah akupunktur, biasanya badanmu akan terasa lelah dan kepalamu akan terasa pening sejenak. Akan berbahaya jika kamu datang dengan perut yang kosong untuk menjalani akupunktur yang melelahkan. Namun, jika perutmu penuh, kamu memiliki energi yang cukup sebagai pengganti.

Makanannya pun juga jangan sembarangan. Disarankan, kamu jangan mengonsumsi gorengan atau makanan pedas.

2. Minuman yang diperbolehkan

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting Inigiphy.com/heparfrance

Jika tadi soal makanan, maka minuman pun harus dijaga.

Sebelum menjalani akupunktur, kamu disarankan untuk menghindari minuman berkafein (terutama kopi) dan beralkohol.

Untuk para pencinta kopi yang tengah menjalani akupunktur, hindari kopi paling sedikit dua jam sebelum praktik. Menurut sebuah penelitian dari University Hospital Zürich, kopi mengandung zat stimulan yang meningkatkan respons defensif pada saraf.

Sementara, akupunktur bertujuan mengurangi respons tersebut, sehingga saraf lebih santai. Untuk minuman beralkohol (yang dari namanya saja sudah tidak baik), sangat tidak dianjurkan untuk mereka yang menjalani akupunktur.

"Pokoknya, jangan minum alkohol sebelum akupunktur!"

Karena sebagian besar indra kita terlumpuhkan oleh alkohol, efek akupunktur tidak terasa. Hasilnya, kamu tidak akan tahu penyakit atau peningkatan pada tubuhmu.

Kalau begitu, apa yang diperbolehkan? Untuk "bermain aman", minum air putih!

Baca Juga: 5 Manfaat Terapi Akupunktur yang Selama Ini Belum Kamu Ketahui

3. Pakai baju longgar

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting Iniinstagram.com/ji_eun_sii

Hal ketiga yang harus kamu ingat sebelum menjalani prosedur akupunktur adalah mengenakan pakaian yang longgar. Dengan mengenakan pakaian longgar, praktisi akupuntur yang menanganimu akan dengan mudah menemukan titik-titik akupunktur yang susah ditemukan apabila kamu mengenakan celana pensil.

Selain itu, pakaian longgar tidak membuatmu repot. Bayangkan harus mengenakan kembali pakaian ketatmu setelah akupunktur.

"Bayanginnya saja sudah riweh!"

4. Matikan ponsel

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting Inilifewire.com

Mengingat generasi muda sekarang dengan handphone-nya yang seolah-olah bagaikan "amplop dan prangko" yang tak terpisahkan, saran satu ini benar-benar harus dipegang erat-erat sebelum menjalani akupunktur!

Untuk sekali ini saja, TOLONG, matikan ponselmu sebelum akupunktur. Bukan disenyapkan, atau digetarkan. M-A-T-I-K-A-N. Hal tersebut agar kamu tetap rileks dan tidak waswas pada notifikasi entah dari pekerjaan atau kesayangan.

Jangan biarkan perhatianmu teralihkan oleh gim, pesan, dan video-video pada ponselmu selama akupunktur berlangsung.

5. Jangan terburu-buru

Mau Akupunktur? Perhatikan Dulu Beberapa Hal Penting IniPexels.com/Sourav Mishra

Hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah untuk tetap santai dan jangan terburu-buru.

Usahakan jangan menunda-nunda untuk datang ke klinik akupunktur tepat waktu. Sering kali, kita sibuk oleh kegiatan-kegiatan yang membuat kita menunda-nunda datang ke klinik akupunktur.

Alhasil, kita terburu-buru datang. Kita menjadi tegang sendiri karena terburu-buru mengejar waktu. Saran dari kami, usahakan untuk datang 15 menit lebih awal. Terburu-buru hanya mengakibatkan hal yang tidak perlu, seperti kecelakaan contohnya.

"Amit-amit!"

Better early than late, setidaknya kamu mendapatkan waktu untuk menenangkan diri sebelum menjalani prosedur akupunktur yang melelahkan dan terkadang "menyakitkan".

Itulah hal-hal yang perlu kamu ingat sebelum menjalani prosedur akupunktur, mulai dari makanan dan minuman, hingga waktu datang. Satu hal lagi, jangan bergantung pada akupunktur demi kesehatan.

Kalau memang untuk bersantai pun, jangan terlalu sering.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Perlu Coba Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya