Comscore Tracker

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing Kremi

Sering menyerang anak-anak

Berbicara mengenai parasit, salah satu yang paling sering menyerang manusia adalah cacing keremi/kremi atau yang dalam Bahasa Inggris disebut "pinworm" atau "threadworm". Paling sering menyerang anak-anak, gejala yang paling sering terlihat adalah sensasi gatal yang amat sangat pada dubur.

Jika tidak menjaga kebersihan diri, maka cacing kremi dapat menginfeksi tubuh, atau yang biasanya dalam bidang medis disebut "enterobiasis" atau "oxyuriasis". Apa saja yang perlu diketahui mengenai infeksi cacing kremi? Yuk simak fakta-fakta cacing kremi dan cara mengenyahkannya dari tubuh.

1. Mengenai cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiBentuk cacing kremi yang diperbesar. healthline.com

Cacing kremi (Enterobius vermicularis) adalah salah satu parasit yang paling umum menyerang manusia. Susah terlihat dengan mata telanjang, cacing kremi memiliki tubuh putih tipis sepanjang 1,4 milimeter. Seperti yang dikatakan sebelumnya, infeksi cacing kremi juga dikenal dengan enterobiasis atau oxyuriasis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), cacing kremi adalah parasit paling umum di Amerika Serikat (AS). Mengapa begitu? Cacing kremi menyebar dengan mudah, terutama pada anak-anak antara 5-10 tahun, pasien rumah sakit jiwa, dan mereka yang berinteraksi dengan kedua kelompok tersebut.

Untungnya, cacing kremi dapat diobati dengan mudah. Akan tetapi, jika tidak menjaga kebersihan, seseorang dapat kembali terinfeksi. Meskipun jarang terjadi komplikasi serius, infeksi cacing kremi yang tidak ditangani secepatnya dapat menyebabkan kasus serius pada wanita.

2. Gejala-gejala infeksi cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiDubur gatal karena infeksi cacing kremi. yahoo.com

Beberapa kasus infeksi cacing kremi mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika terinfeksi cacing kremi, maka gejala-gejala yang paling umum terjadi meliputi:

  • Sensasi gatal yang sering dan persisten di daerah dubur yang menyebabkan sensasi tidak nyaman sampai tak bisa tidur
  • Nyeri, ruam, atau iritasi kulit lainnya di sekitar dubur
  • Adanya cacing kremi di area dubur dan tinja
  • Sakit perut
  • Mual dan muntah

3. Siklus hidup cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiSiklus hidup cacing kremi. cdc.gov

Cacing kremi dapat menyebar dengan mudah. Kamu dapat terinfeksi cacing kremi karena tidak sengaja menelan atau menghirup telur cacing kremi. Telur mikroskopik tersebut terdapat di permukaan kotor atau benda yang tersentuh mereka yang terinfeksi cacing kremi.

Setelah masuk ke dalam tubuh, telur menempel di usus halus sampai menetas dan matang. Setelah dewasa, cacing kremi betina pindah ke usus besar dan keluar dari tubuh melalui dubur pada malam hari untuk bertelur di lipatan kulit di sekitar dubur lalu kembali ke usus besar. Inilah yang menyebabkan sensasi gatal yang hebat sampai tak bisa tidur!

Jika menggaruk area telur tersebut, telur cacing kremi pindah ke jari dan dapat bertahan beberapa jam di tangan. Telur tersebut juga mencapai tahap dewasa dalam waktu 4-6 jam. Saat menyentuh benda-benda, telur kremi akan berpindah ke objek tersebut dan dapat bertahan hingga tiga minggu.

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiAnak-anak bermain di kubangan lumpur. womansworld.com

Infeksi cacing kremi paling sering terjadi pada anak-anak dikarenakan mereka sering memasukkan benda atau tangan yang tertempel telur cacing kremi ke dalam mulut. Meskipun jarang, orang dewasa pun dapat terinfeksi karena menghirup telur yang terbawa dari udara.

Umumnya, cacing kremi hidup hingga 13 minggu. Menggaruk daerah telur pada dubur dapat menyebabkan telur masuk ke mulut, sehingga siklus cacing kremi terulang kembali. Tidak jarang telur di anus menetas dan larva cacing kremi menginfeksi usus besar. Oleh karena itu, harus cepat-cepat diobati!

4. Siapa yang paling rentan terkena infeksi cacing kremi?

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiInfeksi cacing kremi bisa terjadi saat anak-anak memasukkan mainan ke mulut. sleepbaby.org

Infeksi cacing kremi dapat menimpa orang-orang dari segala golongan usia dan wilayah geografis. Karena telur cacing kremi berukuran mikroskopik, tidak mungkin kamu dapat langsung menghindari individu atau permukaan area yang telah tertempel telur kremi.

Meskipun siapa pun bisa terkena infeksi cacing kremi, kelompok-kelompok berikut ini lebih rentan:

  • Anak-anak yang sering bermain di tempat penitipan anak, taman kanak-kanak, atau sekolah dasar
  • Anggota keluarga atau pengasuh yang dekat dengan pasien yang telah terinfeksi cacing kremi
  • Pasien atau petugas yang tinggal di rumah sakit jiwa atau pemukiman padat penduduk lainnya, seperti asrama, mes, atau kost
  • Anak-anak atau orang dewasa yang tidak menjaga kebersihan diri dan mencuci tangan secara teratur sebelum dan sesudah makan
  • Anak yang punya kebiasaan mengisap jempol

Sejauh ini, manusia adalah satu-satunya inang cacing kremi. Peliharaan umum seperti kucing atau anjing tidak dapat menginfeksi atau terinfeksi cacing kremi. Jadi, tidak perlu khawatir hewan peliharaan akan infeksi, meskipun orang lain atau kamu terinfeksi. Lebih baik, jaga kebersihan diri sendiri!

Baca Juga: 7 Penyebab Medis Sensasi Gatal dan Geli dalam Telingamu

5. Diagnosis infeksi cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiTelur cacing kremi di bawah mikroskop. commons.wikimedia.org

Tes selotip adalah metode paling umum untuk mendiagnosis infeksi cacing kremi. Sesuai namanya, tes ini menggunakan selotip dan menekan sisi lengketnya pada permukaan lipatan kulit di sekitar dubur di mana telur kremi terletak. Kamu dapat melakukannya sendiri di rumah.

Setelahnya, bawalah selotip tersebut ke dokter untuk diuji dengan kaca preparat dan diteliti di bawah mikroskop. Dengan begitu, kita bisa tahu apakah duburmu terkena telur cacing kremi atau tidak.

Karena aktivitas seperti buang air besar dan mandi bisa menghilangkan jejak telur dari dubur, segera lakukan tes selotip setelah bangun tidur. CDC merekomendasikan melakukan tes selotip tiga kali di tiga hari berturut-turut untuk meningkatkan akurasi diagnosis cacing kremi.

6. Komplikasi yang disebabkan cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing Kremiparenting.firstcry.com

Kebanyakan orang tidak mengalami komplikasi serius akibat infeksi cacing kremi. Namun, jika infeksi cacing kremi pada wanita tidak diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) pada wanita.

Cacing kremi juga dapat berpindah dari anus ke dalam vagina, memengaruhi rahim, tuba fallopi, dan organ panggul lainnya. Hal ini dapat menyebabkan infeksi lain, termasuk infeksi vagina (vaginitis) dan infeksi rahim (endometritis).

Keberadaan cacing kremi dalam jumlah yang signifikan dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, populasi cacing kremi yang cukup banyak dapat merampas nutrisi penting dari tubuh, yang menyebabkan penurunan berat badan.

7. Pengobatan untuk infeksi cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiCombantrin, obat untuk mengusir infeksi cacing. combantrin.co.id

Dokter biasanya mengobati infeksi cacing kremi secara efektif dengan obat oral. Karena cacing kremi mudah menyebar, jika satu orang terinfeksi, maka seluruh penghuni rumah biasanya membutuhkan pengobatan yang sama untuk mencegah infeksi ulang. Obat yang paling umum dan efektif untuk mengobati infeksi cacing kremi adalah:

  • Mebendazole (Vermox)
  • Albendazole (Albenza)
  • Pyrantel pamoate (Combantrin atau Konvermex)

Satu sajian pengobatan biasanya melibatkan dosis awal dan diikuti dengan dosis kedua pada dua sampai tiga minggu kemudian. Lebih dari satu sajian obat mungkin diperlukan untuk menghilangkan telur cacing kremi sepenuhnya. Krim atau salep bisa meredakan gatal pada kulit di area sekitar anus.

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing Kremithewirecutter.com

Selain pengobatan, program pembersihan rumah dapat membantumu menghilangkan telur cacing kremi sepenuhnya:

  • Pastikan orang yang terinfeksi dan anggota rumah tangga lainnya cuci tangan secara menyeluruh dengan air hangat dan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan.
  • Usahakan semua orang di rumah untuk mandi dan mengganti pakaian dalam mereka setiap pagi.
  • Bersihkan kuku semua orang dan potong kuku pendek.
  • Berhenti menggigit kuku.
  • Beri tahu orang yang terinfeksi untuk tidak menggaruk area anus.
  • Gunakan air panas untuk mencuci semua seprai tempat tidur, handuk, dan pakaian di rumah yang terinfeksi cacing kremi. Keringkan barang-barang ini dengan udara panas.
  • Hindari menggoyangkan pakaian dan alas tidur agar telur cacing kremi tidak menyebar ke udara.
  • Mandi sendiri-sendiri, karena dapat menyebabkan telur cacing kremi menyebar di air mandi.
  • Bersihkan semua permukaan yang mungkin terinfeksi secara menyeluruh, termasuk mainan, lantai, meja dapur, dan dudukan toilet.
  • Bersihkan semua area berkarpet dengan teliti dan hati-hati.

8. Kiat mencegah penyebaran cacing kremi

Dubur Gatal di Malam Hari? Fakta Unik Infeksi Cacing KremiIlustrasi cuci tangan. IDN Times/Nurulia R. Fitri

Cara terbaik untuk mencegah infeksi cacing kremi dan terinfeksi lagi adalah dengan menjaga kebersihan diri dan tempat tinggal dan mendorong anggota rumah lainnya, terutama anak-anak, untuk melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, kamu dapat mencegah infeksi cacing kremi dengan:

  • Cara pencegahan terbaik adalah mencuci tangan dengan air hangat yang mengalir dan sabun setelah menggunakan toilet atau mengganti popok. Mencuci tangan juga penting sebelum menyiapkan makanan dan sebelum serta sesudah makan.
  • Jaga agar kuku tangan tetap pendek dan bersih.
  • Hentikan kebiasaan yang dapat menyebarkan telur cacing kremi, seperti menggigit kuku atau menggaruk dubur.
  • Mandi setiap hari di pagi hari untuk menghilangkan telur cacing kremi yang mungkin telah ada semalaman.
  • Gantilah pakaian dalam dan pakaian setiap hari.
  • Gunakan air panas di mesin cuci dan udara panas di pengering saat mencuci seprai, pakaian, dan handuk yang mungkin mengandung telur cacing kremi.
  • Jaga agar ruangan cukup terang di siang hari karena telur sensitif terhadap sinar matahari.

Kunci menjaga diri dari infeksi cacing kremi adalah dengan menjaga kebersihan diri, terutama dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan kuku. Tidak ada yang tahu kebersihan permukaan benda yang kamu sentuh. Jadi, tetap jaga kebersihan agar tidak terinfeksi atau menginfeksi orang lain.

Baca Juga: Kulit Gatal-gatal? Mungkin Kamu Mengalami 10 Kondisi Medis Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya