Comscore Tracker

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alami

Penting buat tubuh, tapi terlalu banyak pun tidak baik

Dari pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh, kesehatan reproduksi, sintesis DNA, hingga fungsi indra pengecap, senyawa zink (zinc) atau seng adalah mineral penting yang terlibat dalam lebih dari 100 reaksi kimiawi dalam tubuh.

Untuk mencegah efek samping, National Institute of Health (NIH) merekomendasikan batas atas asupan atau tolerable upper intake levels (UL) zink per hari adalah 40 mg untuk orang dewasa.

Zink bisa didapat dari asupan makanan seperti:

  • Daging merah
  • Unggas
  • Boga bahari terutama tiram
  • Biji-bijian dan sereal yang difortifikasi

Meski beberapa bahan makanan mengandung zink jauh di atas batas UL, sejauh ini tidak ada kasus keracunan zink akibat makanan.

Namun, keracunan zink dapat terjadi karena konsumsi suplemen makanan, termasuk multivitamin, berlebihan atau karena tidak sengaja menelan produk rumah tangga yang mengandung zink. Bila ini terjadi, berikut ini adalah beberapa gejala kelebihan atau overdosis zink yang paling umum.

1. Mual dan muntah

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamifreepik.com/jcomp

Mual dan muntah adalah efek samping yang sering dilaporkan dari overdosis zink. Beberapa obat, seperti obat flu, dapat meringankan pilek. Namun, tentu saja, salah satu efeknya adalah mual dan muntah. Itulah hasil penelitian melibatkan 17 studi dan 2.121 peserta tahun 2012 di Kanada.

Pertama, hal ini kemungkinan dikarenakan konsumsi zink yang melewati batas. Menurut sebuah kesaksian pada tahun 1998 yang dimuat dalam penelitian berjudul "Zinc gluconate: acute ingestion", mual dan muntah yang hebat terjadi hanya dalam 30 menit. Hal tersebut dikarenakan sang peserta menelan 570 mg zink glukonat.

Ternyata, konsumsi zink dosis rendah yang persisten pun dikatakan dapat menyebabkan mual dan muntah. Menurut sebuah penelitian melibatkan 47 orang selama 6 minggu yang dipublikasikan dalam Medical Journal of Australia tahun 1987, setelah meminum 150 mg zink per hari, lebih dari setengah peserta mengalami mual dan muntah.

2. Sakit perut dan diare

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamifreepik.com

Biasa terjadi bersamaan dengan gejala mual dan muntah, sakit perut dan diare juga menyertai overdosis zinc. Bahayanya, jika dibiarkan, sakit perut dan diare akibat overdosis zink dapat menyebabkan iritasi dan pendarahan di usus.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dimuat di jurnal BMJ tahun 1978. Menurut penelitian tersebut, setelah mengonsumsi 220 mg zink sulfat dua kali sehari untuk pengobatan jerawat, seseorang melaporkan pendarahan usus!

Jauhkan anak-anak dari produk mengandung zink klorida seperti perekat, bahan pembersih, atau pelapis kayu. Beberapa penelitian tahun 1994 juga mengutarakan bahwa banyak kasus anak-anak yang tidak sengaja menelan bahan zink klorida dan mengalami kerusakan saluran pencernaan karenanya.

Baca Juga: Kurang 'Populer', Ini 5 Manfaat Penting Zink bagi Tubuh Kita

3. Gejala mirip flu

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamiessencevegas.com

Zinc dikatakan ampuh dalam memerangi virus penyebab flu. Namun, kalau konsumsinya kebanyakan, efeknya malah bisa bikin kamu bak terkena flu. Gejalanya antara lain:

  • Demam dan panas dingin
  • Batuk pilek
  • Sakit kepala
  • Kelelahan

Karena gejalanya mirip flu, maka tidak jarang dokter akan salah diagnosis! Maka dari itu, dokter perlu mengecek riwayat pola makan dan penyakit, serta cek darah agar bisa diketahui pasien mengalami keracunan zink atau bukan.

4. Tingkat kolesterol baik (HDL) yang rendah

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamiwww.emc.id

Sekadar catatan, high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mencegah penumpukan plak yang menyumbat pembuluh arteri. Orang dewasa direkomendasikan memiliki HDL lebih dari 40 miligram/dL. Kurang dari itu, kamu berisiko kena penyakit jantung!

Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi zink hingga lebih dari 50 mg per hari dapat menurunkan HDL, sementara tidak berpengaruh apa-apa pada kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

5. Sensasi aneh di lidah

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamifreepik.com/freestockcenter

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, zink penting dalam kemampuan mengecap. Kekurangan mineral tersebut dapat menyebabkan kehilangan kemampuan mengecap satu jenis rasa atau hipogeusia. Namun, kelebihan zink malah dapat menghasilkan sensasi aneh di lidah, seperti merasakan "besi" di lidah atau tidak mampu mengecap satu rasa sementara. Biasanya, gejala ini muncul pada kelompok yang mengonsumsi permen obat batuk yang mengandung zink. 

Hal tersebut juga berlaku untuk konsumsi zink cair. Menurut sebuah studi di Amerika Serikat (AS) yang dimuat dalam jurnal Antimicrobial Agents and Chemotherapy tahun 1989, para peserta melaporkan adanya rasa seperti besi di mulut.

6. Kekurangan zat tembaga pada tubuh

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamiwestchesterhealth.com

Tahukah kamu? "Pertempuran" zink dan tembaga untuk masuk ke tubuhmu terjadi di usus halus. Jika tubuhmu kelebihan zink, maka zat tembaga tidak dapat masuk, sehingga tubuhmu kekurangan tembaga. Seperti zink, tembaga pun penting untuk tubuh, yang fungsinya sebagai berikut:

  • Menyerap zat besi dan memperkuat metabolisme
  • Membentuk sel darah merah (eritrosit) yang penting untuk asupan oksigen dalam tubuh dan sel darah putih (leukosit) untuk ketahanan tubuh

Jika kamu kekurangan tembaga, maka tubuhmu terancam beberapa komplikasi yang mencakup:

  • Anemia karena kekurangan zat besi: kurangnya sel darah merah yang sehat karena jumlah zat besi yang tidak memadai.
  • Anemia sideroblastik: kurangnya sel darah merah yang sehat karena ketidakmampuan untuk memetabolisme zat besi dengan baik, sehingga berlebih.
  • Neutropenia: kurangnya neutrofil, bagian sel darah putih, yang sehat karena gangguan dalam pembentukannya, sehingga tidak mampu melawan patogen.

7. Sistem imun yang melemah

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamiedraak

Karena ikut mempengaruhi kadar tembaga dan sel darah putih serta merah di tubuh, maka kelebihan zink dapat memengaruhi sistem imun juga. Terlalu banyak zink malah melemahkan sistem imun!

Menurut beberapa penelitian dengan tabung reaksi, kelebihan zink mengurangi fungsi sel T, sejenis sel darah putih. Sekadar informasi, sel T memainkan peran kunci dalam respons kekebalan tubuh dengan mengikat dan menghancurkan patogen. Bagaimana dengan penelitian manusia?

Ternyata, untuk manusia, hasilnya bisa berbeda-beda. Menurut penelitian pada 1980-an, mengonsumsi 110-150 mg zink dapat menunjukkan dua hasil pada orang dewasa, yaitu sistem imun yang meningkat atau malah melemah!

Bila ingin mengonsumsi suplemen zink untuk meningkatkan kekebalan tubuh, konsultasikan dulu dengan dokter.

Terapi khelasi dan susu untuk menurunkan kadar zink berlebih dalam tubuh

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamihswstatic.com

Jika kamu memang merasakan gejala-gejala di atas setelah mengonsumsi zink, segeralah konsultasi ke dokter. Gejala overdosis bisa beragam, bisa ringan tapi bisa juga membahayakan nyawa.

Ada dua cara umum untuk menangani kelebihan zink dalam tubuh.

Pertama, dengan terapi khelasi. Melalui infus (IV), dokter akan memberikan obat khelasi untuk mengikat zink. Bukan ke sel, zink yang berlebih tersebut akan ikut keluar dari tubuh melalui urine.

Kedua, jika overdosis zink tidak terlalu parah, biasanya pasien akan direkomendasikan untuk minum susu. Sama halnya dengan terapi khelasi, susu mengandung fosfor dan kalsium untuk mengikat zink, serta mencegahnya terserap tubuh untuk dikeluarkan bersama urine.

Kebanyakan Zink, Ini 7 Gejala yang Bisa Kamu Alamimindd.org

Itulah gejala-gejala yang bisa kamu alami bisa sampai kelebihan atau overdosis zink. Bila mengalaminya, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Apabila ingin mengonsumsi zink dalam bentuk suplemen, konsultasikan dulu ke dokter untuk mencegah efek samping yang merugikan tubuh.

Baca Juga: Dongkrak Imun Tubuh, 5 Jenis Makanan yang Tinggi Kadar Zink

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya