Comscore Tracker

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!

Jangan lupa bersihkan karang gigimu!

Berkali-kali, kita memang perlu diingatkan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Gigi adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Bukan hanya penghias wajah alami, gigi juga adalah indikator penting tubuh. Jika kualitas gigi dan rongga mulut buruk, begitu pula kualitas kehidupanmu.

Salah satu pencegahan kerusakan gigi adalah dengan scaling. Scaling adalah prosedur nonoperasi yang dilakukan oleh dokter gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi. Terdapat dua metode scaling: menggunakan kuret dan gelombang ultrasonik.

Kesadaran masyarakat akan prosedur pembersihan gigi ini tergolong masih kurang. Padahal, ada banyak manfaat scaling gigi, lo!

1. Gusi menjadi lebih sehat

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!ilustrasi gusi yang sehat (webmd.com)

Selain sikat gigi dan flossingscaling adalah prosedur penting jika kamu ingin gusi tetap sehat. Saat mengikis plak dan karang gigi di bawah garis gusi, kamu telah menyelamatkan gusi dan tubuhmu dari penyakit berbahaya.

Namun, ingat satu hal. Setelah scaling, kamu juga tetap harus merawat gigi dan gusi dengan baik. Biasanya, setelah menjalani scaling, dokter gigi akan menyarankan pemakaian pasta gigi pembersih karang.

Pasta gigi pembersih karang mengandung bahan abrasif rendah dan surfaktan untuk mengikis plak dan karang dari permukaan gigi.

Ingat, bukan sembarang pasta gigi!

2. Rongga mulut yang sehat berarti tubuh yang sehat pula

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!ilustrasi prosedur scaling gigi (advancedperio.org)

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, kesehatan gigi dan mulut penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kenapa? Mulut adalah gerbang bagi bakteri jahat untuk menginfiltrasi tubuh.

Dengan scaling, kamu mencegah pembentukan karang gigi dan plak yang menjadi "rumah" bagi para bakteri jahat yang menunggu lubang pada gigimu.

Jika gigimu tidak terjaga dan berlubang, bakteri tersebut dapat menyusup ke aliran pembuluh darah dan menyebarkan penyakit ke bagian tubuh yang lain.

Menurut penelitian tahun 2018 oleh Harvard Medical School, walaupun terbukti rendah, kurangnya kesehatan gigi memaparkan seseorang pada bahaya demensia, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih besar!

Selain gigi, kesehatan gusi juga sama pentingnya. Penyakit gusi (periodontitis) dapat merusak pembuluh darah dan memperparah penyakit pada tubuhmu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa ke Dokter, Ini 6 Solusi Ampuhnya!

3. Warna gigi menjadi lebih cerah

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!ilustrasi scaling gigi (unsplash.com/Caroline LM)

Scaling gigi juga punya manfaat dari segi estetika, karena prosedur pembersihan ini akan membuat gigi tampak lebih cerah.

Jika gigi terlihat kuning, itu berarti terdapat plak dan karang gigi yang menumpuk. Hal ini lumrah terjadi seiring usia bertambah, apalagi jika kamu gemar minum minuman seperti teh dan kopi, serta merokok.

Dengan scaling, kamu dapat melihat sendiri before dan after-nya. Senyummu akan lebih cerah!

Namun, ingat! Kurangi konsumsi minuman manis dan lebih baik tidak merokok.

4. Napas lebih segar

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!ilustrasi gigi bersih dan sehat setelah prosedur scaling gigi (cciweb.org)

Selain gigi yang menawan, scaling juga dapat membuat napas menjadi lebih segar. Ini juga karena pengikisan plak dan karang gigi.

Sedikit penjelasan mengenai karang gigi, plak, dan bau mulut. Kebiasaan malas menggosok gigi dan flossing dapat menyebabkan penumpukan plak dan karang di permukaan gigi akibat sisa-sisa makanan yang mengeras. Nah, inilah rumah bagi bakteri jahat di mulut. Bakteri-bakteri ini bukan hanya membuatmu sakit, tetapi napas jadi berbau tidak sedap.

Karena scaling hanya sementara mengikis menyegarkan napasmu, ingatlah untuk selalu merawat gigi dengan menggosok gigi dan flossing. Itu harus kamu lakukan rutin.

5. Prosedur pencegahan kerusakan gigi yang murah

5 Manfaat Scaling Gigi, Gak Perlu Takut!ilustrasi membersihkan plak dan karang gigi oleh dokter gigi (teethr4life.com

Manfaat terakhir adalah kamu menghemat isi dompet. Dengan membersihkan karang dan plak gigi, kamu telah menyelamatkan baik dirimu dan dompetmu dari kemalangan yang lebih besar.

Tidak merasakan apa-apa bukan berarti tidak ada masalah. Malah, jika kamu merasakan sakit pada gigimu, ada kemungkinan masalahnya sudah parah dan membuat gigi harus dicabut.

Sebagai contoh, salah satu dampak periodontitis adalah gigi rontok. Akibatnya, kamu harus menggelontorkan dana lebih untuk melakukan implan yang, tentu saja, jauh lebih mahal dari scaling.

Itulah berbagai manfaat scaling gigi untuk kesehatan gigi dan mulut serta tubuh secara keseluruhan. Sekali lagi, scaling hanyalah prosedur pembersihan gigi sementara. Setelahnya, adalah pilihanmu untuk menjaga atau mengabaikan kondisi gigimu.

Baca Juga: Jangan Sampai Numpuk, Ini 7 Penyebab Karang Gigi yang Biasa Diremehkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya