Comscore Tracker

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!

Selalu jaga kesehatan ya!

Mungkin kamu pernah merasakan sejumlah penyakit yang umum diderita banyak orang, misalnya flu. Terkadang sakit tersebut bikin kamu jadi gak maksimal dalam menjalani aktivitas harianmu. Alhasil, kamu harus absen atau mengambil jeda sejenak dari rutinitas dan memilih istirahat agar kondisimu kembali pulih. 

Ada sejumlah hal yang membuat seseorang mudah terserang penyakit, di antara faktor kelelahan serta mengonsumsi makanan yang tidak memberi nutrisi yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa jenis penyakit umum yang bisa bikin hari-harimu jadi gak maksimal. Yuk mulai jaga kesehatan.

1. Sakit kepala

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!Pixabay.com /geralt

Rasanya hampir sebagian besar orang kerap merasakan sakit kepala. Ada banyak pemicu sakit kepala di antaranya karena terpapar polusi udara seperti asap rokok, atau karena kelelahan. Tak hanya itu, sakit kepala juga disebabkan oleh pola makan yang keliru, yakni mengonsumsi makanan dengan tambahan penyedap rasa secara berlebihan.

2. Diare

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!Pixabay.com/derneuemann

Salah satu penyakit yang umum diderita oleh banyak orang adalah diare. Penyakit ini dapat mengganggu aktivitasmu, apalagi jika kamu diare di hari kerja sehingga kamu sulit untuk bisa maksimal menyelesaikan rutinitas.Diare biasanya disebabkan oleh keracunan makanan, atau infeksi di dalam perut lantaran masuknya sejumlah bakteri yang dapat membuat diare datang menyerang.

Kalau sudah diare, biasanya perut akan terasa mulas dan tinja atau kotoran yang kamu keluarkan berbentuk encer, bahkan bisa sampai berdarah. Adapun salah satu upaya pencegahan diare yakni dengan mengonsumsi cairan elektrolit yang berperan mengganti cairan di tubuh yang hilang ketika diare datang.

3. Radang tenggorokan

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/Rex Pickar

Penyakit ini juga kerap menyerang siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya radang tenggorokan terjadi karena terlalu sering mengonsumsi makanan berbasis minyak atau makan makanan yang pedas secara berlebihan. Tak hanya itu, radang tenggorokan atau panas dalam juga disebabkan oleh udara yang pengap dan juga panas, sehingga membuat tenggorokan menjadi gatal juga terasa kasar. Adapun radang tenggorokan biasanya terjadi sebagai dampak dari virus yang menyebabkan seseorang mengalami flu.

Baca Juga: 6 Manfaat Lemak bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Selalu Dihindari!

4. Cantengan

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/ Clem Onojeghuo

Cantengan merupakan sakit berupa bengkak pada kuku jari. Penyakit ini sering menimpa sejumlah orang. Biasanya terjadi karena tidak hati-hati dalam membersihkan kuku jari. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki. Ada beberapa penyebabnya seperti tidak bersih dalam menjaga kebersihan kaki, atau terjadi kesalahan dalam memotong kuku pada jempol kaki sehingga terjadi pembengkakan pada kuku. Tak hanya sampai di situ, cantengan di jempol kaki juga bisa terjadi karena terlalu sempit memakai sepatu sehingga jempol terjepit.

Untuk bisa sembuh dari cantengan ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan seperti merendam kaki ke dalam air hangat selama beberapa menit. Kamu juga bisa mengoleskan salep antibiotik pada jempol kaki yang mengalami cantengan.

5. Flu

5 Jenis Penyakit Ini Bikin Hari-harimu Gak Maksimal, Jangan Sepelekan!Unsplash.com/ Brittany Colette

Flu adalah jenis penyakit yang mudah menyerang siapa pun dan dapat menular dengan cepat kepada orang lain. Flu atau pilek terjadi karena adanya infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan serta paru-paru. Saat kamu flu, tentu akan terasa sulit untuk bernapas, apalagi ketika posisi sedang berbaring. Meski penyakit ini sering dialami banyak orang, namun flu dapat membuat hari-harimu menjadi tidak maksimal.

Adapun jika sudah mengalami flu, seseorang akan mudah terserang sakit kepala hingga panas dalam. Untuk bisa bebas dari flu, tentu ada banyak upaya yang harus kamu lakukan. Misalnya dengan menjaga kebersihan hidung dan memperbanyak istirahat. Kamu bisa menggunakan masker saat beraktivitas sebagai upaya untuk menjaga diri dari paparan debu serta mencegah flu menular kepada orang lain.

Itulah beberapa jenis penyakit yang dapat membuat hari-harimu jadi gak maksimal. Jangan lupa olahraga dan juga mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan agar tubuhmu bisa tetap prima setiap harinya.

Baca Juga: 7 Makhluk Mitos Ini Terinspirasi dari Penyakit dan Gangguan Kesehatan

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You