Comscore Tracker

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19

Apakah kamu sudah melakukan langkah-langkah ini?

Kini, pandemi COVID-19 menjadi pembahasan yang kita dengar setiap harinya. Negara-negara di seluruh dunia sedang memerangi virus ini bersama, tetapi COVID-19 masih melanjutkan penyebarannya dan kita sudah dihimbau untuk mengikuti berbagai macam protokol kesehatan.

Tetapi, kunci untuk memerangi COVID-19 bukan hanya dengan social distancing dan menggunakan masker. Kita juga harus bisa menjaga barang-barang belanjaan kita dan permukaan-permukaan yang kita sentuh. Mengapa? Karena virus ini dapat hidup di atas permukaan dari beberapa jam hingga berhari-hari.

Jika kamu menyentuh permukaan itu kemudian menyentuh mulut, mata, atau daerah muka, maka kamu bisa saja tertular COVID-19. Karena itu, kita harus memerhatikan permukaan-permukaan yang kita sentuh, terutama jika kita berbelanja barang dari luar rumah.

Untuk mencegah penularan COVID-19, kamu wajib mengetahui lima cara membersihkan barang-barang belanjaanmu ini!

1. Selalu semprot disinfektan di permukaan luar barang atau belanjaan

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19Rawpixel.com/roungroat

Jika kamu tidak bisa mencuci barang-barangmu, selalu semprotkan disinfektan ke permukaan luarnya dulu.

Disinfektan dapat digunakan untuk membunuh virus yang mungkin hidup di atas permukaan itu. Kamu bisa menyemprotnya kemudian menunggu dulu sebelum kamu membersihkannya dengan lap atau tisu basah. 

Ketika menggunakan disinfektan, berhati-hatilah untuk tidak menghirup cairan itu. Jangan lupa untuk mencuci tanganmu juga setelah menggunakan disinfektan. 

2. Jika memungkinkan, lebih baik untuk mencuci barang-barangmu terlebih dahulu

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19Rawpixel.com/Chanikarn Thongsupa

Menurut WHO, permukaan-permukaan seharusnya dibersihkan dengan air dan sabun dulu sebelum disemprot dengan disinfektan. Jadi, jika barangmu dapat dicuci seperti plastik dan kaca, maka lebih baik untuk mencuci barangmu terlebih dahulu.

Ketika mencuci, pastikan bahwa kamu telah membersihkan barangmu dengan rata dan tidak melewatkan sela-sela kecil. Setelah kamu mencucinya, kamu bisa mendisinfektannya agar lebih aman dan kemudian membiarkannya sebentar.

Setelah kamu membersihkan barang-barangmu, kamu bisa mencuci tanganmu lagi untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: 5 Tip Berangkat Kerja Aman dari COVID-19 saat New Normal

3. Diamkan barang-barang yang tidak bisa dicuci atau disemprot selama beberapa waktu

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19Pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu mau membersihkan permukaan-permukaan seperti kertas, kamu bisa membiarkannya saja dan tidak menyentuhnya selama beberapa waktu.

Karena permukaan-permukaan seperti itu tidak bisa dibasahi, kamu bisa menaruhnya di suatu tempat dan membiarkannya selama beberapa jam atau beberapa hari. Lama waktunya tergantung dengan bahan dari barang itu dan setiap barang memerlukan waktu yang berbeda.

Menurut Healthline, ini adalah jangka hidup virus COVID-19 di atas permukaan-permukaan berbeda:

  • Plastik: 3-7 hari
  • Stainless Steel: 3-7 hari
  • Tembaga: 4 jam
  • Kertas: 4 hari
  • Kaca: 4 hari
  • Kardus: 24 jam
  • Kayu: 2 hari

Tetapi, jangka hidup virus ini juga bisa dipengaruhi oleh kondisi-kondisi lain seperti temperatur dan kelembapan. Jadi, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan membiarkan barang itu lebih lama. Jika bisa, usahakan untuk mencucinya atau menyemprotnya terlebih dahulu sebelum membiarkannya.

4. Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika menerima paket atau barang dari luar

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19Pexels.com/Gustavo Fring

Di masa-masa seperti ini, mungkin ada beberapa dari kita yang sudah bergantung pada online shop untuk berbelanja. Walaupun kita tidak keluar dari rumah dan bertemu dengan orang-orang lain, tidak ada salahnya kita tetap berjaga-jaga ketika menerima barang dari luar.

Sebelum kamu membuka paket, kamu bisa menyemprotnya dengan disinfektan dulu. Jadi, kamu bisa meminta tolong kurirnya untuk menaruh paket itu di depan rumah saja sehingga kamu tidak perlu menyentuhnya. Setelah itu, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu sebelum membawa barang itu masuk.

Ketika kamu sudah menyemprotnya dengan disinfektan, kamu bisa membuka barang itu di luar rumah, membuang pengepakannya, dan menyemprot dalamnya dengan disinfektan atau mencucinya jika memungkinkan. 

Setelah melakukan langkah-langkah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyentuh hal-hal yang lain. Jangan lupa juga untuk mencuci gunting atau pisau yang kamu gunakan untuk membuka paket itu.

5. Cara menjaga makanan luar dari COVID-19

Wajib Diketahui, Ini 5 Cara Membersihkan Belanjaanmu dari COVID-19Pexels.com/Buenosia Carol

Walaupun menurut WHO kini belum ada bukti bahwa COVID-19 bisa menyebar lewat makanan, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. 

Pertama, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu packaging makanan yang kamu beli dari luar. Karena isinya adalah makanan, hindari menyemprotnya dengan disinfektan agar makanan itu aman. Kamu bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan pengepakannya atau mencucinya jika memungkinkan. Kemudian, jika makanan itu bisa dipanaskan, maka lebih baik untuk memanaskannya terlebih dahulu. Jika kamu membeli buah-buahan, kamu juga bisa mencucinya dengan sabun khusus pencuci buah dan sayur.

Itulah lima cara membersihkan belanjaanmu dari COVID-19 yang wajib kamu ketahui dan ingat. Walaupun ini bukan menjadi media penyebaran utama virus ini, tidak ada salahnya kita berhati-hati dan menerapkan protokol-protokol kesehatan agar kita bisa memerangi virus ini bersama.

Baca Juga: 7 Hal Menyedihkan yang Dialami Mahasiswa Selama Pandemik COVID-19

Angie Hosea Photo Verified Writer Angie Hosea

Hi, I'm Angie! I'm a passionate writer who is currently living in Surabaya, Indonesia. For any inquiries, please contact me through⁣ my E-mail: angiehoseaaa@gmail.com⁣ and LinkedIn: www.linkedin.com/in/angiehosea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya