Comscore Tracker

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi Kesehatan

Siapa yang suka telur rebus, nih?

Salah satu sumber protein yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah telur. Ada beragam cara mengolah telur untuk dijadikan sebagai lauk pauk, salah satunya adalah dengan merebus telur.

Telur rebus tidak semata baik dikonsumsi karena mengandung protein saja, lho melainkan juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita. Penasan apa saja manfaatnya? Ini dia 5 manfaat mengonsumsi telur rebus bagi kesehatan berikut ini.

1. Meredakan stress

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi KesehatanSalah satu contoh olahan telur (Unsplash.com/Vaishnav Chogale)

Berdasarkan pada sebuah penelitian  Proceedings of the National Academy of Sciences pada tahun 2004 disebutkan bahwa telur rebus mengandung lisin yang mampu untuk mengurangi stress dan juga gangguan anxiety seperti gangguan kecemasan.

Selain itu telur rebus juga mengandung triptofan, sebuah asam amino yang membantu menciptakan serontonin. Serontonin memiliki fungsi untuk mengurangi kecemasan. Oleh karenanya mengonsumsi sebutir telur rebus dapat membantu mengurangi stress dalam dirimu.

2. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi KesehatanSalah satu contoh olahan telur (Unsplash.com/Anton Nikolov)

Kuning telur mengandung lutein, zeaxanthin, zinc dan juga vitamin A. Berdasarkan laman healthline.com disebutkan jika telur rebus sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan mata kita karena mengandung beragam zat vital yang diperlukan bagi mata.

3. Menurunkan resiko penyakit jantung

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi KesehatanSalah satu contoh olahan telur (Pexels.com/Trang Doan)

Meski terkenal mengandung kolesterol namun, mengonsumsi telur rebus justru malah menurunkan resiko serangan jantung, kok. Hal ini selaras dengan penelitian dari National Institute of Health yang melakukan uji coba terhadap 100.00 orang dewasa yang sehat. Hasil uji coba tersebut menunjukkan jika mengonsumsi tujuh telur rebus setiap minggu justru malah akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 10 Makanan Enak yang Bisa Membuat Kulit Lebih Sehat dan Cerah

4. Membantu menurunkan berat badan

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi KesehatanSalah satu contoh olahan telur (Pexels.com/Krisztina Papp)

Menutip dari laman verywellfit.com (https://www.verywellfit.com/is-the-egg-diet-healthy-4157909) telur mengandung beragam nutrisi seperti lutein, vitamin D, protein, kolin dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi telur rebus akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan terkendali. Tak hanya itu saja mengonsumsi telur rebus juga dapat membakar sisa-sisa kalori dalama tubuh sehingga berpotensi besar untuk membantu menurunkan berat badanmu.

5. Menjaga kesehatan otak

5 Manfaat Konsumsi Telur Rebus Bagi KesehatanSalah satu contoh olahan telur (Pexels.com/Foodie Factor)

Dalam sebuah telur mengandung sebuah zat bernama kolin. Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition yang telah melakukan penelitian terhadap kurang lebih 1.400 orang baik pria dan wanita dimana mereka mengonsumsi makanan yang mengandung kolin maka memiliki kinerja otak yang lebih baik.  Selain itu telur rebus juga dapat membantu meningkatkan kosentrasi.

Itulah, 5 manfaat mengonsumsi telur rebus bagi kesehatan. Kamu bisa mengonsumsi telur rebus ini di pagi hari ketika kamu sarapan.

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Mengonsumsi Makanan Sehat dengan Lebih Hemat 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya