Comscore Tracker

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Mengganggu

Bagi yang susah tidur, cobalah cara ini

Memiliki penyakit sakit pinggang tentunya bukanlah hal mudah. Apalagi saat akan beristirahat dan rebahan di kasur. Tak jarang, sakit pinggang membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Karena sulit untuk bergerak ke kiri maupun ke kanan.

Dari berbagai referensi dan penelitian para ahli medis, ternyata terdapat beberapa posisi tidur bagi penderita sakit pinggang. Bahkan, lima posisi tidur ini dianggap bisa mengurangi rasa sakit yang mendera dan tentunya membuat nyenyak tidur.

1. Posisi terlentang adalah yang pertama harus dicoba

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Mengganggukroc.com

Posisi ini tentunya bukanlah posisi yang asing bagi hampir semua orang. Ternyata, bagi penderita sakit pinggang, posisi terlentang adalah rekomendasi pertama yang patut dicoba.

Pasalnya, saat telentang, posisi tulang belakang akan dalam keadaan lurus dan akan sesuai dengan anatomi tubuh manusia. Apabila terus dilakukan, tak hanya terhindar dari nyeri punggung, namun juga nyeri leher.

2. Coba ikutilah gaya janin

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Menggangguportaldaily.net

Tidur seperti halnya merupakan posisi yang baik bagi penderita sakit pinggang. Posisi fetus ini disebut banyak dokter selain nyaman, mampu mengurangi nyeri otot di pinggang. Di samping itu, dari berbagai penelitian, posisi ini dapat membantu orang-orang yang mengalami cedera hernia tulang belakang.

3. Telentang dengan penyangga di lutut

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Menggangguosankasovet.ru

Posisi tidur dengan penyangga di bawah lutut ternyata dapat meminimalkan titik-titik tekanan lho. Posisi ini memberikan berat secara menyeluruh permukaan tubuh. Serta bisa memastikan penyelarasan kepala hingga tulang belakang dengan baik. Untuk melakukan tidur ini, cobalah posisikan bantal untuk menyangga kepala dan leher. 

Baca Juga: 7 Penyebab Tidur Sambil Berjalan, Kamu Mungkin Tak Sadar Mengalaminya

4. Posisi miring dan letakkan bantal di antara lutut

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Menggangguplaybuzz.com

Selama ini tidur miring adalah posisi yang banyak digemari orang. Sayangnya, tidak banyak orang tahu kalau posisi ini kurang baik bagi tulang belakang. Sehingga tak jarang membuat punggung bagian bawah menjadi menegang.

Namun, ada cara agar tidur dengan posisi ini baik dilakukan. Yaitu dengan meletakkan bantal di antara kedua lutut, tujuannya untuk mengembalikan keselarasan alami dari pinggul, tulang belakang dan panggul. 

5. Terakhir cobalah untuk tengkurap

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Pinggang yang Menggangguestrending.com

Posisi ini sebenarnya kurang diminati oleh banyak orang. Berbeda dengan posisi telentang hingga meringkuk seperti janin. Tapi jangan salah, posisi ini nyatanya baik untuk mencegah sakit pinggang.

Tapi untuk mencoba cara ini, disarankan agar menggunakan bantal yang lebih tipis. Atau jangan menggunakan bantal besar untuk penyangga kepala. Juga cobalah menempatkan bantal di bawah perut, supaya meminimalkan ekstensi bagian tulang belakang. 

Nah, sekarang tentunya kalian sudah tahu posisi-posisi apa saja yang patut dicoba saat sakit pinggang. Jadi, ketika kalian merasakannya dan sulit untuk tidur, lima cara di atas bisa menjadi obatnya. Selamat mencoba ya.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Tidur di Alam Terbuka

Ari Putra Utama Photo Community Writer Ari Putra Utama

Perjalanan hidup tak pernah mundur ke belakang. Biarkan masa lalu terus melambai.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You