Comscore Tracker

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehat

Makan lezat emang menggoda, tapi tetap jaga kesehatan ya! 

Setiap orang tentunya memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Dalam tubuh, kolesterol diperlukan untuk membentuk sel-sel tubuh, memproduksi hormon, juga menghasilkan vitamin D. Kolesterol terbentuk dalam organ hati, tetapi juga bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti daging, susu dan yang lainnya.

Secara umum kolesterol terbagi menjadi dua, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi dan mengakibatkan beberapa penyakit seperti jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. Nah, berikut adalah 5 buah yang bantu turunkan kadar kolesterolmu secara alami!  

1. Apel

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehatpexels/pixabay

Kandungan pektin dalam buah apel dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus akan diserap oleh pektin, yang selanjutnya akan dibawa keluar tubuh melalui urin dan feses. Selain itu apel juga mengandung vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kalian, utamanya jantung kalian. Hm, selain enak bermanfaat banget ya!  

2. Alpukat

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehatpexels/Lisa Fotios

Kandungan lemah tak jenuh tunggal pada alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kalian. Kandungan lemak tak jenih ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu, alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang mampu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan yang kalian konsumsi. Alpukat kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker dan penyakit jantung pada tubuh kalian. 

3. Jeruk nipis

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehatpexels/icon0.com

Salah satu buah yang dapat menurunkan kolesterol adalah jeruk nipis. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam jeruk nipis berfungsi sebagai anti-oksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu jeruk juga kaya akan vitamin yang dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung pada tubuh kalian. Cara mengonsumsi jeruk nipis sebagai penurun kolesterol cukup mudah, peras jeruk nipis pada air hangat dan minum sebelum dan setelah bangun tidur. Wah banyak ya manfaatnya!

Baca Juga: 10 Makanan Sehat untuk Menambah Berat Badan Secara Cepat dan Alami

4. Pepaya

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehatorganicfacts.net

Salah satu buah yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol adalah pepaya. Di dalam pepaya terkandung anti-oksidan yang seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Saat terjadi oksidasi, kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah yang dapat membentuk plak dan menutupi pembuluh darah. Nah, peran Vitamin E dan C yang terkandung pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah. Yuk makan pepaya! 

5. Stroberi

5 Buah Ini Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol, Bikin Tubuh Sehatpexels/pixabaya

Stroberi merupakan buah yang kaya akan pektin, sebuah serat larut air yang dapat mengikat kolesterol pada usus halus dan mengubahnya menjadi kolesterol baik HDL. Stroberi juga dikenal baik sebagai anti-oksidan dalam tubuh. Manfaat stroberi yang lain yaitu dapat melindungi tubuh dari radiasi Ultra Violet, serta dapat mengurangi kerusakan lambung dan menyehatkan sel darah merah. Wah selain enak, banyak ya manfaatnya! 

Nah itulah, 5 buah yang dapat membantu kalian menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh secara alami. Yuk konsumsi, supaya tubuh tetap sehat dan bugar! 

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Anti Ruwet

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya