Comscore Tracker

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomnia

Tidur berkualitas itu baik bagi kesehatan

Salah satu hal yang paling diinginkan setelah menjalankan rutinitas harian adalah tidur. Tak hanya bisa mengembalikan energi yang habis seharian, tidur berkualitas juga memiliki manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga kalian, lho. Kurangnya waktu tidur diduga dapat meningkatkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit, seperti ginjal, jantung, stroke, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes.

Akan tetapi, tak sedikit orang yang mengalami insomnia di kala malam. Insomnia sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor.  Tak sedikit orang yang membutuhkan bantuan untuk dapat tidur nyenyak setiap malam. Nah, salah satunya dengan menggunakan essential oil. Berikut adalah 6 jenis essential oil yang dapat membantu mengatasi insomnia. Yuk simak!

1. Lavender

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomniagetnaturalessentialoils.com

Essential oil lavender ini memiliki aroma yang manis, segar, dan khas bunga lavender yang disukai. Tanaman lavender sendiri merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan, perawatan kulit, kebersihan, maupun relaksasi. Ekstrak lavender sendiri dapat membantu untuk memberikan ketenangan bagi tubuh serta pikiran. 

Beberapa penelitian yang telah dilakukan juga menyebutkan bahwa minyak lavender dapat membantu untuk mengatasi penyakit susah tidur atau dikenal dengan insomnia. Untuk penggunaannya, kalian bisa mengaplikasikan minyak ini sebagai sampo, kondisioner, maupun minyak tubuh. 

2. Chamomile

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomniadrweil.com

Tak hanya sering dijumpai sebagai kandungan beberapa produk skincare, Chamomile juga memiliki manfaat beragam. Essential oil chamomile sendiri memiliki aroma khas spa, antara campuran bunga dengan rempah-rempah. 

Tak hanya ampuh ampuh untuk mengatasi alergi, aroma chamoile ini memberikan efek yang menenangkan. Aroma ini sangat membantu untuk mengatasi insomnia serta gangguan syaraf.  

Untuk penggunaannya, kalian bisa membalurkan pada tubuh atau meletakkannya pada difuser. 

3. Langon kleri

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomniaindiamart.com

Langon kleri merupakan salah satu jenis tanaman yang sering kali dijadikan sebagai rempah masakan. Bunga langon kleri sendri memiliki aroma manis yang menenangkan. 

Essential oil dari langon kleri ini memiliki berbagai manfaat yang beragam. Tak hanya baik untuk hormonal wanita, essential oil ini juga bisa membantu meredakan insomnia. Langon kleri akan memberikan wangi alami yang dapat menenangkan, sehingga kita bisa dapatkan tidur yang berkualitas.  

Baca Juga: 5 Penyebab Insomnia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Selama Ini

4. Sandalwood

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomnianaturalfoodseries.com

Minyak cendana merupakan bahan yang tak asing dalam pembuatan pewangi atau parfum. Tak hanya memiliki aroma yang menyenangkan, aroma klasik yang dihasilkan oleh minyak cendana juga dapat meningkatkan kondisi fisik atau mental. Aroma inilah yang membuat essential oil ini mampu untuk mengatasi insomnia. 

Untuk pengaplikasiannya, dapat dioleskan secara langsung ke kulit, atau dituangkan dalam difuser. 

5. Sweet majoram

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomniamadewithoils.com

Tanaman majoram merupakan tumbuhan rempah-rempah yang tidak hanya tubuh di Mediterania, melainkan juga daerah Asia. Tak hanya digunakan untuk bahan pembuatan permen, minyak dari ekstrak majoram juga memiliki beragam manfaat. 

Manfaat-manfaat majoram seperti dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan, obat pencahar dan juga obat penenang. Majoram memiliki aroma yang menenangkan dan dapat digunakan untuk relaksasi. Sehingga majoram dapat digunakan sebagai aroma terapi untuk mengatasi insomnia. 

6. Mawar

6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomniaexportersindia.com

Siapa yang tak mengenal bunga mawar? Bunga yang memiliki warna yang memikat ini juga kaya akan manfaat, seperti untuk kecantikan kulit. 

Ternyata tak hanya baik untuk kecantikan, minyak hasil dari penyulingan mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi depresi dan gangguan kecemasan. Sehingga dengan menggunakan aroma minyak mawar, kalian akan mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Nah itulah 6 jenis essential oil yang dapat membantu mengatasi insomnia. Yuk, coba dan buktikan. Tidur berkualitas itu penting, lho! 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Atasi Insomnia Kamu, Tidur Jadi Nyenyak

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You