Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujan

Ada tips juga untuk mencegahnya juga, lho! 

Di berbagai daerah, musim penghujan sudah mulai tiba. Tak jarang berbagai masalah kesehatan senantiasa menghampiri, seperti kondisi cuaca yang tak menentu serta banjir kerap hadir di musim penghujan. Masalah-masalah ini tentunya bisa mengganggu kesehatan, seperti pencernaan, demam, maupun kesehatan kulit.

Di musim hujan, masalah kesehatan kulit perlu diwaspadai. Genangan air serta kondisi lingkungan yang lembap membuat bakteri penyebab masalah kulit menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembang.

Nah, berikut adalah lima jenis penyakit kulit yang perlu diwaspadai di musim penghujan. Yuk, simak! 

1. Jerawat

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujanverywellhealth.com

Jerawat adalah salah satu jenis masalah kulit yang sering muncul. Tak hanya menyerang wanita, jerawat juga kerap muncul pada pria.

Memiliki jerawat di wajah akan dapat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri yang kamu miliki. Tidak hanya muncul di musim kemarau, jerawat juga bisa muncul di musim hujan. Hal ini karena kulit mengalami kekurangan cairan (dehidrasi) sehingga memicu munculnya jerawat. Bahkan terkadang jerawat juga muncul pada daerah di bawah dagu.

Untuk itu, cuci muka serta banyak minum air putih perlu ditingkatkan untuk mencegah hadirnya jerawat. 

2. Kudis

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujansrmarticles.com

Penyakit kulit lain yang perlu diwaspadai di musim hujan adalah kudis. Kudis merupakan sejenis infeksi kulit yang disebabkan oleh parasit Sarcoptes scabiei. Kudis akan membuat rasa gatal dan ruam pada kulit serta bisa meninggalkan bekas garukan.

Penyakit kudis ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Musim hujan membuat daerah akan menjadi lembap, inilah kondisi yang menyebabkan bakteri Sarcoptes scabies berkembang biak.

Untuk pencegahannya, segera ganti pakaian yang basah serta jaga kesehatan. Seperti halnya kutu air, kudis juga dapat menular, lho. 

Baca Juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Penyakit yang Muncul Saat Musim Hujan

3. Eksim

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujannutraingredients-usa.com

Salah satu jenis penyakit kulit yang sering muncul di musim hujan adalah eksim. Eksim merupakan kondisi kulit yang menimbulkan ruam kering, bersisik, dan gatal yang sangat mengganggu.

Tak hanya itu, eksim juga bisa berupa benjolan kecil berisi air yang bisa pecah dan tentunya akan meninggalkan bekas pada kulit. Munculnya eksim di musim hujan dipengaruhi oleh hilangnya kadar air pada kulit sehingga kulit menjadi dehidrasi.

Untuk mencegahnya, kamu dapat dengan selalu membawa pelembap serta perbanyak minum air putih dan tak lupa untuk menjaga kebersihan diri. 

4. Kutu air

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujanmedicalnewstoday.com

Salah satu jenis penyakit kulit yang rentan hadir di musim penghujan adalah kutu air. Hal ini dikarenakan genangan air dari hujan maupun banjir membuat kondisi kaki kita menjadi lebih lembap. Jamur penyebab penyakit kutu air yaitu Dermatophytes tumbuh dan berkembang pada daerah yang hangat dan lembap.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencegahnya dengan cara rajin menjaga kebersihan dan mencuci kaki dulu sebelum menggunakan kaos kaki ataupun sepatu. Oh iya, kutu air juga bisa menular lho. Jadi hati-hati ya! 

5. Biang keringat

Jangan Anggap Remeh, 5 Jenis Penyakit Kulit Ini Muncul di Musim Hujanmedicalnewstoday.com

Biang keringat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang wajib diwaspadai di musim hujan, terlebih bagi pemilik kulit sensitif. Biang keringat mengakibatkan ruam kemerahan pada kulit. Penyebab utama dari biang keringat adalah keringat berlebihan yang menyumbat pori-pori kulit sebagai awal dari iritasi kulit.

Untuk pencegahannya, gunakan pakaian berbahan katun dan mandi secara teratur ya.  

Nah, itulah lima jenis penyakit kulit yang perlu diwaspadai ketika musim hujan tiba. Yuk, senantiasa berhati-hati dan selalu jaga kesehatan ya! 

Baca Juga: Kulit Bersisik dan Berkerak? Ini 5 Fakta Penyakit Kulit Psoriasis!

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya