Comscore Tracker

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!

Segera periksakan ke dokter kalau mengalami tanda-tanda ini

Polusi udara yang marak terjadi baik disebabkan oleh aktivitas pabrik, asap kendaraan, maupun kebakaran hutan, sepatutnya membuat kita lebih memerhatikan kesehatan paru-paru. Kualitas udara yang tak selalu baik bisa berdampak serius pada kesehatan apabila tak ditangani dengan segera.

Beberapa tanda di bawah ini bisa mengindikasi bahwa paru-paru anda sedang dalam kondisi tidak baik lho. Alih-alih mendiamkan, alangkah baiknya untuk segera diperiksakan ke dokter. Yuk kenali tanda-tandanya!

1. Rasa nyeri di bahu, punggung, atau dada

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!Pexels.com/freestocks.org

Meskipun tanda atau gejala ini jarang terjadi, namun nyeri bahu, punggung, bahkan dada bisa mengindikasi awal dari kanker paru-paru, seperti dikutip dalam laman healthline.com. Oleh karena itu, apabila gejala ini terdekteksi lebih awal, tentu akan lebih mudah mendapat perawatan. Apabila nyeri yang dirasakan begitu kuat dan berlangsung lama, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

2. Batuk

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!thesun.co.uk

Batuk memang terlihat sederhana. Namun, yang mesti diketahui adalah batuk punya beberapa jenis, baik itu batuk biasa, batuk sub-akut, dan batuk akut seperti dilansir dalam laman healthline.com. Apabila batuk karena flu bisa, mungkin bukan sebuah masalah besar. Tetapi, kalau kamu sudah merasakan perubahan dalam batukmu, seperti batuk yang tak pernah berhenti dan berlangsung lama, bahkan sampai mengeluarkan darah, maka segeralah mendapat perawatan yang tepat. Jika didiamkan, masalah besar bisa mengintai, seperti kanker paru-paru lho. Mau?

3. Napas pendek

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!verywellhealth.com

Napas pendek bisa banyak disebabkan karena kondisi jantung atau paru-paru yang terganggu, bisa karena asma atau juga alergi. Kondisi seperti ini biasanya dipicu karena lingkungan yang kurang kondusif, dalam arti, tinggal di lingkungan dengan polusi tinggi, dan sanitasi yang kurang baik. Selain itu, kondisi ini juga bisa dipicu karena kurang bergerak atau olahraga. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari tempat-tempat berpolusi dan lebih rutin dalam berolahraga. Jangan lupa segera ke dokter bila kondisi tidak berubah.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Membersihkan Paru-paru, Perokok Atau Bukan Boleh Coba

4. Kulit dan mata berwarna kuning

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!verywellhealth.com

Kulit dan mata yang berubah warna menjadi kuning bisa menjadi indikator terkena kanker paru-paru lho. Kondisi ini dinamakan metastase, dimana kanker menyebar ke organ tubuh lain dalam hal ini hati, sehingga menyebabkan kulit dan mata berubah menjadi kuning pucat, dikutip dari express.co.uk. Jika memilikin tanda ini, jangan menunda waktu untuk ke dokter ya agar bisa mendapat penanganan terbaik.

5. Selalu merasa lelah

5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!Unsplash.com/Adrian Swancar

Faktor kelelahan bisa menjadi indikasi ada yang gak beres dengan tubuh. Bukan saja pada paru-paru, namun bisa juga organ-organ tubuh lainnya. Jika tubuh mudah terasa lelah, kurang nafsu makan, dan tanda-tanda seperti pada poin satu hingga empat menyertai, bisa jadi itu menjurus pada kanker paru-paru, seperti terang laman cancer.org. 

Nah, itulah beberapa tanda yang mengindikasi paru-parumu sedang dalam kondisi tidak baik. Jangan didiamkan kalau punya tanda-tanda di atas ya. Segera periksakan ke dokter ahli demi mendapat penangan yang tepat. 

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Membersihkan Paru-paru, Perokok Atau Bukan Boleh Coba

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya