Comscore Tracker

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal Musim

Apa karena gaya hidup yang semakin dibatasi?

Antioksidan adalah senyawa penangkal radikal bebas yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Antioksidan sedang mengalami momen di dunia kesehatan dan nutrisi. Dari dijuluki sebagai anti-penuaan hingga menjadi obat kesuburan, tak heran jika makanan kaya antioksidan diberi label sebagai makanan super pada kemasannya.

Tapi apa sebenarnya yang dilakukan antioksidan di dalam tubuh? Dan apa itu antioksidan?

1. Apa itu radikal bebas?

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal MusimIlustrasi kuman dan anak-anak (home-school.lovetoknow.com)

Untuk memahami apa itu antioksidan, pertama-tama dan utama perlu mengetahui apa itu radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat menyerang sel-sel penting dalam tubuh, mengakibatkan kerusakan, atau stres oksidatif. Kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi seperti:

  • Kanker tertentu
  • Empisema
  • Asma
  • Hipertensi
  • Aterosklerosis
  • Radang sendi
  • Penyakit alzheimer
  • Sirosis
  • Katarak

Radikal bebas dapat berasal dari sumber eksternal seperti merokok, makan gorengan, atau terpapar polutan yang ditemukan di tempat-tempat seperti udara atau air. Radikal bebas mungkin juga muncul secara alami selama proses tubuh normal seperti olahraga. Sedikit stres oksidatif adalah alami dan diperlukan untuk beberapa proses tubuh. Kuncinya adalah tidak terlalu banyak mengalami stres oksidatif, dan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengonsumsi antioksidan yang cukup.

2. Lalu, apa itu antioksidan dan bagaimana cara kerjanya?

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal Musimilustrasi kanker (cancercenter.com)

Antioksidan adalah molekul dan vitamin yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas ini. Antioksidan melakukan ini dengan bereaksi dengan radikal bebas, yang mencegah radikal bebas bereaksi dengan molekul dan sel bermanfaat lainnya.

Contoh antioksidan antara lain:

  • Antosianin
  • Astaxanthin
  • Beta karoten
  • Katekin
  • Asam ellagic
  • Polifenol
  • Quebecol
  • Selenium
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Seng

3. Apa manfaat antioksidan bagi tubuh?

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal Musimilustrasi kardiovaskular (emedicinehealth.com)

Antioksidan dapat memerangi efek stres oksidatif, dan dengan demikian risiko mengembangkan kondisi yang disebutkan di atas.

Studi skala besar di Australian and New Zealand Journal of Ophthalmology telah menunjukkan bahwa antioksidan seperti vitamin C dan E, beta-karoten, selenium dan seng dapat secara signifikan mempengaruhi tingkat beberapa penyakit utama seperti penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

Ada banyak antioksidan yang ada, dan antioksidan tertentu memainkan peran khusus dalam tubuh. Selain itu, banyak antioksidan yang ditemukan secara alami dalam makanan bekerja sama untuk memiliki efek dalam tubuh. Misalnya, vitamin E dan selenium bekerja sama untuk menghilangkan komponen yang sangat beracun dalam tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Kesehatan Saffron, Tinggi Antioksidan untuk Cegah Kanker

4. Apa saja sumber antioksidan?

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal Musimilustrasi bluberi (pexels.com/KellyLacy)

Antioksidan secara alami ditemukan dalam banyak makanan, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Anehnya, beberapa ditemukan dalam makanan laut juga.

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang memiliki kandungan antioksidan:

  • Bluberi

Antioksidan yang disebut anthocyanin bertanggung jawab untuk membuat bluberi memiliki rona biru yang indah. Buah beri yang berwarna-warni ini adalah salah satu sumber antioksidan terbaik di luar sana dan sangat bermanfaat dalam hal nutrisi.

Antosianin dapat membantu mencegah banyak penyakit dan kondisi termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan peradangan.

  • Makanan laut

Pernah bertanya-tanya apa yang membuat makanan laut tertentu memiliki warna pink yang indah? Harta karun bawah laut ini adalah sumber astaxanthin, antioksidan yang bertanggung jawab atas warna kemerahan itu. Nah, astaxanthin ini bisa menjadi pelindung terhadap penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

Sementara jenis ganggang laut tertentu adalah sumber terkaya antioksidan kuat, ia juga dapat ditemukan pada lobster, udang maupun salmon.

  • Jamur

Jamur adalah sumber utama selenium. Antioksidan seperti selenium melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Selenium memainkan banyak peran dalam tubuh manusia, termasuk melindunginya dari efek negatif logam berat, mengatur berfungsinya sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Satu porsi jamur putih (kancing) merupakan sumber selenium yang baik, dan satu porsi jamur cremini atau portabella merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah kelompok makanan yang mencakup kacang polong kering, lentil, buncis, dan kacang-kacangan. Mereka tinggi antioksidan, dan menawarkan berbagai kualitas yang menyehatkan, termasuk protein nabati, serat, folat, dan potasium.

Salah satu sumber antioksidan terkaya adalah kacang merah, yang menyediakan lebih banyak antioksidan per porsi jika dibandingkan dengan banyak makanan lainnya.

  • Kenari

Kenari memiliki jumlah polifenol antioksidan bebas dan total tertinggi di antara kacang-kacangan. Nutrisi dan senyawa bioaktif yang ditemukan dalam kenari seperti omega-3, antioksidan seperti asam ellagic, atau asam amino seperti triptofan dapat memainkan efek perlindungan pada peradangan usus besar yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

  • Pir

Pir adalah sumber vitamin C yang baik, salah satu antioksidan paling terkenal. Pir juga secara alami mengandung fitonutrien dan antioksidan lainnya.

5. Kesimpulannya

5 Hal Seputar Antioksidan, Asupan Penting yang Tak Kenal Musimilustrasi teh jamur (byrdie.com)

Antioksidan yang berasal dari sumber makanan telah dikaitkan dengan banyak manfaat bagi kesehatan manusia, tetapi efek yang sama tidak selalu terlihat saat menggunakan suplemen.

Berfokus pada makanan kaya antioksidan seperti buah, sayuran, dan biji-bijian tidak hanya akan memberi tubuh antioksidan, tetapi juga akan mendapatkan manfaat dari banyak fitur sehat lainnya seperti serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini dalam kombinasi dengan antioksidan alami dapat menjadi tiket untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bukan hanya meminum pil.

Jika kamu mempertimbangkan suplemen antioksidan, pastikan untuk memahami bahwa pil tidak akan pernah menjadi pengganti diet yang sehat dan seimbang. Apalagi jika belum membicarakan hal tersebut ke pihak ketiga seperti ahli medis.

Baca Juga: Tinggi Antioksidan, Dapatkan 7 Manfaat Ini Bila Rutin Minum White Tea

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya