Comscore Tracker

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!

Dampaknya tak main-main, lho

Tubuh manusia, terdiri dari sekitar 100 triliun sel dan menyimpan mikroorganisme yang paling banyak ada pada usus yang setidaknya terdiri dari 400 juta bakteri. Kompleksitas usus yang luar biasa ini sangat penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan, yang mana menarik perhatian banyak ilmuwan.

Sejumlah penelitian dalam dua dekade terakhir telah menunjukkan hubungan antara kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh, suasana hati, kesehatan mental, penyakit autoimun, gangguan endokrin, kondisi kulit, dan kanker.

Selain itu, terdapat beberapa penyakit yang bisa timbul akibat bakteri di usus besar kita yang perlu diwaspadai. Apa saja?

1. Infeksi C. difficile

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!Ilustrasi Anggota Tubuh (Perut) (IDN Times/Mardya Shakti)

Contoh "klasik" penyakit yang berasal dari mikrobioma usus adalah infeksi C. difficile, bakteri yang menyebabkan diare, kram perut, demam, dan dalam kasus yang parah, gagal ginjal.

Penyakit akibat infeksi bakteri tersebut sering berkembang pada orang-orang yang menggunakan antibiotik dengan dosis tinggi untuk membunuh bakteri normal di saluran pencernaan.

Jika adanya gangguan mikrobioma (lingkungan bakteri di saluran pencernaan), maka bakteri jahat akan menyebar dan penderitanya akan kehilangan bakteri baik. Nah, keseimbangan keragaman bakteri terganggu, infeksi bakteri bisa terjadi. Persis seperti itulah yang dilakukan patogen oportunistik seperti C. difficile

2. Kanker usus besar

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!Pexels.com/SoraShimazaki

Melansir New York Times, para ilmuwan telah menemukan racun yang dihasilkan oleh dua jenis bakteri seperti E. coli dan B. fragilis, yang bergabung dalam usus besar bisa merusak DNA.

Berdasarkan sebuah laporan dalam jurnal Science tahun 2018, para peneliti menyarankan bahwa penemuan itu, dalam waktu dekat, mengarah pada tes yang akan mengidentifikasi pasien yang harus diawasi secara ketat untuk kanker usus besar. Selain itu, temuan mereka diharapkan dapat mengarah pada pengembangan vaksin yang melindungi diri dari kanker usus besar.

Baca Juga: Bantu Melawan Bakteri, yuk Kenalan sama Penisilin!

3. Sindrom iritasi usus besar

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!genengnews.com

Sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome atau IBS) adalah masalah pencernaan kronis yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut yang ekstrem, serta diare ataupun sembelit. Sayangnya, hingga kini penyebab IBS belum diketahui pasti. Pengobatan dilakukan untuk mengendalikan gejala serta menghindari stres dan makanan pemicu gejala.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa mikrobioma berperan dalam seberapa cepat usus menggerakkan makanan yang dicerna, yang merupakan komponen utama IBS. Masalahnya terletak pada menentukan bakteri mana yang berkontribusi terhadap masalah tersebut.

Bagaimana pengobatannya? Kemungkinan puasa bisa membantu. Studi dalam International Journal of Behavioral Medicine tahun 2006 mengamati 58 pasien dengan IBS, lalu mereka dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan obat resep dan psikoterapi untuk mengurangi gejala IBS, sedangkan kelompok lainnya berpuasa selama 10 hari, hanya minum air. Kelompok puasa melaporkan perbaikan pada 7 dari 10 gejala.

4. Penyakit radang usus

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!loyolamedicine.org

Dua jenis penyakit radang usus (inflammatory bowel disease atau IBD) yang paling umum adalah penyakit Crohn dan kolitis ulseratif, yang mana keduanya adalah masalah kesehatan serius.

Terdapat komponen genetik pada IBD, meskipun para ahli belum dapat menjelaskan asal mula kebanyakan kasus. Ini karena mikrobioma adalah "pemain ulung" dalam penyakit. Sebab, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa orang dengan IBD memiliki komposisi mikroba yang sangat berbeda.

Para peneliti telah mencoba merawat pasien penyakit radang usus dengan transplantasi feses, tetapi sejauh ini prosedur tersebut kurang berhasil untuk IBD daripada untuk C. difficile. Meski begitu, dalam pengobatan ini fokus pentingnya adalah bagaimana menyesuaikan transplantasi untuk mengobati peradangan.

5. Multiple sclerosis

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!stemcellstransplantinstitute.com

Multiple sclerosis adalah suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf. Kerusakan saraf akibat penyakit ini mengganggu komunikasi antara otak dan tubuh.

Multiple sclerosis menyebabkan tremor, kelelahan, masalah kognitif, dan gejala lainnya, terjadi ketika sistem kekebalan menyerang lapisan mielin pada neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa dua jenis bakteri lebih umum pada pasien dengan multiple sclerosis, dan strain-nya dapat menyebabkan perubahan sel dalam darah yang sehat, meningkatkan kemungkinan respons autoimun yang berbahaya, melansir STAT News

6. Radang sendi

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!freepik.com/user18526052

Penyakit autoimun lainnya, artritis reumatoid, adalah suatu kondisi sistem kekebalan tubuh terutama menyerang sendi, tetapi bisa juga menyerang kulit, mata, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah. Baru-baru ini beberapa studi menjelaskan kemungkinan adanya peran mikrobioma.

Studi pertama mengungkapkan bahwa pasien artritis reumatoid lebih mungkin memiliki beberapa spesies bakteri langka di usus mereka, dibandingkan dengan orang sehat. 

Dalam studi kedua, para peneliti mentransplantasi strain bakteri yang sehat ke tikus dengan artritis reumatoid, dan hasilnya gejalanya membaik. Meskipun para peneliti tidak yakin mengapa pendekatan ini berhasil, tetapi mereka yakin mikrobioma dapat merangsang sistem kekebalan untuk menyerang tubuh.

7. Alergi

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!croozi.com

Salah satu masalah sistem imun yang paling umum adalah alergi, baik itu reaksi terhadap serbuk sari, makanan, dan zat lain yang menyebabkan kesulitan bernapas, gatal-gatal, ruam, dan gejala lainnya.

Beberapa peneliti menyebut ini dengan istilah “hygiene hypothesis”. Istilah ini hadir karena kebanyakan anak modern kini tumbuh dalam kondisi yang sangat bersih, terutama di dalam ruangan, mereka tidak terpapar berbagai jenis bakteri. Nah, ketika mereka terpapar dengan mikrooganisme, sistem kekebalan mereka bereaksi berlebihan.

Penelitian yang lebih terkini menunjukkan bahwa kemungkinan yang lebih kompleks dari itu dan berkaitan dengan interaksi mikrobioma dengan mikroba yang ditemukan di lingkungan. Gaya hidup, paparan lingkungan, urbanisasi, diet, dan penggunaan antibiotik memiliki efek yang besar pada mikrobioma manusia, yang menyebabkan kegagalan toleransi imun dan peningkatan risiko alergi.

8. Penyakit jantung

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!Ilustrasi jantung sehat. freepik.com/pressfoto

Penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular adalah kondisi arteri tersumbat oleh plak, lalu mengeras oleh kalsium, hingga menyempit karena peradangan. Akibatnya bisa berupa serangan jantung atau stroke. 

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menaruh perhatian pada cara mikrobioma dapat memengaruhi penyakit jantung. Sekarang tampaknya bakteri tertentu bisa membuat bahan kimia yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memecah kolesterol, melansir The Atlantic

9. Penyakit kejiwaan

9 Penyakit yang Bisa Timbul dari Bakteri Usus Besar, Bisa Mematikan!saturdayeveningpost.com

Beberapa bahan kimia yang dihasilkan bakteri usus bertindak sebagai neurotransmiter, yang berarti para bakteri ini dapat menyampaikan pesan melalui sistem saraf kita. Mereka dapat menghasilkan zat yang berinteraksi dengan otak untuk meningkatkan kecemasan atau gangguan mental lainnya.

Dalam uji coba terhadap tikus, para peneliti telah mampu mengobati perilaku seperti depresi, kecemasan, dan bahkan autisme, melansir Scientific American, dengan memperkenalkan jenis bakteri yang lebih sehat. Mereka berharap mengembangkan perawatan serupa untuk manusia.

Itulah beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan dari bakteri usus besar. Menjaga kesehatan pencernaan itu penting, misalnya dengan menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang dan konsumsi probiotik. Tak lupa, optimalkan dengan olahraga rutin, istirahat cukup, dan kelola stres dengan baik.

Baca Juga: Meningkatkan Imun Tubuh dengan Vitamin A, Tangkis Virus dan Bakteri

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya