Comscore Tracker

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah Sakit

Apa ada yang salah ya dari olahraganya?

Banyak cara untuk menjaga kesehatan, mulai dari makan makanan sehat ataupun berolahraga. Tapi, pernah nggak sih bertanya-tanya kenapa saat kamu sudah mencoba hidup sehat dengan rutin tapi kamu kamu masih sering dan mudah sakit? 

Buat kamu yang bertanya-tanya, kali ini IDN Times punya jawabannya nih, guys. Jadi, kalau hal ini terjadi di kamu, coba deh pastikan dulu beberapa hal di bawah ini sebelum panik berlebihan.

1. Yakin kamu sudah berolahraga dengan benar?

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah SakitShutterstock/lammotos

Beberapa orang seringkali justru berolahraga dengan keras dalam satu waktu dan akhirnya membuat badan kita terforsir daripada berolahraga secara ringan namun dengan pola waktu yang rutin. Hal ini ternyata punya pengaruh yang besar lho, karena dengan berolahraga dengan keras dan memforsir tubuh dalam satu waktu, tubuh yang tadinya tidak terbiasa seakan ‘kaget’ padahal ketahanan tubuh kita harus dibangun secara perlahan lewat olahraga yang rutin dan bertahap. Nah, kalau kamu gimana nih?

2. Pastikan penyakitmu bukan akibat dari alergi yang kamu miliki

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah SakitShutterstock/GBALLGIGGSPHOTO

Setiap orang punya sistem kekebalan tubuhnya masing-masing yang sensitif terhadap zat alergen yang berbeda-beda. Pada beberapa kasus, alergi yang dirasakan oleh orang dewasa bisa terjadi belakangan tanpa diketahui sebelumnya. Beberapa pakar bahan menduga bahwa terjadinya alergi pada seseorang disebabkan adanya peningkatan polutan dari polusi udara misalnya. Salah satu contoh yang sering terjadi adalah bagaimana orang dewasa cenderung terserang penyakit asma dan sensitif terhadap partikel debu dibandingkan saat mereka masih kecil. Nah, coba deh ingat-ingat lagi, apakah kamu makin sensitif akhir-akhir ini?

3. Telusuri lagi riwayat penyakit keluarga

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah SakitShutterstock/ESB Professional

Beberapa penyakit memang banyak yang disebabkan dari gaya hidup yang kurang sehat baik dari segi asupan maupun waktu untuk berolahraga dan beristirahat. Tapi, nggak bisa dipungkiri ada beberapa penyakit yang sulit kita cegah karena adanya kelainan genetik yang diturunkan orangtua ke anaknya. Beberapa penyakitnya seperti hemofilia, diabetes melitus, bahkan jantung. Tapi jangan sedih guys, kamu masih bisa berusaha mencegahnya dengan tetap menjaga pola hidup yang sehat kok. Semangat ya!

4. Ingat-ingat lagi deh pola hidup kamu beberapa bulan ke belakang

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah SakitShutterstock/KaptureHouse

Ada aksi pasti ada reaksi. Begitu juga dengan penyakit tiba-tiba menyerang kita. Sebelum kamu menyalahkan atau berkeluh kesah dengan penyakit yang menyerang kamu, coba deh ingat-ingat lagi bagaimana pola hidup kamu selama beberapa minggu belakangan. Percaya deh sama IDN Times, pola hidup kamu selama beberapa minggu terakhir punya pengaruh yang besar lho sama kesehatan kamu hari ini!

5. Kondisi udara di sekitarmu juga mempengaruhi kesehatan lho

Tanpa Disadari, Ini 5 Faktor yang Jadi Penyebab Tubuh Mudah SakitShutterstock/Makistock

Buat kamu yang update banget sama berita-berita terkini di media sosial mau pun di media arus utama pasti udah nggak asing lagi dengan kabar soal tingkat kualitas udara beberapa kota di Indonesia yang mencapai kategori unhealthy atau tidak sehat. Seperti misalnya tanggal 4 September yang lalu, dilansir dari website resmi AirVisual, kota Jakarta sendiri berada di peringkat ketiga di dunia sebagai kota besar yang yang memiliki Air Quality Index (AQI) tertinggi yaitu 167. Tinggi banget!

Di tahap ini, kualitas udara yang ada akan mempengaruhi kesehatan banyak orang, bahkan untuk kamu yang sensitif terutama pada penyakit yang kaitannya dengan pernafasan berpotensi mengalami efek yang lebih serius. Nggak heran sih, karena dengan kualitas udara di kategori ini daya tahan tubuh sangat mudah turun sehingga kita jadi lebih mudah terserang penyakit. 

Tapi nggak perlu panik, kamu tetap bisa menjalani kegiatanmu tanpa takut dengan menjaga daya tahan tubuhmu. Apalagi ada BEAR BRAND yang siap jadi teman untuk menjaga kesehatanmu. Ditambah lagi dengan perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan yang nggak bersahabat, nggak ada pilihan lain nih, guys. Jadi, pastikan kamu udah menyediakan stok BEAR BRAND di rumah kamu ya! 

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Just For You