Comscore Tracker

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminya

Apakah kamu sering gelisah di pagi hari?

Jika kamu sering mengalami gelisah sewaktu bangun di pagi hari, perasaan tidak enak, takut untuk menghadapi hari, dan ada perasaan malas yang teramat sangat, maka bisa jadi kamu sedang mengalami suatu kondisi yang dinamakan morning depression atau depresi pagi hari.

Gejala ini dapat berlangsung secara intens dan lama, bahkan bisa bertahun-tahun. Dan jika kamu tidak menemukan apa yang menjadi masalah kamu, maka kamu juga tidak akan bisa mengubah kondisi tersebut.

Inilah lima fakta tentang morning depression yang harus kamu ketahui, kenali gejalanya dan sedapat mungkin untuk diobati.

1. Depresi pagi hari dapat dialami oleh semua orang

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminyabrainwellnessspa.com

Tidak pandang usia, depresi pagi hari ternyata dapat dialami oleh semua orang, tanpa terkecuali. Namun beberapa orang memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap depresi pagi hari.

Menurut laman psycom.net, kelompok orang yang memiliki kebiasaan buruk seperti begadang, jarang beraktivitas, terlalu banyak mengonsumsi kalori, kekurangan gizi, dan mengalami tekanan pikiran akibat persoalan tertentu, akan memiliki tingkat morning depression yang lebih tinggi.

2. Bagi orang normal, perasaan gelisah pagi hari bisa diakibatkan oleh perubahan musim

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminyanpr.org

Seperti dilansir dalam verywellmind.com, bahwa seorang yang normal tanpa depresi juga bisa mengalami gelisah di pagi hari, namun kasusnya berbeda dengan depresi pagi hari.

Biasanya gelisah pagi hari yang muncul tiba-tiba lebih diakibatkan oleh faktor eksternal seperti perubahan musim atau cuaca, dan persoalan lainnya yang masih bisa ditangani tanpa bantuan medis.

3. Gejalanya bisa berbeda, namun pada dasarnya memiliki benang merah yang sama

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminyabrainwellnessspa.com

Beberapa gejala pada setiap orang bisa berbeda, namun pada dasarnya jika ditarik benang merah, gejala-gejala tersebut ternyata serupa, alias memiliki akar masalah yang sama.

Jurnal kesehatan online healthline.com menuliskan beberapa gejala yang umum terjadi diantaranya adalah:

  • Sulit bangun tidur di pagi hari
  • Perasaan gelisah ekstrem di pagi hari
  • Tidak fokus pada tugas sederhana seperti mandi atau sarapan
  • Frustasi yang terjadi secara dalam dan intens
  • Waktu tidur yang lebih lama daripada biasanya
  • Pikiran kacau dan ada perasaan khawatir akan sesuatu hal
  • Tidak memiliki energi atau semangat pada saat bangun di pagi hari

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Sebagian Orang Lebih Rentan Depresi daripada Lainnya

4. Cara mengatasi morning depression

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah MengalaminyaUnsplash/Fuu J

Beberapa hal sederhana bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi pagi hari. Namun jika kasus yang kamu alami sudah terlampau berat, maka kamu bisa meminta bantuan pada ahlinya. Jangan sepelekan depresi pagi hari, yang meskipun hanya muncul sesekali, namun itu bisa merusak suasana hati dan pikiranmu.

Dalam thehealthy.com terdapat beberapa cara supaya kamu lebih bahagia disaat kamu bangun pagi, diantaranya:

  • Ubah pola pikirmu menjadi pikiran yang positif, sebab bahagia itu bukan apa yang sedang kamu alami, melainkan bagaimana kamu bereaksi terhadapnya.
  • Jangan menarik diri dari lingkungan, sebab bagaimanapun pergaulan sosial itu penting untuk meningkatkan perasaan senang.
  • Tanamkan dalam diri bahwa kamu memiliki tujuan hidup. Dengan begini, kamu akan memiliki tekad untuk bangkit dari masalah-masalahmu.
  • Selalu bersyukur dan mengingat kebaikan apa saja yang pernah kamu alami.
  • Jangan lupa sarapan pagi, dimana ini hal yang nampak sepele namun sangat penting manfaatnya.

5. Jika kasus yang kamu alami sangat parah, maka kamu wajib meminta bantuan kepada ahlinya

5 Fakta tentang Depresi Pagi Hari, Mungkin Kamu Pernah Mengalaminyauccexpress.ie

Jika kamu mengalami morning depression yang terbilang parah, maka kamu wajib meminta bantuan para ahli, psikolog misalnya. Bilamana suatu kondisi tersebut dinyatakan parah? Pada saat kamu benar-benar terasa frustasi dan putus asa yang teramat sangat pada saat setiap bangun tidur.

Ditambah dengan rasa sedih berkepanjangan, yang membuat waktu tidurmu terganggu. Dan jika hal ini menyebabkan kamu menjadi malas untuk melakukan aktivitas apapun, disinilah kamu wajib meminta bantuan. Jangan sepelekan perasaan gelisah berkepanjangan disaat bangun pagi hari, bisa jadi itu merupakan depresi pagi hari.

Itulah beberapa fakta mengenai depresi pagi hari atau morning depression. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Cegah Bunuh Diri, 5 Pola Pikir Ini Harus Ditanamkan Agar Tak Depresi

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You