Comscore Tracker

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekali

Jangan sekali-kali mencobanya, berbahaya!

Apa yang akan terjadi dengan tubuhmu jika kamu tidak pernah tidur sama sekali? Perlu diingat bahwa tidak tidur itu sangat berbeda dengan kurang tidur. Tentu tubuh akan mengalami kerusakan dan metabolismenya akan terganggu.

Inilah lima hal yang akan terjadi dengan tubuh jika seseorang tidak pernah tidur sama sekali, disimak ya!

1. Tidak tidur selama 24 jam atau seharian penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekalithesleepjudge.com

Jika kamu tidak tidur selama 24 jam penuh, biasanya tubuhmu masih dapat berjalan dengan normal, bahkan terkadang rasa kantuk juga tidak terlalu dominan. Melansir dari laman CDC, setidaknya dalam 24 jam manusia dewasa membutuhkan waktu untuk tidur selama 7 jam.

Meskipun terkadang jika begadang 24 jam penuh, tubuh tidak merasakan apa-apa. Namun ada baiknya dalam waktu 24 jam sekali disempatkan untuk tidur sejenak agar organ pada tubuh dapat istirahat dan bermetabolisme dengan lancar.

2. Tidak tidur selama 72 jam atau 3 hari penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekalimydario.com

Jika kamu nekat untuk menjalani 72 jam hidupmu tanpa tidur sedikit pun, maka kemampuan kognitifmu akan terganggu dan parahnya kamu akan mengalami halusinasi.

Dalam jurnal Everyday Health dituliskan bahwa jika seseorang tidak tidur selama 72 jam penuh, maka ia akan mengalami gangguan konsentrasi dan mental yang cenderung mulai tidak waras. Itulah sebabnya pada tahap ini banyak orang yang 72 jam tanpa tidur akan mengalami halusinasi dan delusi.

 

Baca Juga: Life Hacks! Minumlah Ini Sebelum Tidur untuk Menurunkan Berat Badan

3. Tidak tidur selama 168 jam atau seminggu penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekaliabcnews.com

Apa yang terjadi jika 7 hari penuh tidak tidur? Yang jelas jangan pernah kamu mencobanya. Jika selama 3 hari manusia tidak tidur masih bisa membedakan mana halusinasi dan mana realita, maka tidak tidur selama 72 jam penuh akan mengaburkan itu semua.

Ya, jika kamu nekat tidak tidur selama seminggu penuh, maka kamu gak akan pernah bisa membedakan antara halusinasi dengan kenyataan atau realita. Mengutip Huff Post, tidak tidur sama sekali akan mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Jadi jangan sekali-sekali dicoba, ya!

4. Tidak tidur selama 264 jam atau 11 hari penuh

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekalilondonworldrecords.com

Seperti diberitakan Scientific American, pada 1965 silam, seorang remaja bernama Randy Gardner telah memegang rekor dunia sebagai manusia yang hidup tanpa tidur dengan waktu terlama yakni selama 264 jam atau 11 hari penuh, wow!

Sepintas Randy Gardner dapat melakukan percobaan gilanya dengan sukses, namun pada hari ke 11, penelitian melihat bahwa ia sebetulnya mulai mengalami disfungsional kognitif dan kepribadian. Disebutkan bahwa Randy juga mengalami beberapa kali halusinasi yang tidak bisa ia bedakan dengan realitas.

Pada dasarnya Randy merupakan pemuda yang beruntung karena selama 11 hari tanpa tidur, tidak ditemukan kerusakan berarti pada tubuhnya. Namun bagi kebanyakan orang, tanpa tidur selama 11 hari penuh itu sama saja bunuh diri. Separuh organ tubuh akan mengalami gagal kerja, termasuk otak yang tak lagi dapat bekerja dengan normal. Biasanya pada manusia normal, tubuh akan "menidurkan" dirinya sendiri secara otomatis.

5. Berapa lama manusia bisa dapat tetap terjaga?

5 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu Jika Tidak Tidur Sama Sekalinuvanna.com

Selama apa kita dapat terus tetap terjaga tanpa tidur sedikit pun? Yang pasti tidak ada yang pernah mencobanya karena kerusakan organ akibat tidak tidur dalam jangka waktu lama itu akan terasa sangat menyakitkan.

Dalam jurnal Sleep Advisor, disebutkan bahwa tidak ada jawaban pasti tentang selama apa manusia bisa bertahan hidup tanpa tidur. Yang jelas, para ilmuwan mengatakan jika tidak tidur dalam kurun waktu yang sangat lama, di atas 15 hari misalnya, dapat mengakibatkan kerusakan otak permanen.

Itulah lima hal yang dapat terjadi dengan tubuhmu jika kamu tidak pernah tidur sama sekali. Sebaiknya jangan terlalu sering begadang, dan aturlah waktu tidurmu dengan baik.

Baca Juga: Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmu

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You