Comscore Tracker

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kronis

Waspada jika mual sampai mengganggu aktivitasmu

Secara umum mual bisa diartikan sebagai perasaan yang tidak enak di daerah perut, perasaan tersebut mirip seperti diaduk-aduk sehingga menimbulkan sensasi ingin muntah dan bahkan pusing secara intens.

Menurut laman medis Healthline.com, kebanyakan kasus mual sebetulnya bisa dicegah, kecuali mual akibat penyakit-penyakit berbahaya dan kronis. Tentu jika kamu sering mengalami mual dan itu sudah masuk taraf mengganggu, kamu wajib memeriksakan diri ke dokter.

Inilah lima penyebab mual yang harus kamu ketahui, beberapa di antaranya bisa terjadi akibat penyakit kronis dan berbahaya. Disimak, ya!

1. Mual akibat benda asing yang masuk dalam sistem pencernaan

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kroniswellcareurgentcare.com

Ini adalah penyebab mual yang paling umum, dan tentunya kamu juga sering merasakannya. Dilansir Emedicinehealth.com, secara umum mual terjadi akibat keracunan makanan atau minuman.

Perasaan atau sensasi ingin memuntahkan sesuatu terjadi akibat rasa, bau, dan pikiran (biasanya yang menjijikkan) yang menyebabkan otak mengirim sinyal ke tubuh untuk memuntahkannya.

Proses atau kinerja kimiawi tubuh seperti ini adalah normal. Tubuh memiliki mekanisme untuk mempertahankan diri dari benda asing yang masuk, dan salah satunya adalah rasa mual sebagai alarm agar tubuh dapat mengeluarkannya secara oral.

2. Mual akibat terjadinya pembuahan atau kehamilan

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kronisemartspider.com

Bagi ibu hamil, perasaan mual mungkin sering terjadi, dan bahkan terkadang dapat sangat mengganggu. Rasa mual yang timbul pada wanita hamil biasanya terjadi di pagi hari, dan jika masih bisa diatasi maka hal tersebut masih normal.

Sekitar 80 persen wanita hamil mengalami mual di awal kehamilan mereka, seperti ditulis dalam Medicalnewstoday.com

Masih dari laman yang sama, mual di pagi hari sebetulnya merupakan indikasi yang bagus terhadap kehamilan. Mual kehamilan menunjukkan bahwa kehamilan tersebut sehat dan bayi yang dikandung memiliki risiko rendah terhadap keguguran.

3. Mual akibat bakteri

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kronisbuoyhealth.com

Ada juga mual yang diakibatkan oleh bakteri, yakni Helicobacter pylori, jenis bakteri yang tumbuh di saluran pencernaan, terutama lambung. Uniknya, jenis bakteri ini kebal terhadap asam lambung.

Bisa dikatakan bahwa mayoritas rasa tidak nyaman di lambung dan sensasi perut teraduk diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri ini yang tak terkontrol.

Oleh karena itu, jika kamu selalu merasa mual dan muntah tanpa penyebab yang jelas, kamu wajib memeriksakan diri ke dokter supaya dapat diberikan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalanan

4. Mual juga bisa terjadi karena penyakit kronis atau menahun

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kronistoday.mims.com

Pemeriksaan dini terhadap kondisi medis seseorang akan menurunkan risiko dari beberapa penyakit kronis yang mematikan. Penyakit kronis sendiri adalah penyakit yang menyerang pasien dalam jangka waktu yang sangat lama dan bahkan seumur hidup.

Mual bisa menjadi salah satu gejala yang diakibatkan oleh penyakit-penyakit tersebut. Sakit lambung dan sistem pencernaan kronis dapat mengakibatkan mual dan muntah tanpa henti, sehingga akan membuat pasien kekurangan cairan.

Dalam jangka waktu yang lama tentu kejadian ini dapat berdampak buruk bagi penderita. Tidak menutup kemungkinan penderita akan mengalami komplikasi lainnya, dan bahkan kejadian fatal seperti kematian.

5. Beberapa jenis kanker dan penyakit langka dapat mengakibatkan mual yang berlebihan

5 Penyebab Mual yang Harus Kamu Ketahui, Bisa Karena Penyakit Kronisibdnewstoday.com

American Cancer Society dalam laman resminya, Cancer.org, menerangkan bahwa kanker merupakan kondisi yang menyebabkan kebanyakan pasien merasa mual. Selain penyakit itu sendiri, kondisi mual terjadi akibat pengobatan seperti radiasi dan kemoterapi.

Kondisi ini merupakan kondisi yang sangat tidak mengenakkan bagi kebanyakan pasien kanker. Untuk saat ini memang tidak ada pengobatan yang benar-benar efektif dapat melawan kanker, kecuali kemoterapi. Itupun membawa dampak efek samping yang buruk bagi tubuh pasien.

Itulah lima penyebab mual yang wajib kamu ketahui, sungguh sedih karena beberapa penyebabnya adalah penyakit kronis dan berbahaya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu di bidang medis, ya!

Baca Juga: Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perut

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya