Comscore Tracker

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigo

Kamu yang sering terserang vertigo, coba disimak ya

Vertigo merupakan nama medis yang diambil dari kata Latin verto, yang artinya gerakan berputar. Secara sederhana, vertigo dapat diartikan sebagai pusing atau sakit kepala yang mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan gerakan atau keseimbangan, biasanya timbul sensasi berputar, melayang, dan mengambang seolah berada diatas air bergelombang.

Pada kebanyakan kasus, vertigo membuat penderitanya sangat tidak nyaman karena tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan pada sedikit kasus, vertigo dapat membuat penderitanya pingsan atau tak sadarkan diri akibat sensasi berputar yang tak dapat diatasi.

Nah kalau kamu sering mengalami vertigo, ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa bertahan dan tidak jatuh pingsan. Setidaknya, cara-cara ini selalu dilakukan oleh penulis di kala vertigo menyerang. Apa saja ya?

1. Duduk diam dan palingkan kepala ke kiri

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigoeastidahonews.com

Jika vertigo mendadak menyerang, cara ini merupakan cara awal yang bisa kamu lakukan. Menurut laman medicalnewstoday.com, dengan segera duduk diam dan memiringkan kepala ke kiri, akan mengurangi dampak dari vertigo.

Vertigo biasanya diakibatkan oleh terganggunya keseimbangan tubuh kamu, yang berada di telinga bagian dalam. Biasanya jika vertigo menyerang, jika kita semakin aktif bergerak, maka kita juga akan semakin merasa berputar.

2. Jika vertigo membandel, lakukan manuver Epley

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigoneurology.org

Manuver Epley dapat kamu lakukan jika vertigo menyerangmu. Dari sekian banyak jenis vertigo, biasanya vertigo jinak dapat diatasi dengan manuver Epley. Seperti ditulis dalam jurnal medis online healthline.com, manuver Epley dapat membantu meringankan gejala vertigo, dan biasanya 90 persen berhasil.

Manuver Epley dapat dilakukan seperti gambar diatas, dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Duduk tegap dan rileks dan palingkan kepala ke kiri selama beberapa detik
  2. Berbaring dengan kepala tetap menghadap kiri, dan tunggu selama 30 detik
  3. Balikkan kepala ke arah kanan dan tahan 30 detik
  4. Gulingkan tubuhmu ke arah kanan beberapa detik
  5. Duduk secara normal dan rileks

Jika vertigomu belum hilang juga, kamu bisa mengulangi gerakan-gerakan tadi beberapa kali, sampai cairan keseimbangan yang ada di telinga kamu benar-benar seimbang.

3. Minum air jahe hangat

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigozliving.com

Siapkan selalu jahe di rumah atau kos-kosan kamu. Melansir washingtonpost.com, jahe merupakan salah satu tanaman yang memiliki efek penyembuh atau pereda pusing dan mual. Ini karena jahe memiliki zat yang dapat melancarkan oksigen ke otak, dan jahe juga memiliki zat antiradang.

Telah lama air jahe hangat digunakan untuk terapi vertigo, bahkan sebelum munculnya pengobatan-pengobatan medis yang canggih. Namun meski begitu, kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter, karena jenis vertigo yang berbeda-beda sehingga butuh penanganan yang berbeda pula.

Baca Juga: Terasa Sensasi Berputar dan Pusing? Ini 7 Cara Mengatasi Vertigo!

4. Hindari stres

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigolifeprovidr.com

Ingat, bahwa kamu wajib menyayangi kesehatan kamu. Jika kamu memiliki beban yang membuatmu stres, kamu bisa letakkan beban tersebut dan berhenti sejenak. Stres merupakan salah satu sumber penyakit, termasuk vertigo. Respon tubuhmu yang tegang akan membuat keseimbangan dalam telingamu juga terganggu.

Laman irishhealth.com juga mengamini hal ini, bahwa stres sebagai pemicu dari vertigo. Meskipun ada beberapa penyebab lainnya, namun stres, depresi, dan beban pikiran yang berat dapat menimbulkan vertigo yang parah. Jadi, jangan korbankan kesehatanmu hanya untuk stres yang gak sebanding dengan mahalnya kesehatan.

5. Jika masih tidak dapat diatasi, segera ke dokter

5 Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Pusing karena Vertigopersonalinjurydoctorgroup.com

Sebagian besar jenis vertigo memang bukan termasuk penyakit berbahaya, meskipun dampak yang diakibatkan dapat membuat seseorang hilang kesadaran atau pingsan. Namun beberapa kasus vertigo ternyata juga mengindikasikan penyakit berat seperti pascatrauma, cedera kepala, infeksi telinga, dan bahkan tumor/kanker otak.

Waspada jika vertigo yang kamu alami terlalu sering dan sangat mengganggu, apalagi jika vertigomu sama sekali tidak mereda setelah kamu melakukan hal-hal sederhana di atas. Sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itulah lima cara yang dapat kamu lakukan jika vertigo menyerangmu. Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat, ya!

Baca Juga: Vertigo: Sakit Kepala yang Bisa Bikin Kamu Hilang Keseimbangan

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You