Comscore Tracker

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Jangan berlebihan jika mengonsumsi makanan dan minuman ini

Batu ginjal adalah gumpalan kristal yang berasal dari garam dan bahan kimia lainnya yang terdapat dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. Batu ginjal sangat mengganggu saluran kemih dan dapat berakibat buruk bagi ginjal itu sendiri.

Mayoritas penyebab batu ginjal adalah kurangnya asupan air dalam tubuh, dan juga konsumsi garam atau bahan kimia lain yang berlebihan. Komplikasi batu ginjal bisa sangat berbahaya, dan jika tidak ditangani maka akan menyebabkan kerusakan dan gagal ginjal.

Inilah enam jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal, apa saja? Yuk, disimak!

1. Bayam

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu GinjalUnsplash/Chiara Conti

Siapa sangka ternyata bayam merupakan makanan yang tinggi risiko terhadap batu ginjal? Faktanya, bayam memang mengandung banyak oksalat, yang dapat menyebabkan penumpukan kristal kalsium oksalat pada ginjal.

Melansir laman Health.harvard.edu, bayam merupakan sayuran kaya manfaat yang juga mengandung tinggi oksalat. Namun meskipun begitu, kamu gak akan terkena batu ginjal jika mengonsumsi bayam dalam jumlah normal.

Jangan takut mengonsumsi bayam, meskipun makanan ini memiliki risiko yang cukup tinggi terhadap batu ginjal. Nyatanya bayam juga memiliki banyak nutrisi dan gizi yang akan membuat tubuhmu sehat. Satu lagi, bayam juga mengandung purin yang cukup tinggi, jadi sebaiknya konsumsilah bayam secara bijak.

2. Kacang-kacangan

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu GinjalUnsplash/V2osk

Kacang tentu bagus untuk kesehetanmu, namun jika kamu memiliki masalah pada ginjal, sebaiknya kamu hindari mengonsumsi kacang secara berlebihan. Kacang, terutama kacang mede memiliki kandungan oksalat dan purin yang sangat tinggi.

Laman medis Kidney.org menulis bahwa kandungan oksalat dan purin sangat berbahaya bagi ginjal. Urin yang mengandung banyak oksalat akan mengendap dan menjadi kristal yang akhirnya membentuk batu ginjal.

Nah, jika kamu suka dan hobi mengonsumsi kacang, sebaiknya jangan berlebihan karena mengonsumsi kacang secara berlebihan akan merusak ginjal dalam jangka waktu panjang.

3. Kopi

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu GinjalUnsplash/Martha Dominguez

Sebetulnya kopi tidak dilarang bahkan bagi penderita batu ginjal, namun jumlah yang dikonsumsi harus dalam jumlah sedikit dan diimbangi dengan banyak minum air putih.

Kopi mengandung banyak mineral, dan mineral ini dapat membentuk kristal yang akhirnya juga akan membentuk batu ginjal yang akan menurunkan fungsi ginjal.

Namun kamu jangan terlalu fobia terhadap kopi, sebab jika dikonsumsi dengan cukup, kopi tidak akan memberikan efek negatif bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Gejala Medis yang Mengindikasikan Ginjal Kamu Bermasalah, Apa Saja?

4. Cokelat

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu GinjalUnsplash/Amirali Mirhashemian

Makanan manis yang satu ini tentu banyak yang menyukainya, dan pastinya termasuk kamu, bukan? Namun, cokelat ternyata mengandung tinggi oksalat, sehingga sangat tidak disarankan bagi penderita batu ginjal.

Cokelat memiliki zat yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh sehingga dapat membuatmu merasa tenang dan bahagia. Sayangnya, kandungan gula dan oksalat dalam cokelat juga sangat tinggi.

Itu sebabnya makanan yang mengandung cokelat sangat tidak disarankan bagi mereka yang menderita batu ginjal, kerusakan ginjal, dan gagal ginjal.

5. Garam dan semua makanan yang asin

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu Ginjaliform.nu

Dalam jumlah yang tepat, garam dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Tapi dalam jumlah di atas rata-rata, garam dapat merugikan bagi tubuhmu. 

Efek samping garam dan makanan asin adalah tekanan darah tinggi dan penyakit pada ginjal. Pada beberapa kasus, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat membuat seseorang meninggal secara mendadak.

Nah, jika kamu ingin menjaga kesehatanmu, kamu wajib diet garam. Batasi mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung garam.

6. Daging merah dan segala macam makanan kaleng

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Batu GinjalUnsplash/Jose Ignacio

Imbangi konsumsi daging dengan sayuran dan air putih. Jika kamu hanya mengonsumsi daging tanpa diimbangi sayuran, mungkin itu akan berakibat buruk buat ginjalmu.

Protein hewani memang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain sumber energi, protein hewani juga mengandung banyak nutrisi dan gizi yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi daging merah, apalagi jika makanan tersebut adalah makanan/daging kaleng. Kandungan purin yang sangat tinggi pada daging akan membuat ginjalmu bekerja lebih keras dari biasanya.

Itulah enam jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Kelola pola makanmu dengan benar dan jangan berlebihan. Jika kamu sehat, tentu kamu juga kan yang menikmatinya!

Baca Juga: 7 Tanda Sepele yang Kerap Terasa Ini Ternyata Gejala Ginjal Bermasalah

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya