Comscore Tracker

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimu

Sakit gigi itu benar-benar menyiksa

Apakah kamu pernah merasakan sakit gigi akibat gigi berlubang? Pastinya sungguh menyiksa, bukan? Ya, gigi adalah organ yang terdapat dalam mulut yang terbuat dari protein, kalsium, dan mineral.

Normalnya, pada orang dewasa jumlah gigi adalah sebanyak 32 buah. Sedangkan pada anak-anak, jumlah gigi susu adalah sebanyak 20 buah.

Nah, kamu harus tahu bahaya medis apa saja yang dapat ditimbulkan akibat gigi berlubang. Inilah lima bahaya medis tersebut. Di simak, ya!

1. Gingivitis

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimuyourdentistryguide.com

Gingivitis adalah penyakit berupa radang yang terjadi pada gusi, dan biasanya diakibatkan oleh masalah pada gigi. Gingivitis juga biasanya muncul akibat akumulasi bakteri pada gigi yang rusak atau berlubang, seperti ditulis dalam Medical News Today.

Bukan hanya radang biasa, penyakit ini bisa mengakibatkan nyeri yang sangat parah, dan bahkan bisa menimbulkan pendarahan pada gusi. Jika kamu tidak ingin mengalami radang gusi seperti ini, sebaiknya kamu selalu jaga kesehatan gigi kamu dengan baik, ya!

2. Fokal infeksi atau infeksi sistemik

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimutheportugalnews.com

Fokal infeksi adalah infeksi sistemik yang dapat meluas ke area tubuh lainnya. Kejadian ini banyak ditemukan pada penderita gigi berlubang yang sudah parah. Pada kasus-kasus tertentu, gigi berlubang dapat menyebarkan bakteri melalui pembuluh darah.

Bakteri yang menyebar lewat pembuluh darah tadi sangat berbahaya jika tidak diatasi secepatnya. Bahkan bakteri bisa terbawa hingga ke jantung, paru-paru, dan hati. Jadi jangan sepelekan penyakit gigi berlubang, karena infeksinya bisa menyebar ke area tubuh lainnya.

Baca Juga: Jangan Percaya Lagi 6 Mitos tentang Kesehatan Gigi dan Dokter Gigi Ini

3. Penyakit jantung

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimunhpr.org

Science Daily dalam lamannya menjelaskan bahwa infeksi gigi akut dapat menyebabkan seseorang mendapatkan masalah pada jantungnya. Studi yang dilakukan menemukan fakta bahwa infeksi yang terjadi pada gigi ternyata dapat berpengaruh secara langsung pada kesehatan jantung.

Penelitian yang dilakukan ini juga membuktikan bahwa infeksi yang terjadi pada gigi dapat menyebar ke organ-organ lainnya. Serangan jantung terjadi akibat penyakit pariodontal yang disebabkan oleh gigi berlubang yang tidak kunjung diatasi.

4. Gigi berlubang berbahaya bagi ibu hamil

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimuthebabylover.com

Gigi berlubang juga bisa berbahaya bagi ibu hamil. Pada sedikit kasus bahkan infeksi gigi yang tidak diobati dapat mempengaruhi janin yang dikandung. Oleh sebab itu, kondisi gigi berlubang yang dialami oleh ibu yang sedang hamil sebaiknya tidak dianggap enteng.

Sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter gigi supaya bisa diambil langkah medis, karena penanganan gigi pada ibu hamil dapat berbeda dengan penanganan gigi pada orang biasa.

5. Pada kasus tertentu, penyakit gigi dapat menyebabkan stroke dan kematian

5 Bahaya Medis Akibat Gigi Berlubang, Jaga Kesehatan Gigimudentalimplantsclinic.ca

Mungkin terdengar ekstrem dan tidak masuk akal, tapi faktanya gigi berlubang yang tidak diobati dengan benar dapat mengakibatkan stroke dan kematian. Very Well Health menuliskan bahwa menurut penelitian, masalah kesehatan pada gigi juga dapat menyebabkan stroke pada pasien gigi berlubang.

Bahkan pada beberapa kasus, infeksi gigi akut dapat menyebabkan komplikasi serius yang menyebabkan kematian. Sayangnya, banyak orang yang sakit gigi baru berobat ketika infeksinya sudah benar-benar parah, padahal infeksi akibat gigi berlubang bisa berakibat mematikan.

Itulah lima bahaya medis yang diakibatkan oleh gigi berlubang. Jaga selalu kesehatan gigi dan mulut kamu supaya kamu terhindar dari gigi berlubang.

Baca Juga: Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email Gigi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya