Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. Lonely

Waspada jika kesepian yang kamu alami terlalu dalam

Menurut penelitian yang ditulis dalam Psychology Today, kesepian bisa terjadi pada siapa saja, meskipun seseorang berada di tengah keramaian. Ini membuktikan bahwa kesepian merupakan faktor mental dan psikis, bukan faktor fisik. Meskipun, beberapa perasaan kesepian mendalam dapat juga berpengaruh terhadap fisik.

Nah, jika kamu saat ini sedang merasa sebagai Mr. or Mrs. Lonely, kamu gak perlu terlalu berkecil hati. Di sini, kamu harus bisa melihat sejauh mana perasaan sepi yang ada di dalam jiwa kamu. Jika merasa bahwa kesepian yang kamu alami itu sangat dalam dan intens, kamu bisa mencari bantuan kepada ahlinya, misalnya psikolog.

Ada beberapa hal yang ternyata bisa membuatmu merasa tidak kesepian lagi. Kira-kira, apa saja, ya? Disimak, yuk.

1. Mencari sumber dan penyebab kesepian yang sedang kamu alami

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. LonelyUnsplash/Freddie Marriage

Dalam tahap ini, kamu harus bisa untuk melihat kira-kira apa yang menjadi penyebab dari kesepian kamu. Pada umumnya, kesepian yang normal bisa diakibatkan oleh tak ada teman, jauh dari keluarga, kehilangan, jenuh dengan rutinitas, atau sedang menghadapi persoalan tertentu seperti asmara, keuangan, sampai persoalan pribadi.

Hal ini sangat berbeda dengan kesepian depresi. Penyebabnya bias dan malah kadang tanpa penyebab. Seperti dilansir laman Everyday Health, secara psikologis, jiwa-jiwa yang kesepian karena depresi akan sangat sulit untuk diajak bicara secara terbuka.

Nah, jika bisa membedakan dan menemukan apa yang menjadi penyebab kesepianmu, mungkin kamu juga bisa mengatasi kesepian tersebut dengan mencari dan menemukan jalan keluar bagi sumber masalahnya.

2. Mengadopsi hewan peliharaan

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. LonelyUnsplash/Tran Mau Tri Tam

Tahukah kamu bahwa dengan mengadopsi hewan peliharaan akan mengurangi risiko depresi dan kesepian? Menurut jurnal medis Mental Health, persahabatan antara seseorang dengan hewan peliharaannya merupakan cara yang bagus untuk mengurangi risiko depresi, kesepian, kecemasan, dan stres.

Tentu, kamu bisa memelihara anjing, kucing, kelinci, burung, dan lain-lain yang kamu suka dan cocok. Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan akan membuat mood dan rasa bahagia dapat meningkat. Perasaan positif inilah yang akan membuatmu lupa dengan kesepianmu.

Baca Juga: Walau Ceria, Ini 5 Indikasi Temanmu Sebenarnya Sangat Kesepian

3. Berani untuk sedikit membuka diri

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. LonelyUnsplash/Bewakoof.com Official

Jika kamu termasuk orang yang tertutup, gak ada salahnya jika sesekali kamu membuka diri terhadap dunia luar. Kamu bisa sedikit membuka diri kepada teman-temanmu, keluargamu, bahkan psikolog. Dengan membuka diri, itu akan menyelamatkan dirimu sendiri.

Kamu gak harus mengumbar persoalan pribadimu kepada orang lain. Sesekali, kamu bersikap terbuka dan berani bercerita atau berkeluh kesah. Itu sudah cukup untuk mengobati rasa sepi yang tengah kamu alami.

4. Menjalin persahabatan dengan orang-orang yang bernasib sama denganmu

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. LonelyUnsplash/Rosie Fraser

Menjalin persahabatan dalam sebuah komunitas yang memiliki nasib dan persoalan yang sama denganmu akan membuatmu merasa terhibur di tengah-tengah perasaan kesepianmu. 

Mereka yang memiliki nasib sama cenderung memiliki hubungan personal yang lebih kuat dibandingkan jika kamu berteman dengan orang yang gak senasib denganmu. Nantinya, kalian akan saling menguatkan, menjaga, dan mungkin itu akan berlangsung sangat lama sehingga bisa menjadi sahabat-sahabat sejati.

5. Jika tak ada lagi yang dapat menghilangkan kesepianmu, cobalah untuk mengambil langkah medis

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan agar Tak Lagi Merasa Menjadi Mr. Lonelycountercurrents.org

Jika merasa bahwa kesepianmu itu tak akan bisa hilang, bahkan telah menyatu dengan jiwa ragamu, kamu harus segera mengambil langkah medis. Kamu bisa mengunjungi psikolog atau ahli mental yang akan membantumu secara medis. Hal ini penting untuk dilakukan supaya mentalmu tidak "hilang" terlalu jauh.

Kamu yang sangat terbiasa dengan kesepian, akan mencapai titik saat sudah tidak sadar bahwa sedang kesepian dan hanya kesepian itulah yang kamu punya dalam hidup. Dalam tahap ini, bisa saja kamu tengah mengalami depresi, namun tidak kamu sadari. Gak ada salahnya untuk mencari bantuan. Itu diperlukan agar kamu bisa merasakan bahagia lagi.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan supaya kau gak lagi merasa sebagai manusia yang kesepian. Semoga artikel kali ini dapat membantumu yang sedang kesepian, ya!

Baca Juga: Kasihan, 5 Spesies Ini Dianggap Hewan Paling Kesepian di Dunia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya