Comscore Tracker

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahaya

Mencegah lebih baik daripada mengobati

Dalam dunia medis, beberapa penyakit memang sulit untuk dideteksi secara dini. Bahkan beberapa diagnosa menunjukkan bahwa beberapa gejala merupakan penyakit ringan, namun ternyata itu merupakan gejala awal dari penyakit yang mematikan.

Ada beberapa penyakit kronis yang mematikan, namun gejalanya sering dianggap ringan, bahkan tidak dipedulikan. Apa saja?

1. Tumor otak, terkadang gejalanya hanya migrain

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahayaenergyperformancelighting.com

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang umum terjadi, dan bahkan dengan hanya mengonsumsi obat pereda nyeri atau pusing, migrain dapat hilang dengan sendirinya. Namun waspada jika kamu sering terkena migrain, terutama di pagi hari.

Menurut laman healthline.com, tumor otak pada tahap awal sering tidak menimbulkan gejala apa-apa. Dan jika telah meningkat massanya, maka akan mengakibatkan migrain yang biasanya terjadi di pagi hari. 

Apalagi jika sakit kepala yang kamu alami sangat intens dan gak bisa diatasi dengan obat-obatan biasa, maka kamu wajib memeriksakan diri ke dokter. Tindakan medis sedini mungkin dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalkan risiko menuju kepada kanker otak.

2. Kulit gatal-gatal, waspada ginjal yang mulai mengalami penurunan fungsi

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahayatheepochtimes.com

Gatal pada kulit bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab, mayoritas adalah faktor eksternal seperti kebersihan kulit yang tidak terjaga. Namun gatal pada kulit yang intens terjadi sebaiknya jangan dianggap remeh. Kamu tidak boleh mengira-ngira tentang penyebab gatal-gatal pada kulit yang terlalu sering terjadi.

Faktanya, menurut laman medicinenet.com, gatal-gatal yang terjadi secara intens dan terus menerus merupakan salah satu gejala penurunan fungsi ginjal. Jika ini dibiarkan berlarut-larut, maka ginjal akan mengalami gagal fungsi dan pasien diwajibkan melakukan dialisis atau cuci darah. Mengerikan bukan?

Masih dari laman yang sama, pengaruh gatal-gatal akibat gagal ginjal bisa terjadi karena darah kotor dalam tubuh tidak bisa lagi disaring dalam ginjal. Dan parahnya lagi, gatal-gatal yang dialami bisa sangat menyiksa sehingga mengganggu kualitas hidup dan mental pasien.

3. Selalu merasa kenyang, waspada gejala kanker lambung

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahayahealth.harvard.edu

Saat hanya makan dalam jumlah yang sangat sedikit, namun kamu selalu merasa kenyang, maka itu bisa jadi dua hal. Pertama itu memang kebiasaan kamu dari kecil, di mana memang porsi makanmu sangat sedikit, akibat volume lambungmu yang kecil. Atau bisa juga menandakan adanya penyakit kronis, seperti stres, gangguan pencernaan, banyak pikiran, sampai kepada kanker lambung.

Ya, menurut mayoclinic.org, selalu merasa kenyang sebaiknya jangan disepelekan. Bisa jadi itu merupakan gejala awal kanker lambung. Apalagi jika gejala itu dibarengi dengan gejala lainnya seperti selalu kembung setelah makan, mulas yang parah, selalu mual, dan rutin muntah.

Baca Juga: Waspadai 12 Gejala Kanker Otak Seperti yang Diidap Vokalis Roxette

4. Batuk yang tak kunjung sembuh, bisa jadi ada masalah serius dengan paru-paru

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahayaquickanddirtytips.com

Mungkin bagi kebanyakan orang, batuk dianggap hal yang biasa dan dapat hilang dengan sendirinya. Bukan hanya gejala flu, ternyata batuk juga bisa mengindikasikan penyakit-penyakit serius, seperti penyakit paru-paru misalnya.

Bahkan menurut laman cancer.org, salah satu gejala kanker paru-paru adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Jika kamu mengalami batuk yang sangat lama dan sulit sekali disembuhkan, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter spesialis supaya bisa diketahui secara detail penyakit apa yang sedang kamu alami.

5. Selalu kelelahan dapat juga menandakan kelenjar tiroid yang bermasalah

Gejalanya Sering Dianggap Ringan, 5 Penyakit ini Ternyata Berbahayagulfnews.com

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon tiroid, yang berguna untuk keseimbangan metabolisme tubuh, termasuk mengatur detak jantung. Pada umumnya, kelenjar tiroid akan menghasilkan hormon secara seimbang. Namun pada sebagian kasus, kelenjar ini ternyata memproduksi hormon tiroid secara berlebihan, yang juga disebut dengan hypothyroidsm.

Uniknya, banyak orang tidak menyadari tentang penyakit ini karena gejalanya yang biasanya dianggap ringan yakni kelelahan, seperti ditulis dalam healthline.com. Jika kamu mengalami kelelahan tanpa aktivitas yang berat, bisa jadi ada sesuatu dengan kelenjar tiroidmu. Apalagi jika berat badanmu naik atau turun secara mendadak, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Itulah lima penyakit berat yang gejalanya sering dianggap ringan. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kamu di bidang medis, ya!

Baca Juga: 5 Olahraga yang Terbukti Ampuh Atasi Gejala Depresi, yuk Rutinkan!

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You