Comscore Tracker

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigen

Oksigen merupakan kebutuhan yang gak bisa ditawar

Oksigen merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Jumlah oksigen yang ada di bumi juga cukup melimpah, di samping hidrogen dan helium.

Nah, karena oksigen sangat penting bagi kehidupan manusia, sedapat mungkin tubuh kita tidak boleh kekurangan oksigen. Inilah lima hal yang akan terjadi pada tubuhmu jika kekurangan oksigen.

1. Jika oksigen sedikit lebih rendah dalam tubuhmu

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigenhuffpost.com

Berkurangnya kadar oksigen dalam darah, meskipun itu hanya sedikit, akan membuat fungsi organ tubuhmu tidak dapat berjalan dengan normal. Kondisi kekurangan oksigen disebut juga hipoksemia (hypoxemia). 

Dilansir laman Cleveland Clinic, gejala kekurangan oksigen ringan pada tubuh, di antaranya pusing, sesak napas, batuk, kebingungan, dan detak jantung meningkat.

2. Pada tahap awal kekurangan oksigen, otak yang lebih dulu mengalami penurunan fungsi

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigenharvard.edu

Mengapa otak sangat membutuhkan oksigen? Dilansir laman Spinal Cord, dari total oksigen yang ada dalam tubuh manusia, sekitar 20 persen diambil oleh otak untuk pasokan bahan bakar kinerja otak. Tanpa adanya oksigen yang cukup, otak tidak akan mempu memetabolisme glukosa sehingga glukosa juga tidak dapat dijadikan energi.

Jika tubuh kekurangan oksigen, otak adalah organ pertama yang mengalami penurunan fungsi. Ini karena sel-sel otak sudah tidak dapat mencari sumber bahan bakar selain oksigen.

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh ketika Disambar Petir, Mengerikan!

3. Tidak ada asupan oksigen selama 3 menit akan membuat tubuhmu bereaksi ekstrem

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigenmedgadget.com

Bagaimana jika selama 3 menit tubuhmu tanpa asupan oksigen? Jika tubuh kekurangan oksigen hanya beberapa detik, mungkin tak akan memberikan dampak apa pun terhadap fungsi tubuh. Namun, lebih daripada itu, tentu akan memberatkan fungsi tubuh dan bahkan dapat menyebabkan pingsan.

Dilansir laman Spinal Cord, kekurangan oksigen selama 180 detik dapat menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. Pada 3 menit tanpa oksigen ini, sel-sel otak telah mengalami kerusakan, begitu juga dengan neuron (sel saraf) yang akan mengalami kerusakan masif.

4. Berapa lama tubuh dapat bertahan tanpa oksigen?

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigensoundhealthytips.com

Biasanya, lebih dari 3 menit, tubuh tanpa oksigen akan mengalami reaksi yang ekstrem. Kerusakan sel otak dan neuron dapat terjadi. Seseorang dapat hilang kesadaran total jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis.

Jurnal dalam laman MedlinePlus menuliskan bahwa sel-sel otak akan mati jika tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen selama 5 menit. Jika tidak segera ditangani, akan mengakibatkan kematian.

5. Ada beberapa orang yang mampu hidup tanpa oksigen lebih dari 5 menit

5 Hal Ini yang Akan Terjadi jika Tubuhmu Kekurangan Oksigendeeperblue.com

Adakah manusia yang dapat menahan napas tanpa asupan oksigen selama lebih dari 5 menit? Jawabannya ada. Beberapa orang memang bisa bertahan tanpa asupan oksigen selama lebih dari 5 menit. Salah satu di antaranya yaitu Aleix Segura Vendrell yang memegang rekor menahan napas tanpa asupan oksigen selama 24 menit. Wow!

Seperti dicatat dalam situs resmi Guinness World Records, pria ini mencatatkan rekor baru pada 2016 silam dengan menyelam dan menahan napas selama 24 menit 3 detik. Ini merupakan rekor terlama yang pernah dicatat.

Kemampuan beberapa orang yang dapat bertahan tanpa oksigen lebih dari 5 menit bisa saja disebabkan ia memiliki kapasitas besar pada paru-parunya dan berkat latihan terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama.

Itulah lima hal yang akan terjadi dengan tubuhmu jika kekurangan oksigen. Sebaiknya, kamu selalu menjaga agar tubuhmu senantiasa mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Baca Juga: Nyesek, 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Patah Hati

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya