Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatan

Apakah kamu sering melakukan hal-hal di bawah ini?

Ada banyak hal yang mungkin tanpa sadar sering kamu lakukan dan hal tersebut ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuhmu. Apa yang sering dilakukan oleh seseorang mungkin bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk atau mungkin karena keadaan yang sering memaksa.

Nah, lima hal yang sering kamu lakukan di bawah ini ternyata berdampak buruk buat kesehatanmu. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Melewatkan sarapan pagi

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk KesehatanUnsplash/Thought Catalog

Sering melewatkan sarapan ternyata tidak baik buat kesehatan tubuhmu, lho. Jika sedang menjalankan diet, sebaiknya kamu tidak melewatkan sarapan pagi. Laman kesehatan Very Well Fit mencatat bahwa melewatkan sarapan justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Berat badan tak akan turun dengan hanya melewatkan sarapan, justru melewatkan sarapan akan meningkatkan risiko kekurangan nutrisi dan gizi. Dalam beberapa kasus, sering melewatkan sarapan dapat berakibat peningkatan risiko terhadap diabetes.

Jadi, meskipun sedikit, sarapan pagi itu sangat penting. Kamu bisa memilih sarapan pagi yang menyehatkan, seperti telur, sayuran, yoghurt, pisang, beberapa olahan susu, dan buah.

2. Begadang

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatanmedium.com

Ada banyak hal yang membuatmu mungkin harus rela untuk begadang, mulai dari pekerjaan, siaran televisi, atau mungkin saja gangguan yang ada pada tubuhmu. Namun, apa pun alasannya, begadang tetap akan membawa dampak buruk buat kesehatan kamu.

National Health Service (NHS) dalam lamannya menjelaskan mengapa begadang bisa berdampak buruk buat tubuhmu. Sering begadang akan menurunkan daya kekebalan tubuh sehingga orang yang sering begadang mudah terserang virus dan bakteri.

Sering begadang juga berbanding lurus dengan risiko diabetes. Gula darah akan meningkat manakala seseorang melewatkan waktu tidur normalnya. Selain itu, begadang yang terlalu sering dilakukan akan membuat kesehatan mental seseorang juga terganggu. So, jaga kesehatanmu dengan tidur teratur dan sedapat mungkin jangan begadang.

Baca Juga: Orang Kira 7 Kebiasaan Ini Buruk, tapi Nyatanya Justru Bermanfaat

3. Menggunakan gadget atau gawai terlalu lama

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatanchange.org

Gawai dapat menyebabkan candu yang tak sehat, bahkan hal ini bisa terjadi pada semua kalangan. Menurut laman Online Therapy, kecanduan menggunakan gawai dapat menimbulkan dampak negatif yang nyata bagi kesehatan tubuh.

Beberapa gejala yang ditimbulkan karena kecanduan gawai, seperti sakit kepala, sakit punggung, berkurangnya konsentrasi, stres, gangguan mental, dan kecemasan berlebihan. Secara sosial, penggunaan gawai berlebihan juga akan mengganggu aktivitas sosialmu.

Sebaiknya gunakan gawai secara wajar dan tidak berlebihan. Penggunaan gawai secara berlebihan dan lupa waktu hanya akan mengakibatkan hal buruk bagi kesehatan tubuh dan mental kamu.

4. Mengonsumsi mi instan dan nasi secara bersamaan

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatanfajarpendidikan.co.id

Mungkin menikmati mi instan bersamaan dengan nasi merupakan hal yang sering kamu dan banyak orang lakukan. Di Indonesia, nasi adalah makanan pokok dan mi instan adalah makanan sampingan yang paling digemari.

Faktanya, jumlah karbohidrat dan kalori yang terdapat dalam keduanya sangat tinggi. Terlalu sering makan mi instan dan nasi secara bersamaan akan berdampak buruk buat kesehatanmu.

Jika seseorang sering mengonsumsi mi instan dan nasi secara bersamaan, ia memiliki risiko yang tinggi terhadap diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Hal ini dapat terjadi akibat jumlah kalori dan kandungan gula yang sangat tinggi.

5. Sering bermalas-malasan sambil mengonsumsi kudapan

5 Hal yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Tidak Baik untuk Kesehatananubhavsrivastava.com

Rasanya, melakukan hal ini adalah kesukaan dan bahkan hobi dari banyak orang di dunia. Namun ternyata, bermalas-malasan sambil mengonsumsi makanan ringan akan membawa dampak buruk buat kesehatan tubuhmu, lho.

Seperti ditulis dalam laman BBC, manusia sejak zaman purba dirancang untuk selalu bergerak dan aktif, mulai dari berburu, bermigrasi, bercocok tanam, bekerja keras, dan lain sebagainya. Pada saat zaman berubah seperti saat ini, ada banyak penyakit yang terjadi akibat manusia malas bergerak.

Kurangnya gerak dalam hidup akan meningkatkan risiko obesitas, penimbunan lemak, diabetes, bahkan penyakit jantung. Oleh sebab itu, rutinlah untuk olahraga secara teratur dan kurangi mengonsumsi makanan ringan yang mengandung banyak gula dan kalori.

Itulah lima hal yang sering dilakukan namun ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Semoga kamu selalu dalam keadaan sehat dan bugar, ya!

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Membuat Kamu Jadi Susah Bahagia

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya